Macam - Macam Iklim



  1. Musim Semi
Musim semi merupakan salah satu dari empat macam musim di dunia, tepatnya di daerah nontropis. Musim semi terjadi saat pergantian musim yaitu dari musim dingin ke musim panas.
Untuk belahan bumi di bagian utara terjadi antara bulan Februari sampai April. Dan untuk belahan bumi di bagian selatan terjadi antara bulan Agustus sampai Oktober. Ciri-ciri terjadi musim semi adalah tumbuhan yang rontok akibat salju. Hawa musim semi 40% dingin dan 60% panas. Banyak hewan yang muncul dari sarangnya. Cuacanya sering hujan.
  1. Musim Panas
Musim panas merupakan salah satu musim di negara yang memiliki hawa sedang. Musim panas biasanya terjadi pada waktu yang berbeda-beda, tergantung letak sebuah negara.
Untuk belahan bumi di bagian utara terjadi antarabulan Mei sampai Juli. Dan untuk belahan bumi di bagian selatan terjadi antara bulan November sampai Januari. Ciri-ciri terjadi musim panas adalah tanaman yang indah berubah jadi tanaman biasa. Hawa musim panas 20% dingin dan 80% panas. Hewan yang ada di musim panas melakukan aktivitasnya. Terkadang, terjadi badai angin disertai hujan.
  1. Musim Gugur
Musim gugur merupakan salah satu dari empat macam musim di dunia. Kebalikan dari musim semi, msim gugur terjadi pada masa pergantian musim yaitu dari musim panas ke musim dingin.
Untuk belahan bumi di bagian utara terjadi antara bulan Agustus sampai Oktober. Dan untuk belahan bumi di bagian selatan terjadi antara bulan Februari sampai April. Ciri-ciri terjadi musim gugur adalah tanaman menjadi layu dan daunnya berguguran. Hawa musim gugur 40% panas dan 60% dingin. Banyak hewan mulai kembali ke sarangnya. Terkadang suasananya sedikit gelap dan berwarna orange.
  1. Musim Dingin
Musim dingin merupakan salah satu dari empat macam musim di dunia, tepatnya di Negara-negara yang memiliki iklim tropis dan berhawa sedang. Musim ini adalah masa yang paling dingin di bumi.
Unuk belahan bumi di bagian utara terjadi antara bulan November sampai Januari. Dan untuk belahan bui di bagian selatan terjadi antara bulan Mei sampai Juli. Ciri-ciri terjadi musim dingin adalah tanaman yang mulai tertimbun salju. Hawa musim dingin 20% panas dan 80% dingin. Banyak hewan yang tidur disarangnya.  Sering terjadi hujan salju bahkan badai salju.
  1. Musim Kemarau
Msim kemarau merupakan musim yang terdapat di daerah beriklim tropis. Sistem muson berpengaruh pada musim ini.
Untuk belahan bumi di bagian utara terjadi antara bulan Juni sampai September. Dan untuk belahan bumi di bagian selatan terjadi antara bulan Desember sampai Maret. Ciri-ciri terjadi musim kemarau adalah disebut musim kemarau jika curah hujan di bawah 60 mm per bulan atau jarang hujan.
  1. Musim Hujan
Musim hujan merupakan musin yang ditandai dengan meningkatnya curah hujan di suatu daerah tertentu dalam jangka waktu tertentu.

Musim hujan bergantian dengan musim kemarau, musim hujan dipengaruhi oleh pergerakan semu matahari. Biasanya, terjadi pada bagian bumi tengah yang mengalami peredaran semu matahari. Ciri-ciri terjadi musim hujan adalah meningkatnya curah hujan di suatu wilayah dalam jangka waktu tertentu. Musim ini hanya terdapat di daerah yang beriklim tropis.