trik mengerjakan Bagian listening dalam TOEFL Part A (conversation) (3)

 Trik Menjawab Soal Listening TOEFL Part A (7/10). Artinya, idschool akan membagikan 1 dari 10 trik yang dapat dilakukan untuk menjawab soal listening pada ujian TOEFL.
Bagian listening dalam TOEFL terbagi menjadi 3 bagian, yaitu Part A (conversation)Part B (longer conversation), dan Part C (talks). Pada halaman ini, idschool akan membahas trik menjawab soal listening TOEFL part A yang ke tujuh yaitu Listen for negative expression, simak pembahasannya di bawah.
Trik TOEFL

TRIK 7: Listen for Negative Expression

Dalam Ujian TOEFL part A, sobat idschool akan mendengarkan percakapan antara dua orang. Kemudian akan disusul dengan seorang narrator yang membacakan soalnya.
Melalui rekaman, sobat akan mendengar:
  Man: how did they get to their grandma’s house in Maine in only five hours?
  Woman: They didn’t drive slowly on the trip to Maine.
  Narrator: What does the women say about the trip?


Pada lembar soal yang dibagikan, sobat dapat melihat empat pilihan seperti berikut.
A.   They drove rather quickly
B.   They couldn’t have driven more slowly
C.   They wanted to travel slowly to Maine
D.   They didn’t drive to Maine

Pembahasan:
Pada soal tipe ini, kata kuncinya juga terdapat pada speaker ke dua: Trik I (Focus on the second line).
Speaker ke dua mengatakan bahawa They didn’t drive slowly on the trip to Maine (Mereka tidak mengendarai dengan pelan pada perjalanan ke Maine). Kata didn’t drive slowly (tidak mengendarai dengan pelan) mempunyai makna yang sama dengan quickly (dengan cepat). They didn’t drive slowly on the trip to Maine juga dapat diartikan bahwa mereka mengendarai dengan cepat ke Maine. Jawaban yang diharapkan adalah They drove rather quickly (Mereka mengendarai cukup cepat), yaitu pilihan A.
Sekarang kita analisis untuk ketiga pilihan lainnya.
Pilihan B, They couldn’t have driven more slowly (Mereka tidak dapat berkendara dengan lebih pelan) adalah pernyataan yang salah. Mereka tidak dapat berkendara dengan lebih pelan artinya sama saja dengan mereka berkendara dengan sangat pelan. Informasi pada pilihan B ini bertentangan dengan pernyataan speaker ke-2, yang menyatakan bahwa mereka berkendara dengan cepat.
Keterangan pada pilihan C, They wanted to travel slowly to Maine (Mereka ingin pergi dengan pelan ke Maine) juga bertentangan dengan informasi yang diberikan pada percakapan.
Sedangkan pada pilihan D, They didn’t drive to Maine (Mereka tidak berkendara ke Maine), juga salah karena tidak ada informasi yang menyatakan bahwa mereka tidak pergi ke Maine. Jadi, jawaban yang benar adalah They drove rather quickly (Mereka mengendarai cukup cepat).
Jawaban yang benar: A

Contoh lain untuk kata Negative Expression:
  1. Not sad = happy
  2. Nobody can be on time = everyone is late
  3. Never works hard = lazy
  4. Insane = not sane = crazy
Sekian pembahasan mngenai trik menjawab soal listening TOEFL yang ke tujuh yaitu Negative Expression.

Trik 9: Listen for ALMOST NEGATIVE expression

Dalam ujian listening TOEFL part A, sobat idschool akan mendengarkan percakapan antara dua orang. Kemudian akan disusul dengan suara seorang narrator yang membacakan soalnya.
Melalui rekaman, sobat akan mendengar:
  Woman: Were you able to pay the electric bill?
  Man: I had barely enough money
  Narrator: What does the man imply?


Pada lembar soal yang dibagikan, sobat dapat melihat empat pilihan seperti berikut.
A.   He had plenty of money for the bill.
B.   He didn’t have enough money for the bill.
C.   He paid the bill but has no money left.
D.   He was unable to pay the bill.

Pembahasan:
Speaker ke-2 mengatakan bahwa I had barely enough money (Saya hanya memiliki cukup uang). Kata barely enough memiliki arti hanya cukup. Pernyataan yang diberikan oleh speaker ke dua dapat juga diartikan dengan Dia memiliki cukup uang untuk membayar tetapi tidak mempunyai uang sisa.
Jawaban yang diharapkan ada pada pilihan C, He paid the bill but has no money left (Dia membayar tagihan tetapi tidak mempunyai uang sisa).
Sekarang, mari kita analisis kesalahan pada pilihan yang diberikan satu per satu.
Pilihan A, He had plenty of money for the bill (Dia mempunyai banyak uang untuk membayar tagihan), merupakan pernyataan yang salah karena bertentangan dengan kata I had barely enough money (Saya hanya mempunyai cukup uang).
Pada pilihan B, He didn’t have enough money for the bill (Dia tidak mempunyai cukup uang untuk membayar tagihan), merupakan pernyataan yang salah karena dia punya cukup uang.
Sedangkan pada pilihan D, He was unable to pay the bill (Dia tidak dapat membayar tagihan), juga merupakan pernyataan yang salah karena tidak ada informasi yang menyatakan bahwa dia tidak dapat membayar tagihan. Penrnyataan yang dapat diperoleh dari informasi pada percakapan di soal adalah dia mempunyai uang tetapi hanya cukup untuk sejumlah tertentu.
Jadi, jawaban yang benar berada pada pilihan C, yaitu He paid the bill but has no money left (Dia membayar tagihan tetapi tidak mempunyai uang sisa).
Jawaban yang benar: C He paid the bill but has no money left

Contoh lain untuk Almost Negative Expression:
  1. Almost none: hardly, barely, scarcely, only
  2. Almost never: rarely, seldom
Sekian pembahasan menganai trik ke sembilan dalam mengerjakan soal listening TOEFL, yaitu listen for ALMOST NEGATIVE expression.