Jika terjadi pada anda, maka anda tidak pantas memiliki pc/laptop sndiri

Memiliki komputer pribadi itu sama halnya kalau Anda memiliki anggota keluarga baru atau hewan peliharaan sendiri. Anda harus bisa mengurusnya dengan baik, menjaganya, dan juga membersihkannya, agar dia tidak memiliki banyak masalah dan performanya pun akan semakin baik.
Akan tetapi, kebanyakan pengguna komputer tidak memperhatikan hal, sehingga mereka itu tidak pantas untuk memiliki komputer sendiri. Apa saja hal-hal yang membuat Anda tidak pantas memiliki komputer sendiri? Simak di bawah ini.

1. Mendownload sembarangan
Bagi pengguna komputer hal yang paling tidak diperhatikan di sini adalah konten yang ada di internet. Asal download konten sembarangan baik itu video apalagi software bisa berakibat fatal pada komputer Anda. Karena, berbagai macam virus atau malware bisa saja disusupkan ke dalam file yang Anda download tersebut.

2. Debu yang menumpuk menjadi semen
Jumlah debu yang sudah semakin menumpuk pada komputer Anda tentunya akan membuat kinerja dari komputer menjadi semakin berkurang. Hal ini bisa terjadi karena, debu yang melekat tersebut menghalangi jalur udara yang masuk, sehingga komputer mengalami kepanasan. Maka dari itu, kalau Anda memang suka komputer, rajinlah membersihkannya.

3. Hardisk telalu penuh
Fungsi hardisk itu memang sebagai media penyimpanan untuk komputer. Akan tetapi, Anda tetap harus memperhatikan apa saja yang telah Anda simpan pada hardisk Anda tersebut. Kalau memang itu hanyalah file-file lama yang sudah tidak berguna, maka sebaiknya Anda hapus saja. Pastikan pula Anda membersihkan recycle bin dan file temporary Anda, agar ruang di dalam hardisk Anda bisa lebih lowong.

4. Komputer tidak pernah dimatikan
Walaupun memang komputer itu adalah perangkat elektronik yang tidak memiliki nyawa, tapi kalau bekerja terus menerus tanpa henti, tentunya akan membuat kinerja menjadi berkurang juga. Para pengguna komputer yang biasanya hanya tahu pakai komputer saja itu kebanyakan melakukan hal ini. Ini juga termasuk pertanda kalau Anda itu tidak pantas memiliki komputer sendiri.

5. Terlalu banyak program di startup
Jumlah program yang ada pada startup yang terlalu banyak itu akan mempengaruhi kinerja pada komputer juga, apalagi saat pertama menyalakannya. Di mana komputer Anda akan meload semua program tersebut saat dia sudah mulai masuk menu logon sistem operasi. Hal ini akan berdampak pada proses loading yang cukup lama di awal startup.

6. Terhubung ke jaringan wifi sembarangan
Kalau lagi membuka komputer di rumah, dan tiba-tiba mendapakan sinyal wifi, pasti Anda akan sangat senang sekali dan mencoba untuk terhubung. Apalagi kalau ternyata wifi tersebut bersifat gratis, sehingga Anda bisa dengan mudahnya masuk. Hal ini sebaiknya Anda waspadai sebagai bentuk perangkap dari orang-orang jahil yang bisa mencuri data di komputer Anda melalui jaringan wifi gratisan tersebut.

7. Tidak ingin move-on dari OS jadul
OS jadul itu seperti Windows XP, Vista, dan Windows 7 pun sudah menghampir masa jadulnya. Bagi Anda para pengguna sistem operasi Windows, maka ada baiknya Anda mulai mengupgrade komputer Anda menggunakan sistem operasi Windows 10. Pasalnya, sistem keamanan dan berbagai fitur yang terdapat pada sistem operasi terbaru tentunya lebih baik dari sebelumnya.