12 tips untuk memperpanjang ingatan dalam pelajaran

berikut ada 12 cara yang efektif untuk memperpanjang interval memori kita dan dinilai sangat efektif. Apa saja cara tersebut? Ini dia nih.

1. Coba mengerti apa yang sedang kamu pelajari
Sesuatu yang kita mengerti dan pahami akan otomatis diingat oleh otak 9 kali lebih cepat.

2. Pahami informasi yang paling penting
Tentukan prioritas informasi yang ingin kamu pahami, agar lebih mudah dicerna oleh otak.

3. Penempatan yang tepat
Apabila kamu mempelajari sesuatu, hal pertama dan terakhir yang kamu lihat adalah yang akan paling kita ingat dengan baik nantinya.

4. Jangan mencampur informasi
Membaca dengan cepat dan berpindah-pindah bacaan dengan cepat akan membuat informasi tercampur dan seringkali malah menjadi kacau.

5. Belajar lah secara berkebalikan
Contohnya, apabila kamu belajar bahasa asing dan mengingatnya siang malam. Cobalah menghapalnya dengan menggunakan bahasa kamu sendiri dan mengartikannya ke bahasa asing yang sedang kamu pelajari. Kamu akan mengingatnya dengan lebih mudah.

6. Buatlah “mind palace” mu sendiri
via worldofthemindpalace.tumblr.com
Yang dimaksud dengan mind palace di sini adalah dimana ketika kamu mempelajari sesuatu, cobalah untuk mengasosiasikan hal yang kamu pelajari dengan benda di sekitarmu. Ulangi beberapa kali. Cara ini dinilai membuat belajar lebih mudah.

7. Gunakan “nail words”
Dalam teknik ini kamu bisa menyambungkan satu hal yang kamu pelajari dengan hal lainya. Dengan cara ini apabila kamu mengingat satu hal, maka akan membuat kalian mengingat hal lainya.

8. Asosiasikan kata-kata baru dengan sesuatu yang sudah kalian kenal
Apabila kamu sedang mempelajari suatu bahasa, kamu bisa mengingat kata-kata baru yang kalian pelajari dengan sesuatu yang sudah kalian kenal.

9. Buatlah sebuah cerita
Gunakan setiap hal yang baru kamu pelajari kedalam cerita yang kalian buat. Sambungkan setiap point penting kedalam cerita namun semua hal itu haruslah berhubungan. Jangan lupa, buat plot yang menarik agar proses belajar jadi lebih menyenangkan.

10. Gunakan perekam suara
Rekam informasi penting yang sudah kamu pelajari dan dengarkan rekaman tersebut berulang-ulang. Metode ini akan lebih efektif apabila digunakan oleh orang yang memang memiliki daya rekam suara yang tinggi.

11. Melalui gerakan
Gunakan bahasa tubuh ketika belajar. Cara ini juga akan membantu memori otot kalian terpacu.

12. Gunakan alat belajar yang kamu anggap terbaik
Jangan gunakan buku atau cara belajar yang sudah kamu coba namun tetap gagal. Cobalah sesuatu yang baru dan buku yang paling tepat untuk kamu. Jangan buang waktu dan energi kalian untuk mempelajari sesuatu yang sudah terbukti salah atau tidak efektif.