Makna Hubungan Internasional



Secara umum hubungan internasional diartikan sebagai hubungan yang bersifat global yang meliputi semua hubungan yang terjadi dengan melampaui batas-batas ketatanegaraan. Konsepsi hubungan internasional oleh para ahli sering dianggap sama atau dipersamakan dengan konsepsi politik luar negeri, hubungan luar negeri dan politik internasional. Ketiga konsep tersebut sebenarnya memiliki makna yang berbeda satu sama lain, akan tetapi mempunyai persamaan yang cukup mendasar dalam hal ruang lingkupnya yang melampaui batas-batas negara (lingkup internasional). Untuk memperluas pemahaman kalian, berikut dipaparkan makna dari ketiga konsep tersebut.
a. Politik luar negeri adalah seperangkat cara yang dilakukan oleh suatu negara untuk mengadakan hubungan dengan negara lain bagi tercapainya tujuan negara serta kepentingan nasional negara yang bersangkutan.
b. Hubungan luar negeri adalah keseluruhan hubungan yang dijalankan oleh suatu negara dengan semua pihak yang tidak tunduk pada kedaulatannya.
c. Politik internasional adalah politik antarnegara yang mencakup kepentingan dan tindakan beberapa atau semua negara, serta proses interaksi antarnegara maupun antarnegara dengan organisasi internasional.

Berkaitan dengan hal tersebut, terdapat berbagai pandangan para ahli yang mencoba memberikan makna terhadap konsep hubungan internasional diantaranya sebagai berikut.
1) Tygve Nathiessen, menyatakan bahwa hubungan internasional merupakan bagian dari ilmu politik dan karena itu komponen-komponen hubungan internasional meliputi politik internasional, organisasi dan administrasi internasional dan hukum internasional.
2) Charles A. Mc Clelland, mengungkapkan bahwa hubungan internasional adalah studi tentang keadaan-keadaan relevan yang mengelilingi interaksi.
3) Buku Rencana Strategi Pelaksanaan Politik Luar Negeri RI (Renstra),
􀁐􀁈􀁑􀁆􀁄􀁑􀁗􀁘􀁐􀁎􀁄􀁑􀀃􀁇􀁈􀂿􀁑􀁌􀁖􀁌􀀃􀁋􀁘􀁅􀁘􀁑􀁊􀁄􀁑􀀃􀁌􀁑􀁗􀁈􀁕􀁑􀁄􀁖􀁌􀁒􀁑􀁄􀁏􀀃􀁖􀁈􀁅􀁄􀁊􀁄􀁌􀀃􀁋􀁘􀁅􀁘􀁑􀁊􀁄􀁑􀀃􀁄􀁑􀁗􀁄􀁕􀁅􀁄􀁑􀁊􀁖􀁄􀀃
dalam segala aspeknya yang dilakukan oleh suatu negara untuk mencapai kepentingan nasional negara tersebut.
4) Encyclopedia Americana, mendeskripsikan hubungan internasional sebagai hubungan politis, budaya, ekonomi ataupun pertahanan dan keamanan.
5) Warsito Sunaryo, memandang bahwa hubungan internasional merupakan studi tentang interaksi antara jenis kesatuan-kesatuan sosial tertentu, termasuk studi tentang keadaan yang relevan yang mengelilingi interaksi. Adapun ,yang dimaksud dengan kesatuan-kesatuan sosial tertentu,dapat diartikan sebagai negara, bangsa maupun organisasi negara sepanjang bersifat internasional.