Soal Bahasa Indonesia kelas 3

Ulangan Formatif
SDIT Al Ma’ruf Surabaya
Tahun Ajaran 2013 – 2014 (Semester 2)
Tanda tangan orang tua Tanda tangan ustadzah Nama :……………………………………
Kelas  : III………………………………..
Hari/tanggal:………………………………… nilai

A. Pilihlah jawaban yang tepat!
1. Perhatikan percakapan berikut !
Rido : “Halo.”
Adi : “Halo.Siapa ini?”
Rido : “Saya , Rido.Bisakah saya berbicara dengan Adi.”
Adi : “…………………………”
a. Ada apa kamu menelepon aku, heh?
b. Ya, saya Adi. Ada perlu apa Rido?
c. Ya, ada apa? Cepatlah bicara.
d. Rido? Mengapa kamu nmenelepon aku segala.
2. Meta : “Selamat sore,…………………..”
Dika : “ Selamat sore.Iya, saya Dika.”
Kalimat ucapan Meta yang tepat adalah………………………………..
a. Bisakah saya bicara dengan Dika?
b. Dika ada?
c. Apa kabar Dika?
d. Mengapa telepon?


3. Dini : “Halo, bisakah saya berbicara dengan Ruli?”
Ruli : “ Ya, saya sendiri.”
Dini : “ Ini Dini”
Yang memulai pembicaraan tersebut yaitu………..
a. Dini b. Dina c. Ruli d. Rina
Perhatikan percakapan di bawah ini untuk menjawab pertanyaan nomer 4,5 dan 6!
Tono : “Halo, selamat sore.”
Tita : “Selamat sore.”
Tono : “ Ini Tanti, ya? Aku Tono.”
Tita : “ Ya, betul. Oo……Tono.Ada apa, Ton?”
Tono :”Aku mau tanya, Tan. Kapan kelompok kita mau mengerjakan tugas dari Pak Gani?”
Tita : “Besok sore, dirumah Farid.”
Tono : “Baiklah kalau begitu, aku usahakan datang. Terima kasih ya.?’
Tita : “Oke, sama-sama.”
4. Siapakah yang menelepon Tita?
a. Toni b. Tono c. Tita d. Tina

5. Apa yang ditanyakan Tono kepada Tita?
a. Tono menanyakan tugas dari Pak Gani
b. Tono menanyakan kapan akan mengerjakan tugas dari Pak Gani
c. Tono menanyakan tugas dari Pak Gani
d. Toni menanyakan kapan tugas dari Pak Gani dikumpulkan

6. Kapan Tono dan Tita akan belajar bersama?
a. besok pagi b. besok siang    c. besok sore    d. besok malam
7. Bacalah penggalan drama berikut ini!
Teni : Pukul berapa kita belajar di rumah Ami?
Dika : Kata Ami, pukul dua siang saja.
Luki : Ami menyediakan makanan apa tidak ya?
Teni : Ah, kamu. Makan saja yang dipikirkan.
Berapa jumlah tokoh dalam drama tesebut?
a. dua orang b. tiga orang c. empat orang d.empat orang

8. Pahami drama berikut!
Desi : Mau kemana kamu, Han?
Hana : Aku mau ke rumah Rio meminjam Koran. Aku mendapat tugas
             mencari bacaan dari Koran.
Desi : Dirumahku ada Koran. Ayahku yang membelinya, tapi sekarang baru dibaca kakakku, Novi.
Hana : Aku boleh meminjamnya?
Desi : Tentu boleh.
Pelaku dialog dalam drama tersebut adalah,,,,,,
a. Rio b. Hana c. Ayah Desi d. Novi

9. Ayah : Gea, kemari kamu!
Gea : Ada apa yah?
Ayah : Dengar, Gea! Mengapa kamu sering bolos sekolah?
Gea : Kata siapa yah? Gea tidak pernah bolos sekolah kok!
Ayah : kecil-kecil sudah berani bohong. Ini buktinya, Ayah dipanggil gurumu supaya datang ke sekolah.
Peran Ayah mengucapkan kalimat-kalimat itu dengan nada………….
a. Senang b. sedih c. malu d. marah

10. Bagaimana watak Dea dalam percakapan di atas?
a. Dermawan b. Jujur c. Suka berbohong c. rajin
11. Ibu mengambil obat sakit kepala. Predikat kalimat disamping adalah............
a. Ibu       b. mengambil c. obat d. Sakit kepala
12. Ayah membeli alat tulis untukku di Toko MAJU JAYA. Subjek kalimat disamping adalah...................................................................................
a. Ayah b. membeli c. alat tulis d. Untukku
13. Kemarin Ratna (hadap) kepala sekolah.
Penggunaan awalan me- yang tepat pada kata di dalam kurung adalah........
a. Mehadap c.  Menhadap
b. Menghadap d.  Menhadapi
14. Pencegahan wabah demam berdarah harus terus dilakukan. Hal tersebut dapat dilakukan oleh pemerintah dan masyrakat. Masa-masa rawan setelah musim hujan perlu diwaspadai. Caranya dengan menjaga kebersihan lingkungan. Genangan –genangan air harus dibersihkan. Tempat-tempat air ditutup rapat. Jangan lupa lakukan gerakan 3M, menguras, menutup, dan mengubur.
Pokok pikiran paragraf tersebut.....................................................
a. Pencegahan demam berdarah
b. Pencegahan demam berdarah harus dilakukan sendiri
c. Masa-masa rawan penyebaran
d. Peningkatan kebersihan lingkungan
15. Tanggapan yang baik terhadap permasalahan dalam bacaan yaitu...............
a. Menurut saya, pemerintah harus bertanggung jawab ats penyakit tersebut
b. Percuma kita membersihkan lingkungan kalau pemerintah tidak ikut campur
c. Kita harus menjaga kebersihan lingkungan tidak hanya pada musim hujan
d. Kedua orang tuaku sudah lama tidak membersihkan lingkungan.

B. Mari mengisi titik-titik berikut!

1) Perhatikan dialog percakapan di bawah ini!
(1) Janna: “Aku mau main ke rumahmu nih. Boleh tidak?”
(2) Arinah: “O... Jana , ya. Aku di rumah. Ada apa, na?”
(3) Janna: “Hallo, ada Arinah?”
(4) Arinah: “Ya, boleh dong. Mainlah kesini sekarang!”
(5) Janna: “Baiklah, aku berangkat. Wassalamualaikum.”
(6) Arinah: “Ya, Saya sendiri. Ini siapa ya?”
(7) Janna: “Oh, ini Janna, nah. Kamu di mana?”
(8) Arinah: “Ya, aku tunggu. Walaikumsalam.”
Urutan yang tepat dari penggalan dialog acak di atas adalah...............................................................................................................
2) Kemarin Winda tidak masuk sekolah. Badannya terasa demam. Ibu segera membawa Sinta ke dokter. Ternyata Sinta terkena penyakit tifus.Tokoh pada cerita di atas adalah.....................................................

3)  Rio suka membantu temannya tanpa meminta imbalan. Bila melihat penggemis, Rio sering memberi uang. Sifat Rio adalah.................

4) Ibu pergi ke Malang dua hari lagi. Predikat dalam kalimat disamping adalah..............................................................................................

5) Tubuh memerlukan banyak zat. Kata dasar memerlukan adalah.................................................................................................

C. Mari menjawab pertanyaan berikut!

   Tentukan subjek , predikat, objek dan keterangan dari kalimat   berikut!
a. Ayahku sedang minum segelas susu
_________________________________________
b. Paman Aldi datang dari Bandung
_________________________________________
c. Ibu memasak rendang hari ini
_________________________________________
d. Rina menggosong gigi dengan teratur
_________________________________________
e. Anton pulang sekolah jam 2 siang.
_________________________________________