6 pilihan investasi yang dapat dilakukan

1. Investasi Properti


Properti adalah salah satu investasi terbaik. (Shutterstock)

Investasi yang selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya dan kemungkinan untuk turun sangat kecil. Investasi ini bisa dikatakan akan selalu mengalami kenaikan terus selama demand masih tinggi dan berdampak terhadap harga yang akan semakin tinggi. Jika kamu memiliki properti berupa rumah, maka rumah tersebut bisa dijadikan tempat usaha seperti kos-kosan ditambah lagi dengan memaksimalkan kos tersebut untuk membuat usaha lainnya seperti laundry, catering dan lainnya.


Properti yang merupakan sektor riil di negara berkembang seperti Indonesia tidak terlalu berpengaruh terhadap inflasi karena lebih kepada ekspektasi. Dalam hal ini, aset rill tersebut akan melindungi keuangan Anda terhadap inflasi.


2. Investasi Emas


Emas adalah salah satu investasi terbaik. (Shutterstock)

Investasi emas atau logam mulia masih menjadi investasi yang cukup banyak diminati di Indonesia. Terlebih lagi investasi ini merupakan aset yang mudah dijual atau diuangkan.


Tetapi tentu saja, berinvestasi emas tetap memiliki tingkat risiko, antara lain karena fisiknya yang kurang praktis sehingga membutuhkan tempat penyimpanan yang dilengkapi keamanan ekstra. Risikonya akan lebih tinggi jika Anda memiliki emas-emas batangan dalam jumlah yang besar sehingga tidak dapat menyimpannya di sebuah brankas yang kecil.


3. Investasi Reksadana


Reksa dana adalah salah satu investasi terbaik.

Sederhananya, dengan berinvestasi reksa dana artinya kamu sudah berinvestasi di saham, obligasi, dan deposito, tetapi melalui perantara manajer investasi yang profesional. Manajer investasi di sini bertugas untuk mengumpulkan dana dan mereka yang mengelola investasi kamu dengan strategi yang mereka miliki.


Untuk mereka yang belum memiliki pengalaman cukup di bidang investasi, reksa dana bisa jadi pilihan. Pasalnya, dengan adanya seorang manajer investasi kamu hanya menyerahkan semuanya ke manajer investasimu.


Tetapi, bukan berarti mereka yang sudah memiliki pengalaman tidak cocok dengan investasi ini. Jika mereka yang berpengalaman ingin diversifikasi investasinya, reksa dana bisa jadi pilihannya karena relatif aman. Selain itu, tingkat keuntungan yang dihasilkan reksadana juga tidak tergantung dari besar atau kecilnya nilai pembelian awal investor. Besarannya, tergantung dari pengelola atau manajer investasi dalam mengelola reksana tersebut. Apa investasi terbaik lainnya? Simak di poin berikutnya!


4. Investasi Saham


Saham adalah salah satu investasi terbaik. (Shutterstock)

Ini jadi investasi terbaik selanjutnya. Saham merupakan surat berharga yang menunjukkan kepemilikan dari suatu badan usaha. Investasi ini bisa dikatakan sebagai investasi jangka panjang. Jika kamu berinvestasi saham secara langsung kamu juga bisa dikatakan sebagai pemilik dari perusahaan tersebut. Tetapi, porsi kepemilikannya juga sesuai dengan investasi yang kamu lakukan di perusahaan tersebut.


Saham sendiri berupa selembar kertas yang menyatakan bahwa nama yang tercantum di atas kertas tersebut merupakan pemilik saham/perusahaan sesuai dengan porsi atau berapa banyak penyertaan dalam perusahaan tersebut. Jika perusahaan tersebut berjalan baik maka saham tersebut akan memiliki nilai yang tinggi.


5. Investasi Obligasi


Obligasi adalah salah satu investasi terbaik. (Shutterstock)

Surat utang atau yang biasa dikenal dengan obligasi adalah instrumen investasi yang juga diperdagangkan di pasar sekunder Bursa Efek Indonesia (BEI). Meski demikian, tingkat pamornya tidak seperti investasi saham atau pun investasi lainnya.


Tetapi, investasi obligasi masih memiliki peminat dalam dunia pasar modal. Di sisi lain, investasi obligasi merupakan investasi yang dapat meraup keuntungan yang menjanjikan tetapi tingkat risikonya sangat minim.


6. Investasi Peer-to-Peer (P2P) Lending (P2P Lending)


Peer to peer lending adalah salah satu investasi terbaik. (Shutterstock)

Berinvestasi di P2P Lending menjadi salah satu alternatif investasi terbaik yang ada saat ini. Dengan berinvestasi di P2P Lending, Anda dapat memiliki imbal hasil atau return yang lebih besar dan aman.