cara membeli tanah kavling dengan tepat

REPUBLIKA.CO.ID, Biasanya seseorang membeli tanah kavling untuk mendirikan hunian tinggal atau investasi. Guna mengoptimalkan rencana tersebut tentu perlu tahu bagaimana cara mendapatkan tanah yang tepat. Misalnya dengan mempertimbangkan keamanan, kenyamanan, hingga faktor harga tanah yang sesuai.


Anda bisa mempelajari cara membeli tanah kavling dengan tepat lewat berbagai media. Beberapa di antaranya seperti memperhatikan hal-hal penting berikut:

Prediksikan Masa Depan

Langkah ini cukup penting dipertimbangkan sebelum memutuskan membeli. Coba perkirakan bagaimana prospesk perkembangan tanah kavling yang hendak dibeli. Apakah lokasi sekitar tanah akan semakin ramai atau sepi?

Hal ini sangat berkaitan dengan nilai sebuah tanah di masa mendatang. Setelahnya, gambarkan juga rencana yang akan Anda lakukan pada tanah tersebut. Apakah akan dibangun rumah tinggal atau gedung? Apakah tanah sudah sesuai dengan kebutuhan dan tujuan?

Pantau Kondisi Lingkungan Sekitar

Jangan lupa untuk mengecek kondisi lingkungan sekitar, seperti posisi tanah. Pastikan memilih tanah datar dan lebih tinggi yan gaman dari risiko banjir. Perhatikan juga kondisi jalan, apakah akses sudah baik dan muat untuk mobil.

Pengecekan ini akan mempengaruhi kenyaman untuk tinggal nantinya. Fasilitas umum yang memudahkan pun perlu dipantau. Misalnya apakah ada air bersih, sarana sosial, ibadah, pendidikan, kesehatan, dan sebagainya.

Satu hal lagi yang tidak boleh dilewatkan ialah menghitung potensi kerawanan area tanah kavling. Lakukan survei dan hindari tanah dengan jalur sutet (tegangan listrik tinggi), dekat pipa gas, lintasan kereta api, jalan tol, pinggir sungai, dan sebagainya.

Sejarah Tanah Kavling

Bagaimana sejarah tanah kavling yang dijual? Ini penting dicari tahu, sebelum membelinya. Jangan sampai tanah tersebut memiliki sejarah kuran gbaik dan mengganggu kenyamanan di kemudian hari.

Contohnya, tanah tersebut ternyata bekas pemakaman, bekas tempat pembuangan sampah, dan sebagainya. Tanah yang kental dengan nuansa negatif, bisa mengganggu manusia.

Waktu yang Tepat

Ketepatan waktu membeli ini akan mempengaruhi harga jual sebuah tanah kavling. Jangan terburu-buru atau terlalu mudah membeli tanah kavling, karena biasanya harganya masih sangat mahal. Namun jangan juga terlalu lama.

Sebaiknya luangkan waktu untuk mengetahui kualitas tanah yang hendak dibeli dan belilah pada waktu yang tepat. Sebelum bertransaksi, jangan lupa mengecek keabsahan sertifikat. Jadilah pembeli yang jeli baik melihat potensi hingga legalitas tanah yang ingin dibeli.

Sumber : Rumahku.com