Terawih zaman nabi

1. Ngaji itu adalah kemuliaan

2. Tanda-tanda ilmu yang bermanfaat itu diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

3. Sholat tarawih dimulai tahun hijriyyah kedua, saat Romadhon menyisakan 7 hari.

4. Zaman Rosul bulan Romadhon sdh ada tp tahun hijriyah blm ada. Tahun hijriyyah ditetapkan pada zaman umar bin khottob, terhitung sejak rosulullah hijrah.

5. Waktu puasa romadhan dan Hari raya dapat ditentukan hanya dengan melihat bulan krn hisab adalah bagian dr cara untuk bisa menentukan posisi hilal.

6. Pada zaman rosulullah sholat terawih berjamaah dilaksanakan pada malam ke 23, 25 dan 27. Dan dimulai pada kepemimpinan Kholifah Umar bin khottob sholat terawih berjamaah dilaksanakan 1 bulan penuh.

7. Pada zaman umar bin khottob yang menjadi  imam tarawih adalah para ahli al quran, yaitu ubay bin ka'ab sebagai imam laki", sedangkan ali bin abi tholib sebagai imam wanita.

8. Alasan kenapa rosulullah keluar untuk sholat berjamaah Tarawih hanya pada malam 23, 25, dan 27 adalah untuk mengantisipasi agar sholat terawih tidak diwajibkan. Karena jika diwajibkan akan memberatkan umat.

9. Agar terawih kita didasari dengan iman dan ridho karena Allah maka kita harus menanamkan dan memiliki rasa bahwa kita butuh sholat terawih (butuh ngaji, butuh ngaji dll)

10. Apakah sholat witir hanya sunah dalam Romadhon saja?.
Sholat witir sunnah dilakukan di bulan romadhon atau bulan" yang lain.