pelaku penting dalam pergelaran karya tari



Kekeliruan :
Masih banyak siswa yang beranggapan bahwa pelaku penting dalam pergelaran karya tari adalah penari dan pemain musik, sementara kepanitiaan tim produksi dianggap tidak perlu oleh siswa.
Pembahasan :
Sebenarnya tidaklah mengherankan apabila masih banyak siswa yang masih memiliki anggapan bahwa penari dan pemain musik adalah yang dianggap yang paling penting keberadaannya dalam sebuah kegiatan pertunjukan tari. Peran lainnya seperti penanggung jawab produksi, ketua pelaksana, sekertaris, tim artistik, penanggung jawab latihan, seksi dokuemntasi, humas, bidang peralatan, publikasi dan dokumentasi, dan lain sebagainya tidak terlalu penting untuk dipikirkan. Kondisi ini dianggap wajar mengingat dasar pengalam berkesenian siswa belum dibekali dengan ilmu pengetahuan tari yang menyeluruh dan mendalam. Dengan begitu perlu diterangkan secara jelas terhadap siswa bahwa dalam perkembangan dunia seni pertunjukan tari di Indonesia pada umumnya dewasa ini, peran tim produksi memiliki andil yang sangat besar dalam menyukseskan sebuah kegiatan pertunjukan tari. Apapun jenis pertunjukan tari yang ditampilkan oleh para pelaku seni pertunjukan tari. Oleh karena itu, penekanan masalah ini dianggap penting untuk disampaikan terhadap siswa sehingga siswa memiliki kesadaran utuh tentang pentingnya komponen pendukung lain yang
mampu mebuat pertunjukan tari menjadi lebih berhasil dan berkualitas dari segi pelaksanaannya. Selain itu, kesadaran pengetahuan ini dianggap penting untuk dipahami oleh siswa sebagai perangkat dasar pengetahuan mereka pada saat mempersiapkan karya tari yang akan diciptakannya nanti. Oleh karena dalam masalah ini, akan banyak dibicarakan tentang kegiatan dalam proses garap tari yang akan dipentaskan pada suatu tempat tertentu dengan persiapan kepantiaan yang baik dan terprogram dengan sistematis. Intinya, materi ini sangat penting dipahami oleh siswa dalam merancang atau membuat konsep garap tari sesuai dengan kebutuhan pertunjukan yang akan dikemasnya. Tahap pengayaan merupakan tahap yang dilakukan oleh siswa atau kelompok siswa yang memiliki tingkat kompetensi yang lebih tinggi daripada siswa atau kelompok siswa yang lain. Bagi siswa atau kelompok siswa yang memiliki kompetensi yang lebih tinggi, guru dapat mendorong mereka untuk dapat menentukan tema pertunjukan tari dengan gagasan-gagasan yang sesuai dengan perkembangan usia remaja sebagai upaya untuk mengembangkan potensi secara lebih optimal. Tugas yang diberikan oleh guru dalam tahap ini adalah siswa atau kelompok siswa diminta untuk mencari informasi lainnya yang menyangkut tentang masalah seni pertunjukan tari yang berkembang di Indonesia sesuai dengan jenis dan fungsinya.