cara mengecek keaslian emas

Emas merupakan salah satu jenis
investasi yang menguntungkan dengan modal kecil . Pasalnya, dengan modal dibawah 10 juta saja, Anda bisa mendapatkan emas paling tidak di atas 5 gram. Jika tiap bulan Anda membeli emas untuk diinvestasikan sekian tahun kemudian, tentu sangat menguntungkan, bukan?
Investasi modal kecil ini memang membuat banyak orang tertarik untuk mencoba membelinya. Namun, waspadalah dengan penipu yaitu penjual emas palsu. Harganya yang tinggi membuat banyak penjual memalsukan emas dengan logam lain dan mengecat warnanya. Untuk para pemula yang membeli emas bukan di gerai resmi, bisa saja langsung tertipu, kan?
Maka dari itu, sebelum memutuskan pembelian, perhatikan keaslian emas tersebut. Untuk memudahkannya, kami akan memberikan beberapa tips untuk menguji emas tersebut asli atau tidak. Selamat mencoba!
Perhatikan bentuk fisiknya
Ada beberapa tanda-tanda khusus yang terdapat di emas murni. Misalnya ada cap yang menandakan kadar emas. Biasanya menggunakan satuan fineness (1-999 atau 0.1-0.999). Di Indonesia menggunakan satuan karat dalam angka 10K, 18K, atau 24K.
Goreskan pada kertas atau keramik
Anda bisa menggunakan kertas atau keramik untuk mengecek keaslian emas. Jika emas yang digoreskan ke kertas atau keramik tidak meninggalkan bekas, tandanya emas tersebut asli. Tapi perlu diperhatikan kembali karena cara ini bisa berisiko merusak emas Anda.
Dekatkan dengan magnet
Emas adalah logam yang bersifat nonmagnetis. Jadi ketika didekatkan dengan magnet, emas tidak akan tertarik atau menempel. Tetapi pengujian ini juga belum bisa menjamin emas yang diuji asli atau tidak, karena ada banyak logam lain yang memiliki sifat nonmagnetis.
Gosok dan perhatikan warnanya
Gosoklah emas yang Anda teliti dengan telapak tangan atau telunjuk. Jika pinggiran atau bagian tepinya berubah warna menjadi pudar dan tidak seragam, bisa dipastikan itu adalah emas palsu.
Cek ke gerai resmi
Jika Anda ragu, sebaiknya cek ke gerai resmi seperti perusahaan Pegadaian. Di sana Anda akan bertemu dengan petugas yang dapat menaksir emas. Ia dapat mengenali mana emas yang asli dan mana yang palsu.