4 hal yg dilakukan supermarket pada makanan yg akan kadaluarsa

Supermarket jadi tujuan kita buat belanja keperluan sehari-hari. Makanan, obat-obaran hingga barang-barang dapur bisa ditemukan di toko serba ada ini. Pilihan yang banyak membuat orang betah berbelanja di supermarket. Tapi pernah nggak sih kamu bertanya-tanya kemana perginya makanan kadaluarsa di supermarket? Sebagian besar mungkin mengira kalau makanan yang kadaluarsa bakal dikembalikan ke produsen pembuatnya. Bener sih, tapi ternyata nggak semuanya. Biar makanan yang terbuang atau dikembalikan ke produsen jumlahnya nggak terlalu banyak, pihak supermarket biasanya mengubahnya menjadi produk lain biar bisa tetap dijual sebelum mendekati masa kadaluarsa. Diolah jadi apa? Langsung aja simak nih!

Buah dan sayur

Sebelum membusuk, buah dan sayur yang terlalu matang biasanya diolah. Biasanya buah diolah menjadi salad sementara sayur dimasak menjadi makanan siap santap. Nggak cuma di Indonesia, cara ini juga diterapkan di supermarket di luar negeri.

Daging dan ikan

Beberapa supermarket membiarkan ikan hidup dalam akuarium agar pembeli bisa mendapatkannya dalam bentuk segar. Sayangnya, produk daging nggak bisa dijual dnegan cara seperti itu. Biasanya sih pihak supermarket menjual daging yang sudah dipotong dalam keadaan beku. Sementara itu daging yang udah tersimpan beberapa hari akan diolah menajdi makanan siap santap. Tapi beberapa supermarket di luar negeri menyumbangkan dagingnya ke dapur umum biar gak mubazir.

Roti

Roti lebih cepat memasuki masa kadaluarsa karena gampang berjamur. Sebelum hal itu terjadi, biasanya pihak supermarket mengolahnya menjadi roti panggang dan menjualnya dengan harga yang lebih murah. Sama seperti daging, di luar negeri roti yang akan memasuki tanggal kadaluarsa dan masih bagus biasanya disumbangkan ke dapur umum atau diberikan pada orang yang membutuhkan.

Keju dan susu

Keju dan susu sangat jarang tersisa di supermarket. Hal itu karena dua produk ini paling laku di supermarket. Jika memang tersisa, pihak supermarket akan langsung membuangnya karena emang sudah tidak mungkin diolah lagi.

Nah, itu empat hal yang biasa dilakukan oleh supermarket pada makanan yang mendekati masa kadaluarsa. Lalu, jangan lupa cek dulu tanggal kadaluarsanya ya. Teliti dulu sebelum membeli.