Berilahtandasilang( X) padahurufa,b,c,d,atau e di depanjawaban
yang paling benar
a. tumbuhan b. bunga c.
pohon d.
rantai e.
tanaman
2. Filsuf Romawimengatakanbahwa “Sejarahadalah guru
kehidupan” ialah ...
a.
Aristotelesb. Hipocrates c. Cicero d.
Thales e.
herodotus
3.
Secara praktis,
kata sejarah sering dipahami dalam empat pengertian ruang lingkup, yaitu
sebagai
a. mitos, dongeng, kisah, dankronik
b. cerita, legenda, dongeng, danbabad
c.
kisah, ilmu,
cerita rakyat, dan kronik
d.
kenang-kenangan,
kisah, ilmu dan seni
e. peristiwa, kisah, ilmudanseni
4. Perhatikaninformasiberikut :
1)
Penafsiran ilmu
sejarah bersifat objektif dalam arti dapat dibuktikan kebenarannya
2)
Sejarah
menceritakan peristiwa yang benar-benar terjadi
3)
Sejarah
menceritakan peristiwa-peristiwa masa lampau
4)
Sejarah
bertujuan memberi legitimasi kekuasaan kepada para pejabat
5)
Semua peristiwa
sejarah dapat menjadi panutan serta pedoman bagi pembacanya
Berdasarkan informasi tersebut,
ciri-ciri sejarah sebagai ilmu adalah ….
a. 1), 2), dan 3). b.
1), 2), dan 4). c. 2), 3), dan 4) d. 3), 4), dan 5).
e. 2), 4), dan 5),
5. Sejarah dapat dipandang sebagai karya
seni. Maksudnya ….
a. miripsekalidengandongeng b. takberbedadenganceritafiksi
c. merupakankaryaseniman d.
pengisahan
sejarah bukan hal yang fiktif
e.
penyimpulan dan
penulisan suatu peristiwa sejarah erat dengan kaidah dan keindahan bahasa
6. Seorang guru
yang sedang menjelaskan peristiwa perang Padri di kelas bisa digolongkan dalam
proses sejarah sebagai
a. ilmu b. peristiwa c.
seni d. kisah e.
cermin
7. Pembuatan kronologi dilakukan dengan
tujuan berikut, kecuali ....
a. dapat berurutan kejadiannya
b. tersusun secara baik sehingga mudah
dipahami
c. memudahkan adanya hubungan sebab dan
akibat
d. memenuhi pedoman penulisan sejarah
e. mempermudah pemahaman sejarah
8.
Ilmu yang
mempelajari benda-benda peninggalan sejarah disebut ….
a. arkeologi b. geologi c.
tipologi d.
epigrafi e.
filologi
9. Sejarah memberikan pelajaran bagaimana
hari ini dikelola dan bagaimana hari esok dirancang agar tidak mengulangi
kesalahan-kesalahan masa lalu. Denganbegitusejarahmemilikinilaiguna
….
a. edukatif b. inspiratif c.
rekreatif d.
manipulative e.
persuasive
10. Membacabukusejarah,
melihatberbagaipeninggalansejarah yang unikdanmenarikdapatmenggugah rasa
estetika, kekaguman,
dankeanehanterhadapkemampuanmanusiamasalampaubesertaperadabannya.
Sehubungandenganitusejarahmemilikinilai
a. Edukatif b. Inspiratif c.
Rekreatif d. Manipulatif e.
Persuasive
11. Berikut ini
tidak termasuk kegunaan sejarah adalah ….
a. memberinilaiedukatif b. memberiinspiratif
c. memberikesenangan d. memberipendidikanpolitik
e.
menghafalkan
tahun-tahun dalam sejarah diluar kepala
12. Cara masyarakat
Indonesia yang belum mengenal tulisan merekam dan mewariskan masa lalunya
adalah dengan
a.
melalui ingatan
kolektif dalam bentuk tradisi lisan
b. membangunprasasti
c. membanguntempat-tempatpemujaan
d.
membuat
lukisan-lukisan di dinding gua
e. melaluiupacara-upacara ritual
13. Sebagai sebuah
sumber sejarah, tradisi lisan memiliki fungsi penting bagi masyarakat, kecuali
…
a. melukiskankondisifakta mental masyarakat
b.
menunjukan
keturunannya yang berasal dari dewa-dewi
c. menunjukansimbolidentitasmasyarakat
d. merupakansimbolsolidaritasmasyarakat
e. alatlegitimasibagikeberadaanmasyarakat
14. Yang tidak
termasuk contoh praktik pewarisan masyarakat yang belum mengenal tulisan yang
masih berlangsung pada masa sekarang adalah …
a. tradisibercocoktanam di sawah
b. tradisibercocoktanam di ladang
c. tradisimudikpadahariraya
d. tradisimembuatsesajen
e. tradisiberlayar
15. Cerita prosa
rakyat yang dianggap benar-benar terjadi serta dianggap suci oleh yang empunya
cerita disebut ….
a. mite b. dongeng c.
legenda d.
babad e.
hikayat
16. Legendadiantaranyameliputi,
kecuali…
a. legendakeagamaan b. legendaperorangan
c. legendaalamgaib d. legendasetempat
e. legendapemerintahan
17. Cerita yang
termasuk legenda setempat/lokal adalah
a. Si ManisJembatanAncol b. Sangkuriang
c. Si Pitung d. SunanKalijaga
e. LutungKasarung
18. Cerita Si
Pitung dari Betawi atau Lutung Kasarung dari Jawa Barat termasuk kedalam jenis
legenda ….
a. keagamaanb.
perseorangan c.
setempat d.
social e.
alamgaib
19. Penulisan sejarah yang menampilkan peran orang-orang
besar adalah termasuk jenis sejarah ....
a. sosial b. Politik c.
Ekonomi d. Keluarga e.
Militer
20. Dongeng
binatang yang mengandung ajaran moral bagi manusia disebut …
a. Hikayat b. Fabel c.
Wawangsalan d.
Tambo e.
Wawacan
21. Menurut kamus
besar Bahasa Indonesia (1990) pengertian folklor adalah …
a.
adat istiadat
tradisional yang memiliki cerita rakyat yang diwariskan secara turun temurun,
tetapi tidak dibukukan
b.
adat-istiadat
tradisional dan cerita rakyat yang diwariskan secara turun-temurun, yang
dibukukan
c.
ahasil
abstraksi dari pengalaman sosial suatu masyarakat
d.
seluruh
kebudayaan yang diwariskan secara turun temurun secara lisan atau contoh
e.
sekelompok
orang yang memiliki persamaan ciri-ciri pengenal fisik, sosial dan budaya.
22. Antropolog yang
digolongkan folklor kedalam tiga kelompok besar berdasarkan tipenya yaitu
lisan, sebagaian lisan dan bukan lisan adalah
a. SeloSumarjan b. Taufik Abdullah c. J. Harold Brunvard
d. Koentjaraningrat e. James Danandjaya
23. Yang termasuk
folklor lisan diantaranya, kecuali…
a.
bahasa rakyat
seperti logat atau dialek
b.
ungkapan
tradisional seperti ungkapan atau pepatah
c. pertanyaantradisionalsepertitekateki
d. nyanyianrakyat (folksong)
e. permainanrakyat (folkgames)
24. Tradisi sejarah tertua masyarakat Indonesia yang sudah
mengenal tulisan dapat diketahui dari prasasti ....
a. Tugu b. Canggal c.
Tuk Mas d. Kutai e. Kedukan bukit
25. Salah satu
bentuk karya sastra zaman Islam yang seringkali berisi dongeng belaka, tetapi
seringkali juga berisi cerita sejarah adalah ….
a. Hikayat, b. Serat c.
Babad d.
Tambo e.
Suluk
26. Penulisan sejarah tradisional menekankan pada konsep.....
a. Loyalitas pada raja b. pembelaan terhadap rakyat
c. pengabdian kepada Tuhan d. pembebasan penderitaan rakyat
e. kesetiaan terhadap negara kebangsaan
27. Untuk
memperoleh legitimasi (keabsahan) kekuasaannya, seorang penguasa tradisional
menyusun historiografi dengan ciri sebagai berikut .
a. etnosentris, sosiologis b. istanasentris, religi-magis
c. rajasentris, sosiologis d. mitologis, religius
e. religius, jawasentris
28. Perlawanan terhadap penguasa asing dianggap sebagai
pemberontakan. Hal ini terjadi pada penulisan sejarah masa ....
a. Hindu-Budha b. Prasejarah c.
Kolonial
d. pergerakan Nasional e. Kemerdekaan
29. Seorang pakar
yang mendapat gelar Mpu Sejarawan Indonesia ialah ….
a. Soekmono b. Kuntjaraningrat c.
SartonoKartodirdjo
d. HuseinDjayadiningrat e. Nugroho Notosusanto
30. Didalam sejarah apa yang terjadi pada saat ini tidak
terlepas dari apa yang terjadi sebelumnya. Hal inimenunjukan bahwadidalamsejarahada proses ….
a. kontinuitas b. diskontinuitas c. heuristik
d. verifikasi e. historiologi
II. JawablahPertanyaan-pertanyaandibawahinidenganuraian
yang jelasdantepat!
1. Mengapa bangsa Arab mengkiaskan sejarah sebagai pohon
kehidupan, jelaskan !
2. Sejarah memiliki 4 ruang lingkup.
Sebutkan dan berikan cirinya masing-masing !
3. Berikan masing-masing contoh bahwa sejarah memiliki nilai edukatif,
inspiratif, dan rekreatif !
4. Tuliskan perkembangan historiografi di
Indonesia beserta ciri-cirinya !
5. Jelaskan apa
yang dimaksud dengan kritik intern dan kritik ekstern ketika akan melakukan
verifikasi dalam penelitian sejarah !