Siapa yg pertama kali bersosmed?

Pernah nggak sih kamu kepikiran kira-kira apa sih situs pertama kali? Siapa pengirim email pertama kali? Barang apa yang terjual pertama kali di dunia maya? Jangan cuma tinggal pake aja, kalau bisa tahu sejarahnya juga.

Daripada penasaran yuk langsung cari tahu.

1. Situs pertama – TheProject.html

Situs pertama kali yang beralamatkan dihttp://info.cern.ch/hypertext/WWW/TheProject.html ini diluncurkan pada tanggal 6 Agustus 1991. Isi dari situs ini memuat detail mengenai World Wide Web (WWW). Mulai dari penjelasan, bantuan, produk, bibliografi, orang yang terlibat dalam pembuatan WWW, sampai sejarah dari WWW itu sendiri. Situs tersebut masih bisa kamu akses kok sampai saat ini.

2. Media sosial pertama – Geocities

Untuk media sosial pertama bukanlah Myspace, Friendster, apalagi Facebook, melainkan situs bernama Geocities. Situs yang dibuat pada tahun 1994 ini awalnya digunakan untuk menyimpan data-data website, belum dapat digunakan untuk berinteraksi antar pengguna. Namun, kemunculan dari Geocities ini menginspirasi munculnya situs bernama TheGlobe.com pada tahun 1995. Di situs ini para pengguna sudah bisa saling berinteraksi satu sama lain.

3. Pengirim email pertama – Ray Tomlinson

Pria yang bernama lengkap Raymond Samuel Tomlinson ini adalah salah satu programmer asal Amerika yang mengimplementasikan program email pertama di sistem ARPANET, pendahulu Internet pada tahun 1971. Bahkan dia sendiri yang mengirimkan email berisi QWERTYUIOP untuk pertama kalinya dan mengenalkan simbol @ sebagai ciri khas email.

Masih ada 3 fakta lainnya di halaman selanjutnya.

4. Pemasang iklan online pertama – AT&T di hotwired

Saat menjelajahi dunia maya, pasti kamu nggak asing sama yang namanya iklan di beberapa situs. Nah, siapa sih pemasang iklan pertama di dunia maya? Jawabannya adalah AT & T yang memasang iklan di situs HotWired, sekarang wired.com. Penasaran seperti apa iklan tersebut? Kamu bisa mengaksesnya di sini.

5. Transaksi online pertama kali – Album CD Sting’s Ten Summoner’s Tales

Transaksi pertama kali di dunia maya dilakukan oleh entrepreneur muda berusia 21 tahun yang bernama Dan Kohn. Dia menjual album CD Sting’s Ten Summoner’s Tales kepada temannya seharga $12.48 plus ongkir. Dia menjualnya melalui situs yang dia buat sendiri bernama NetMarket. Bahkan transaksi tersebut sudah dilengkapi dengan teknologi enkripsi, lho!

6. Blogger pertama – Justin Hall

Pria asal Amerika yang lahir pada tanggal 16 Desember 1974 ini bisa disebut sebagai bapak blogger sedunia. Awalnya, Justin yang berprofesi sebagai jurnalis ini hanya menulis artikel mengenai panduan web di situsnya, Justin’s Link. Namun lama kelamaan, dia akhirnya juga menulis tentang kehidupan pribadinya di situsnya tersebut.