Bahasa Pemrograman

Bahasa merupakan bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan perintah user/pengguna agar dimengerti oleh komputer.
Karakteristik bahasa pemrograman :
   Aturan tata bahasa : memiliki tata basa khusus
   Instruksi : memiliki instruksi/perintah untuk menyelesaikan masalah tertentu
   Kompiler : menganalisa instruksi dan membuat instruksi menjadi aplikasi siap pakai
Sampai saat ini terdapat puluhan bahasa pemrograman yang digunakan. Berdasarkan terapannya, bahasa pemrograman dapat dibagi menjadi dua :
a.   Bahasa pemrograman bertujuan khusus. Bahasa pemrograman Cobol untuk terapan bisnis dan administrasi, Fortran untuk terapan komunikasi ilmiah, Assembly untuk terapan bahasa mesin, Prolog untuk kecerdasan buatan.
b.   Bahasa pemrograman bertujuan umum, yang dapat digunakan berbagai aplikasi. Pascal, Basic, C, dan lain-lain.
Berdasarkan notasi bahasa lebih dekat “mesin”, di bagi menjadi dua :
a.   Bahasa tingkat rendah. Bahasa yang dirancang agar setiap instruksi langsung dikerjakan oleh komputer (bahasa mesin).
b.   Bahasa tingkat tinggi. Bahasa yang dirancang agar pemrograman lebih mudah dipahami,
lebih manusiawi dan berorientasi pada bahasa manusia (inggris). Contoh : delphi, pascal, c, c++, c#, j#, basic, visual basic, cobol, fortran, prolog dan lain-lain. Bahasa tingkat tinggi menggunakan kompiler sebagai translator ke bahasa mesin baru kemudian di eksekusi
oleh CPU.

algoritma
Bahasa   Pemrograman   yang   berkembang   dan   semakin   pesat,   berdasarkan   fungsi   bahasa
pemrograman dapat juga di kategorikan menjadi

bahasa pemrograman
Bahasa pemrograman desktop dikhususkan untuk membuat aplikasi yang digunakan langsung pada komputer anda baik tanpa jaringan komputer maupun dengan jaringan komputer. Secara umum bahasa pemrograman web berasal dari script dari bahasa pemrograman desktop. Pemrograman web digunakan untuk membuat aplikasi yang digunakan secara online, karena akan diakses/digunakan secara global. Contoh bahasa pemrograman lainya : Ada, Cobra, Perl, Ruby, Java, Lisp, Scala, SmallTalk, Quick Basic, ColdFusion, Algol, Visual Basic .NET, Phyton, Assembly dan lain-lainnya.