Pilihlah jawaban berikut dengan benar !
1.
Masuknya agama Iskam ke Indonnesia
pertama kali tercatat dalam sejarah adalah abad ke ... .
a.
7 dari arab melalui Tiongkok
a.
7 langsung dari arab
b.
12 dibawa oleh pedagang dari gujarat
c.
12 dari arab melalui gujarat
d.
7 sampai abad ke 12
dari Gujarat yang berasal dari Arab
2.
Kerajaan Islaam pertama kali berdiri di Indonesia adalah kerajaan ... .
a.
Demak di Jawa Tengah
b.
Samudra Pasai di Aceh
c.
Ternate di Maluku
d.
Giri di Jawa Timur
e.
Goa di Kalimantan
3.
Da’wah Islam di Indonesia mulai intensif sejak periode ... .
a.
pedagang gujarat
b.
wali songo
c.
berdirinya kerajaan-kerajaan Islam
d.
masuknya modernisasi Islam
e.
kemerdekaan Indonesia
4.
Da’wah Islam mulai intensif pada abad ... .
a.
pertama Maehi
b.
ketuju Masehi
c.
kedua belas Masehi
d.
ke 14 Masehi
e.
ke 20 Masehi
5.
Karakteristik yang dimiliki oleh
para mubaligh Islam di Indonesia adalah … .
a.
tadabbur, takabbur, dan taallum
b.
tawadlu’, tarahum, dan taawun
c.
tasyawur, tafahum, dan tasamuh
d.
tawassuth, tawazun, dan tasamuh
e.
shiddiq amanah dan a’dalah
6.
Karakteristik para mubaligh Islam menunjukkan bahwa faham keagamaan yang
berkembang di Indonesia adalah ... .
a.
syi’ah
b.
khawarije
c.
mu’tazilah
d.
salafiyah
e.
ahlisunah Wal Jama,ah
7.
Bekal Da’wah dan biaya hidup para
muballigh di dapat dari ... .
a.
raja yang mengirim misi da’wah
b.
pedagang muslim yang ikut bersamanya
c.
donasi dari pada dermawan
d.
hasil mereka bekerja sendiri
e.
sumbangan dari masyarakat yang sudah memeluk agama Islam
8.
Para muballigh memperkenalkan ajaran Islam memlalui sarana
perdagangan dengan cara ... .
a.
beriteraksi secara intensif dengan para pengusaha di
Indonesia
b.
menjual barang-barang dagangan mereka yang bernuansa Islami
c.
menguasai pusat-pusat perdagangan di Indonesia
d.
menerapkan cara-cara berdagang sesuai dengan syari’at Islam
e.
berdagang sambil mengajar
9.
Diantara para muballigh menggunakan pendekatan seni
dan budaya sebagai media
da’wah. Hal ini ditempuh untuk ... .
a.
menariksimpati masyarakat
b.
membaurkan budaya Islam dan budaaya setempat
c.
menunjukkan bahwa Islam adalah agama budaya
d.
menunjukkan bahwa seni bukan
hal yang tabu dalam Islam
e.
menunjukkan bahwa para muballigh juga seorang seniman
10. Diantara para muballigh menggunakan pendekatan seni dan budaya sebagai media da’wah. Hal ini ditempuh untuk ... .
a.
menariksimpati masyarakat
b.
membaurkan budaya Islam dan budaaya setempat
c.
menunjukkan bahwa Islam adalah agama budaya
d.
menunjukkan bahwa seni bukan
hal yang tabu dalam Islam
e.
menunjukkan bahwa para muballigh juga seorang seniman
11. Di Jawa, da’wah di lingkungan istana kerajaan Mojopahit dilakukan oleh …
.
a.
Maulana Malik Ibrohimd
b.
Maulana Ishaqe
c.
Sunan Ampel
d.
Raden Patah
e.
Sunan Kalijogo
12. Raja yang
pertama kali berhasil diislamkan dan kemudian diikuti oleh pembesar-pembesar
lainnya adalah ... .
a.
Raja Merah Silau
b.
Raja Mojopahite
c.
Raja Samudra Pasai
d.
Raja Mataram
e.
Raja Kediri
13.
Beberapa literatur pendidikan
Islam menyebutkan bahwa model pesantren adalah merupakan … .
a.
adopsi dari bentuk pendidikan keagamaan Hindu - Budha
b.
pembaruan dari sistim pendidikan Islam di Timur tengah
c.
penjawaan dari sistim pendidikan barat
d.
perpaduan antara berbagai sistim pendidikan yang ada
e.
hasil cipta karya wali songo sendiri
14. Faktor utama
yang menyebabkan pondok pesantren bisa berkembang dengan cepat adalah ... .
a.
kurikulum pesantren yang luas
b.
kharisma kiyai yang simpatikdan ikhlas
c.
dana besar yang disediakan oleh pesantren
d.
dukungan pemerintah yang sangat kuat
e.
promosi besar yang dilakukan oleh pesantren
15.
Seluruh warga pondok peantren
dibentuk untuk mempunai jiwa keikhlasan artinya ... .
a.
segala aktivitasnya tidak dimotivasikan oleh keuntungan
dunia
b.
adanya niatan sepenuhnya untuk membantu kiyai
c.
adanya keyakinan bahwa yang dilakukan adalah kebenaran
d.
adanya keberanian untuk hidup apa adanya
e.
segala perintah kiyai tidak boleh dibantah
16. Selain jiwa
keikhlasan warga pesantren dibentuk dengan penanaman kejiwaan berikut, kecuali
jiwa... .
a.
kesederhanaan
b.
persaudaraan
c.
kebebasan
d.
kepasrahan
e.
kemandirian
17.
Alasan santri tinggal di pesantren
adalah sebagai berikut, kecuali ... .
a.
bisa lebih intensif dalam mengaji
b.
mengabdikan diri kepada kiyai
c.
mendapatkan pengalaman hidup disiplin
d.
melatih keuletan, kemandirian dan
kesetiakawanan
e.
mendalami dan menghayati nilai-nilai keikhlasan
18. Ahlussunnah wal
jamaah bukan merupakan reaksi dari timbulnya beberapa aliran dalam Islam, karena ... .
a.
ahlussunnah wal jamaah sudah ada sejak zaman Rasulullah dan
para sahabatnya
b.
aliran ahlussunnah wal jamaah muncul sebelum munculnya
aliran-aliran yang ada
c.
ahlussnnah wal jamaah pada hakekatnya bukan aliran tetapi
hanya sekedar faham
d.
munculnya ajaran ahlussunnah wal jamaah hanya untuk
meluruskan aliran-aliran yang menyimpang.
e.
aliran ahlussunnah
wal jamaah itu hanya ada di Indonesia
19.
Ajaran Ahlussunnah wal jamaah sebenarnya sudah ada sejak Rasulullah,
yaitu ... .
a.
sahabat
b.
ajaran agama Islam
c.
ayat-ayat Al-Qur’an
d.
wahyu Allah
e.
ijtihat para sahabat
20.
Timbulnya firqah dalam Islam, dimlai dengan munculnya ... .
a.
pasukan Ali bin Abi Thalib dan Mu’awiyah bin Abi Sufyan
b.
golongn syi’ah dan khawarij
c.
faham qadariyah dan jabbariyah
d.
ajaran mu’tazilah dan ahlussunnah wal jamaah
e.
organisasi Nahdlatul Ulama’ dan
Muhammadiyah
21.
Tokoh yang mempopulerkan Ahlussunnah wal jama’ah adalah ... .
a.
Ali bin Abi Thalib
b.
Imam Hanafi, Maliki, Syafi’i dan Imam Hambali
c.
Imam Al Ghazali
d.
Abu Hasan Al Asy’ari dan Abu Mansur Al Maturidi
e.
KH. Hasyim Asy’ari
22. Langkah
Khalifah Utsman bin Affan untuk membukukan Al-qur’an, dan melarang peredaran Alqur’an yang berbeda dengan mushhaf yang
telah dibukukannya, bertujuan untuk ... .
a.
mencari popularitas sebagai khalifah Islam
b.
mencsucikan Alqur’an, dan membedakanya dengan tulisan yang
lain
c.
menjadikan Alqur’an sebagai rujukan baku bagi seluruh kaum
muslimin sepanjang masa
d.
melaaksanakan perintah Khalifah Abu Bakar As Shiddiq dan
Umar bin Khattab
e.
menjadikan
agama Islam lebih baik dibanding dengan agama yang lain, karena mempunyai kitab
suci yang baku
23.
Tugas ulama generasi pewaris setelah mujtahid antara lain ... .
a.
mengembangkan ajaran agama Islam dari ijtihad para mujtahid
sesuai dengan kebutuhan umat
b.
menterjemahkan kitab-kitab para mujtahid ke dalam berbagai bahasa
c.
menjelaskan hasil ijtihad para mujtahid dengan menambahkan
dalil Al-Qur’an dan hadits
d.
menafsirkan ayat Al-Qur’an dan
hadits sesuai dengan perkembangan zaman
e.
membuka lembaga-lembaga pendidikaan sebagai tempat mengajarkan
hasil ijtihad para mujtahid
24. Pengembangan
ahlussunnah wal jamaah di Indonesia mulai mendapat tantangan setelah ... .
a.
masuknya bangsa barat ke Indonesia
b.
masuknya pembaruan
Islam ke Indonesia
c.
lahirnya Muhammadiyah
d.
penjajahan bangsa Jepang atas Indonesia
e.
kemerdekaan Indonesia
25.
Jalur pendidikan yang diandalkan para ulama dalam mengembangkan dan
melestarikan Ahlussunnah Wal Jamaah di Indonesia adalah
... .
a.
madrasah diniyah
b.
perguruan tinggie
c.
pondok pesantren
d.
majlis ta’lim
e.
majlis halaqah
26.
Nahdlatul Ulama lahir dalam suasana ... .
a.
kebangkitan nasional
b.
perselisihan para ulama
c.
peperangan menghadapi penjajah
d.
Krisis moral bangsa
e.
ahlissuna wal jama’ah
27.
Usaha kalangan intelektual
Nahdlatul Ulama dalam melestarikan ahlussunnah wal jama’ah dilakukan
dengan ... .
a.
mendirikan forum intelektual nahdlatul ulama
b.
menulis karya-karya ilmiyah tentang ahlussunnah wal jamaah
c.
meredifinisi faham ahlussunnah wal jamaah
d.
mengintensifkan amaliyah warga Nahdlatul Ulama
e.
meluruskan penyimpangan yang terjadi pada ahluusunnah wal
jama’a
28. Organisasi yang
didirikan para ulama, banyak yang mengunakan kata “wathan” dalam namanya, hal
ini mengindikasikan bahwa ... .
a.
organisasi itu tidak bersifat keagamaan
b.
adanya kecintaan para ulama terhadap tanah air
c.
ulama telah menguasai manajemen organisasi
d.
ulama tidak menghendaki sparatisme
e.
adanya
perbedaan antar organisasi dan agama
29.
Sebagai upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat, para ulama membentuk
lembaga ... .
a.
syirkah
b.
mabarrota
c.
bank syari’ah
d.
perusahaan
e.
pegadaian
30. Kelahiran Nahdlatul Ulama juga dimotivasi untuk
meningkatkan sumberdaya manusia. Sebagai tantanganyang dihadapi para ulama
dalam hal ini adalah ... .
a.
pondok pesantren mulai ditinggalkan masyarakat
b.
tekanan pemerintah Hindia Belanda atas pekembangan pesantren
c.
berkembangnya sistim pendidikan modern yang di lembagakan
oleh pemerintah Hindia Belanda
d.
keterbukaan pesantren untuk menerima kehadiran lembaga
pendidikan formal
e.
fungsi
pesantren yang mulai mengalami pergeseran
30.
Sebagai langkah awal dalam usaha peningkatan sumber daya manusia KH. Hasyim Asy’ari memulainya dengan ... .
a.
membuka pesantren untuk perempuan
b.
memberikan mata pelajaran membaca dan melulis latin, berhitung serta
bahasa melayu di pesantren
c.
menigkatkan metode pengajaran di pesantren dengan metode
halaqah
d.
melengkapipesantrennya dengan peralatan modern
e.
menggunakan bahasa Belanda dalam percakapan sehari-hari di
pesantrennya
31.
Tokoh yang mencetuskan ide dan mempersiapkan kelahiran
Nahdlatul Ulama sampai benar-benar berhasil berdiri adalah ... .
a.
KH. Cholil
b.
KH. Hasyim Asy’ari
c.
KH. Wahab Hasbullah
d.
KH. As’ad Syamsul Arifin
e.
KH. Wahid Hasyim
32.
Petunjuk Allah SWT untuk mendirikan organisasi bagi para ulama
dan pengikutnya diterima oleh ... .
a.
KH. Cholil
b.
KH. Hasyim Asy’ari
c.
KH. Wahab Hasbullah
d.
KH. As’ad Syamsul Arifin
e.
KH. Wahid Hasyim
33.
Sebutan Bapak Nahdlatul Ulama diberikan kepada ... .
a.
KH. Cholil
b.
KH. Wahab Habullah
c.
KH. Hasyim Asy’ari
d.
KH. As’ad Syamsul Arifin
e.
KH. Wahid Hasyim
34.
Dalam proses kelahiran Nahdlatul
Ulama lebih ditentukan oleh ... .
a.
petunjuk dari Allah SWT
b.
kegigihan ulama muda
c.
restu ulama-ulama tua
d.
dana para aghniya’
e.
rekomendasi pemerintah Hindia
Belanda
II. Uraikan !
1.
Apa yang disebut dengan Pondok
Pesantren ?
2.
Apa tujuan didirikannya
organisasi pemuda tanah air atau “ Syubbanul Wathan”?
3.
Jelaskan pengertian dari
Ahlussunnah wal jamaah !
4.
Apa
yang melatarbelakangi berdirinya Nahdlatul Ulama?
5.
Pada
tahun 1926 M berdirilah Jam’iyah NU di Surabaya, sebutkan nama-nama yang
termasuk pengurus Tanfidziya!