belajar Naskah Drama



Naskah drama dibuat oleh pengarang (sastrawan) sebagai karya sastra. Naskah atau teks lakon drama memuat pesan-pesan pengarang tentang pengalamannya untuk mendapat tanggapan dari pembacanya atau penggarapnya. Pesan-pesan itu berupa nilai-nilai yang terhimpun dalam ide-ide. Sementara tema lakon merupakan seperangkat ide-ide yang dikomunikasikan kepada publik. Sungguh banyak naskah drama yang kita jumpai dari karya berbagai pengarang. Namun kita kesulitan untuk mengidentifikasi naskah mana dan karya siapa yang paling bagus? Jawabannya sangat relatif.
Siswa diberi fotokopi teks narasi untuk dianalisis kemudian mengubahnya menjadi teks dialog. Gaya bahasa diserahkan pada gaya masing-masing. Hal penting yang harus ada dalam hasil kerja siswa adalah berapa tokoh yang dihadirkan dalam adegan itu. Kemudian seperti apakah dialog-dialog yang diucapkan para tokoh cerita untuk mengusung nilai-nilai yang dipesankan pengarang. Seperti apakah karakter tokoh yang ada dalam cerita dan suasana adegan seperti apakah yang diinginkan? Kemusian perkakas apa saja yang dibutuhkan untuk memperkuat adegan?
Siswa dibagi menjadi 6 kelompok. Masing-masing kelompok mencari ruang senidiri di luar ruangan kelas sekaligus diskusi kelompok. Setiap kelompok dituntut satu teks dialog dan dipresentasikan di depan kelompok lain secara bergantian. Usai presentasi dilanjutkan dengan diskusi untuk saling memberi tanggapan atas karya yang dibuat.