seni pemeranan teater, soal dan jawab


21. 1. Paru
2. Tenggorokan
3 Pangkal Tenggorokan
4.Rongga Hidung
5 Pangkal Tenggorokan
Dari penyajian di atas mana yang termasuk Saluran  udara dan bertindak sebagai pembentukkan suara?
A  1
B 2
C 5
D 4
E 3

22. Sinyal suara memasuki saluran telinga dan variasi tekanan yang dihasilkan menekan gendang telinga, merupakan ….
A getaran suara yang masuk ke membran
B getaran suara yang masuk ke martil
C sinyal suara yang masuk ke incus
D sinyal suara yang masuk ke stapes
E proses pendengaran pada telinga manusia

23. Dalam naskah Sangkuriang  karya Utuy Tatang Sontani terdapat tokoh Sangkuriang dan Dayang Sumbi sebagai tokoh utama, diceritakan tokoh Sangkuriang jatuh cinta pada Dayang Sumbi, namun Dayang Sumbi menolak cinta dari Sangkuriang dengan alasan mereka mempunyai hubungan sebagai....
A sepasang kekasih
B ibu dan anak
C sahabat
D ayah dan anak
E adik dan kakak


24. Berikut merupakan langkah-langkah pemeranan dalam produksi teater yang benar adalah ....
A memilih naskah, mempelajari naskah, menentukan pemain, mengevaluasi, melatih, mementaskan
B  memilih naskah, mempelajari naskah, menentukan pemain, melatih, mementasakan, mengevaluasi
C  mempelajari naskah, memilih naskah, melatih, menentukan pemain, mengevaluasi, mementaskan
D  mengevaluasi, memilih naskah, melatih, mempelajari naskah, mementaskan, menentukan pemain
E menentukan pemain, memilih naskah, mementaskan, mempelajari naskah, melatih, mengevaluasi

25. Memberikan suasana baru, memberikan gambaran tentang karakter yang dimainkan atau perubahan suasana adegan yang dimainkan termasuk ke dalam teknik ....
A muncul
B memberi isi
C penonjolan
D pengembangan
E mencipta peran

26. Panjang atau pendek, keras atau lemah, tinggi rendahnya dialog serta variasi gerak sehubungan dengan timing, penonjolan bagian, pemberian isi, progresi dan pemberian variasi pentas dengan menggunakan teknik ….
A irama
B tempo permainan
C timing
D muncul
E penonjolan

27. Melakukan kegiatan acting, atau melontarkan dialog berkali-kali untuk membuat suatu penegasan pada pemeranan adalah tujuan pemeranan yang termasuk kedalam teknik ....
A tempo permainan
B timing
C muncul
D pengulangan
E irama

28. Pemenggalan kalimat dengan maksud untuk memberi tekanan pada kata dan berfungsi untuk memunculkan rasa ingin tahu lawan bicara, maupun penonton termasuk ke dalam teknik ....
A  memberi isi
B  muncul
C  irama
D tempo permainan
E  jeda

29. Merupakan  tokoh  yang  berada  atau  memiliki  hubungan kepentingan dengan protagonis. Tokoh ini sering digambarkan sebagai teman atau pendamping  tokoh  utama adalah ….
A antagonis
B tritagonis
C deutargonis
D utility
E foil

30. Rukmana  adalah  orang  tua  dari  Ratna.  Agus  adalah  anak  dari teman atau tetangga Rukmana. Agus dan Rukmana sering bertengkar karena  persoalan  status  ekonomi  dan  kepemilikan  harta  benda.  Pun demikian  dengan  Agus  dan  Ratna,  mereka  sering  bertengkar  karena soal-soal sepele. Namu di balik itu semua, Agus menyimpan rasa dengan Ratna  demikian  juga  sebaliknya.  Untuk  itulah  Agus  berbaik  hati  dan percaya pada Rukmana. Di sisi lain, sebenci apapun Rukmana dengan Agus, ia tetap saja mengharap Agus menjadi bagian dari keluarganya karena Agus berasal dari keluarga yang kaya.
Dari kondisi ini Rukmana adalah tokoh ....
A antagonis
B utility
C tritagonis
D foil
E  raisoner

31. Langkah –langkah pemeranan dalam produksi pementasan teater adalah ....
A menentukan pemain, memilih naskah, mempelajari naskah melatih pemain,mementaskan,mengevaluasi
B memilih naskah,mempelajari naskah,menentukan pemain,melatih pemain,mementaskan,mengevaluasi
C mempelajari naskah ,memilih naskah, menentukan pemain,melatih pemain,mementaskan,mengevaluasi
D mengevaluasi,memilih naskah, menentukan pemain,melatih pemain, mempelajari naskah ,mementaskan
E melatih pemain,memilih naskah, mempelajari naskah,menentukan pemain, mengevaluasi ,mementaskan

32. Roleplay jenis ini dilakukan dengan memainkan cerita yang sudah disusun dan sudah disepakati oleh pemain lain. Cerita yang disusun hanya kerangka cerita dan peran yang ada dalam cerita, ini merukan ciri dari  improvisasi berbasis ....
A tubuh
B kata-kata
C alat
D  teks
E mini kata

33. Cerita bertema mitologi atau kehidupan sehari-hari. Tata busana dan dekorasi yang dipergunakan sangat inovatif. Pelaksanaan bentuk teater diatur oleh kerajaan maupun universitas. Menggunakan panggung proscenium yaitu bentuk panggung yang memisahkan area pementasan dengan penonton. Ini merupakan ciri teater pada zaman ....
A yunani
B romawi
C renaisannce
D elizabethan
E abad pertengan

34. Teknik memberi hidup dengan cara memperlihatkan emosi dan pikiran di balik kalimat-kalimat yang diucapkan dan perbuatan yang dilakukan. Teknik ini menggunakan pengucapan ,gerak anggota badan, dan mimik. Termasuk di dalamnya adalah teknik memberi dinamik, nada, dan tempo, disebut ....
A jeda
B timing
C memberi isi
D irama
E muncul

35. Nana memarahi dan memukul Kiki, dengan cepat Kiki memegang salah satu bagian tubuh Nana yang terkena pukulan dan merasa kesakitan hingga menangis.
Dari cerita diatas memperlihatkan adanya kerja ....
A imajinatif
B perspektif
C konflik
D nalar
E aksi reaksi

36. Menekankan pada pengembangan suasana cerita, perasaan dan pikiran, merupakan salah satu teknik ... dalam pemeranan.
A improvisasi
B kata-kata
C penonjolan
D imajinasi
E pengembangan

37. Aktor tidak mempunyai naskah, tidak mempunyai sutradara. Ia benar-benar sendiri, bahkan si aktor tidak mempunyai persiapan apapun, satu-satunya yang ia miliki hanyalah persiapan mental. Karena ia berimprovisasi sendirian tanpa pasangan, maka disebut teknik improvisasi ....
A  solo
B  pasangan
C handproperty
D  kerangka cerita
E   menanggapi bunyi

38. KENT : .......... tapi ada sifat tuan yang saya inginkan sebagai majikan saya
LEAR : yaitu?
KENT : Kewibawaan
GONERILL : Juga pada saatnya yang paling baik dan sehat ia suka naik darah; mudah dimengerti, dalam usia lanjut ini tak hanya ada cacat-cacat yang lama berakar, tapi ia juga keras kepala. Kekerasan dan kemarahan.
Potongan dialog tersebut diatas menunjukkan dimensi tokoh Raja Lear secara ….
A psikologis
B fisiologis
C sosiologis
D filosofis
E histori

39. Berikut ini yang bukan konsep teks roleplay dalam hubungannya dengan  kebutuhan peran adalah ….
A. pola permainan  roleplay dilakukan dengan cara spontan
B. memahami  kerangka  cerita  yang  dimainkan
C. pemeran bebas memainkan peran  dalam  situasi tertentu sesuai  hasil  imajinasinya
D. seorang pemeran harus menguasai teknik pemeranan
E. calon pemeran  harus  membuang  rasa  tidak  percaya  diri  dan mau  tampil  didepan umum
40. Penulis naskah pada jaman Yunani Kuno dengan karya terkenalnya Lysistrata adalah ....
      A Aeschylus
B Euripides
C William Shakespeare
D Aristophanes
E Anton Chekov

kunci jawaban
29. C
30. C
31. B
32. B
33. C
34. C
35. E
36. E