Mengasah jiwa seni

beberapa tips sederhana untukmengasah bakat seni apa dalam diri kamu yang selanjutnya bisa dikembangkan lebih jauh. Nah, langsung aja yuk, kita kepoin di bawah ini!

1. Temukan gayamu sendiri

Sebagai seorang seniman, kamu harus bisa menemukan karakteristik tersendiri dalam menciptakan karya, seperti seorang seniman asal Bandung bernama Jeihan yang selalu menggambarkan orang-orang di lukisannya dengan mata yang seluruhnya berwarna hitam kelam. Untuk menggali hal tersebut, kamu harus sering-sering membuat karya.

2. Tidak menjadi masalah jika pada awalnya kamu sering meniru gaya orang lain

Karakteristik dalam berseni bukanlah suatu hal yang dapat ditemukan begitu saja. Maka dari itu, tidak masalah jika pada awalnya kamu selalu mengimitasi gaya para seniman lain yang digemari oleh kamu. Lama-kelamaan, jika kamu terus konsisten untuk berkarya, kamu akan menemukan karakteristik pribadi kamu yang berbeda dari gaya orang lain.

3. Tentukan subjek yang seringkali menarik perhatian kamu

Karya seni biasanya memuat topik yang diadaptasi dari subjek di dunia nyata. Misalnya, band Seringai yang kerap mengangkat isu sosial politik dalam setiap lagunya. Dalam seni rupa, kamu mungkin bisa memilih apakah kamu lebih suka menggambar orang, pemandangan, subjek yang bersifat abstrak, dan lain sebagainya.

4. Cari medium yang paling nyaman untuk kamu gunakan

Medium adalah hal yang sangat berpengaruh terhadap dimensi bentuk dalam karya yang kamu ciptakan. Apakah kamu orang yang suka menggambar dengan pensil atau cat.

Di bidang musik pun kamu harus menentukan instrumen yang menjadi andalan kamu, entah itu gitar, vokal, atau bass. Kamu juga bisa menentukan apakah kamu memiliki bakat seni yang lebih mudah dituangkan dalam medium analog atau digital.

5. Tentukan cara bekerja yang paling nyaman untuk kamu

Untuk membangun mood yang baik saat sedang berkarya, biasanya orang-orang akan memilih cara bekerja yang paling nyaman bagi dirinya masing-masing. Mungkin kamu adalah tipe orang yang bisa lebih mudah mendapat inspirasi saat kamu mendengarkan musik atau sebaliknya.

Mungkin juga kamu orang yang senang berkarya di tengah keramaian untuk menggali inspirasi. Seorang penulis asal Amerika bernama Ray Bradburry pernah mengatakan bahwa dirinya tidak pernah menentukan spesifikasi alur cerita dalam fiksi yang ditulisnya. Cara kerja yang dipraktikkan oleh dirinya adalah dengan sekadar menciptakan tokoh dan membiarkan tulisan terjalin dengan sendirinya. Seakan-akan dia memberi hak kepada setiap tokoh dalam ceritanya untuk menentukan cerita bagi dirinya sendiri.

6. Tentukan pandangan atau gagasan apa yang hendak kamu sampaikan kepada orang

Seorang seniman Spanyol bernama Isaac Cordal selalu menuangkan pandangannya terhadap pemerintahan dengan membuat patung-patung berukuran mini yang merepresentasikan para pejabat. Patung-patung yang dibuatnya itu selalu disebarkan begitu saja di wilayah perkotaan agar para pejalan kaki bisa melihatnya.

Apa yang dilakukannya itu membuktikan bahwa gagasan yang hendak kita sampaikan pun akan berpengaruh terhadap bagaimana karya seni itu dipresentasikan kepada orang-orang. Oleh karena itu, sangat penting bagi para seniman untuk mengekspresikan gagasan tertentu melalui karya-karyanya.

7. Yang terakhir, tentukan apa alasanmu membuat karya

Kamu bisa bertanya kepada diri kamu sendiri terkait dengan apa alasan kamu dalam berkarya? Apakah untuk mencari nafkah? Untuk menyampaikan kritik terhadap suatu hal? Atau untuk sekadar bersenang-senang. Dengan mengetahui alasan itu, kamu pun akan lebih termotivasi untuk terus menciptakan karya dan turut membantu perkembangan karakteristik kamu dalam berseni.