uts genap aswaja



     Pilihlah jawaban berikut dengan benar !

1.         Masuknya agama Iskam ke Indonnesia pertama kali tercatat dalam sejarah adalah abad ke ... .
a.         7 dari arab melalui Tiongkok
a.         7 langsung dari arab
b.        12 dibawa oleh pedagang dari gujarat
c.         12 dari arab melalui gujarat
d.        7 sampai abad ke 12  dari Gujarat yang berasal dari Arab
2.         Kerajaan Islaam pertama kali berdiri di Indonesia adalah kerajaan ... .

a.         Demak di Jawa Tengah
b.        Samudra Pasai di Aceh
c.         Ternate di Maluku
d.        Giri di Jawa Timur
e.         Goa di Kalimantan

3.         Da’wah Islam  di Indonesia mulai intensif sejak periode ... .

a.         pedagang gujarat
b.        wali songo
c.         berdirinya kerajaan-kerajaan Islam
d.        masuknya modernisasi Islam
e.         kemerdekaan Indonesia

4.         Da’wah Islam mulai intensif pada abad ... .

a.         pertama Maehi
b.        ketuju Masehi
c.         kedua belas Masehi
d.        ke 14 Masehi
e.         ke 20 Masehi

5.         Karakteristik yang dimiliki oleh para mubaligh Islam di Indonesia adalah … .

a.         tadabbur, takabbur, dan taallum
b.        tawadlu’, tarahum, dan taawun
c.         tasyawur, tafahum, dan tasamuh
d.        tawassuth, tawazun, dan tasamuh
e.         shiddiq amanah dan a’dalah

6.         Karakteristik para mubaligh Islam  menunjukkan bahwa faham keagamaan yang berkembang di Indonesia adalah ... .

a.         syi’ah
b.        khawarije
c.         mu’tazilah
d.        salafiyah
e.         ahlisunah Wal Jama,ah

7.         Bekal Da’wah dan biaya hidup para muballigh di dapat dari ... .
a.         raja yang mengirim misi da’wah
b.        pedagang muslim yang ikut bersamanya
c.         donasi dari pada dermawan
d.        hasil mereka bekerja sendiri
e.         sumbangan dari masyarakat yang sudah memeluk agama Islam
8.         Para muballigh memperkenalkan ajaran Islam memlalui sarana perdagangan dengan cara ... .
a.         beriteraksi secara intensif dengan para pengusaha di Indonesia
b.        menjual barang-barang dagangan mereka yang bernuansa Islami
c.         menguasai pusat-pusat perdagangan di Indonesia
d.        menerapkan cara-cara berdagang sesuai dengan syari’at Islam
e.         berdagang sambil mengajar
9.         Diantara para muballigh menggunakan pendekatan seni dan budaya sebagai media da’wah. Hal ini ditempuh untuk ... .
a.         menariksimpati masyarakat
b.        membaurkan budaya Islam dan budaaya setempat
c.         menunjukkan bahwa Islam adalah agama budaya
d.        menunjukkan bahwa seni bukan  hal yang tabu dalam Islam
e.         menunjukkan bahwa para muballigh juga seorang seniman

10.     Diantara para muballigh menggunakan pendekatan seni dan budaya sebagai media da’wah. Hal ini ditempuh untuk ... .
a.         menariksimpati masyarakat
b.        membaurkan budaya Islam dan budaaya setempat
c.         menunjukkan bahwa Islam adalah agama budaya
d.        menunjukkan bahwa seni bukan  hal yang tabu dalam Islam
e.         menunjukkan bahwa para muballigh juga seorang seniman
11.     Di Jawa, da’wah di lingkungan istana kerajaan Mojopahit dilakukan oleh … .

a.         Maulana Malik Ibrohimd
b.        Maulana Ishaqe
c.         Sunan Ampel
d.        Raden Patah
e.         Sunan Kalijogo

12.     Raja yang pertama kali berhasil diislamkan dan kemudian diikuti oleh pembesar-pembesar lainnya adalah ... .

a.         Raja Merah Silau
b.        Raja Mojopahite
c.         Raja Samudra Pasai
d.        Raja Mataram
e.         Raja Kediri

13.     Beberapa literatur pendidikan Islam menyebutkan bahwa model pesantren adalah merupakan … .
a.         adopsi dari bentuk pendidikan keagamaan Hindu - Budha
b.        pembaruan dari sistim pendidikan Islam di Timur tengah
c.         penjawaan dari sistim pendidikan barat
d.        perpaduan antara berbagai sistim pendidikan yang ada
e.         hasil cipta karya wali songo sendiri
14.     Faktor utama yang menyebabkan pondok pesantren bisa berkembang dengan cepat adalah ... .

a.         kurikulum pesantren yang luas
b.        kharisma kiyai yang simpatikdan ikhlas
c.         dana besar yang disediakan oleh pesantren
d.        dukungan pemerintah yang sangat kuat
e.         promosi besar  yang dilakukan oleh pesantren

15.     Seluruh warga pondok peantren dibentuk untuk mempunai jiwa keikhlasan artinya ... .
a.         segala aktivitasnya tidak dimotivasikan oleh keuntungan dunia
b.        adanya niatan sepenuhnya untuk membantu kiyai
c.         adanya keyakinan bahwa yang dilakukan adalah kebenaran
d.        adanya keberanian untuk hidup apa adanya
e.         segala perintah kiyai tidak boleh dibantah
16.     Selain jiwa keikhlasan warga pesantren dibentuk dengan penanaman kejiwaan berikut, kecuali jiwa... .

a.         kesederhanaan
b.        persaudaraan
c.         kebebasan
d.        kepasrahan
e.         kemandirian

17.     Alasan santri tinggal di pesantren adalah sebagai berikut, kecuali ... .

a.         bisa lebih intensif dalam mengaji
b.        mengabdikan diri kepada kiyai
c.         mendapatkan pengalaman hidup disiplin
d.        melatih keuletan, kemandirian dan kesetiakawanan
e.         mendalami dan menghayati nilai-nilai keikhlasan

18.     Ahlussunnah wal jamaah bukan merupakan reaksi dari timbulnya beberapa aliran dalam Islam,    karena ... .
a.         ahlussunnah wal jamaah sudah ada sejak zaman Rasulullah dan para sahabatnya
b.        aliran ahlussunnah wal jamaah muncul sebelum munculnya aliran-aliran yang ada
c.         ahlussnnah wal jamaah pada hakekatnya bukan aliran tetapi hanya sekedar faham
d.        munculnya ajaran ahlussunnah wal jamaah hanya untuk meluruskan aliran-aliran yang menyimpang.
e.         aliran ahlussunnah wal jamaah itu hanya ada di Indonesia
19.     Ajaran Ahlussunnah wal jamaah sebenarnya sudah ada sejak Rasulullah, yaitu ... .

a.         sahabat
b.        ajaran agama Islam
c.         ayat-ayat Al-Qur’an
d.        wahyu Allah
e.         ijtihat para sahabat

20.     Timbulnya firqah dalam Islam, dimlai dengan munculnya  ... .
a.         pasukan Ali bin Abi Thalib dan Mu’awiyah bin Abi Sufyan
b.        golongn syi’ah dan khawarij
c.         faham qadariyah dan jabbariyah
d.        ajaran mu’tazilah dan ahlussunnah wal jamaah
e.         organisasi Nahdlatul Ulama’ dan Muhammadiyah
21.     Tokoh yang mempopulerkan Ahlussunnah wal jama’ah adalah ... .
a.         Ali bin Abi Thalib
b.        Imam Hanafi, Maliki, Syafi’i dan Imam Hambali
c.         Imam Al Ghazali
d.        Abu Hasan Al Asy’ari dan Abu Mansur  Al Maturidi
e.         KH. Hasyim Asy’ari
22.     Langkah Khalifah Utsman bin Affan untuk membukukan Al-qur’an, dan melarang peredaran    Alqur’an yang berbeda dengan mushhaf yang telah dibukukannya, bertujuan untuk ... .
a.         mencari popularitas sebagai khalifah Islam
b.        mencsucikan Alqur’an, dan membedakanya dengan tulisan yang lain
c.         menjadikan Alqur’an sebagai rujukan baku bagi seluruh kaum muslimin sepanjang masa
d.        melaaksanakan perintah Khalifah Abu Bakar As Shiddiq dan Umar bin Khattab
e.         menjadikan agama Islam lebih baik dibanding dengan agama yang lain, karena mempunyai kitab suci yang baku
23.     Tugas ulama generasi pewaris setelah mujtahid antara lain ... .
a.         mengembangkan ajaran agama Islam dari ijtihad para mujtahid sesuai dengan kebutuhan umat
b.        menterjemahkan kitab-kitab para mujtahid ke dalam berbagai bahasa
c.         menjelaskan hasil ijtihad para mujtahid dengan menambahkan dalil Al-Qur’an dan hadits
d.        menafsirkan ayat Al-Qur’an dan hadits sesuai dengan perkembangan zaman
e.         membuka lembaga-lembaga pendidikaan sebagai tempat mengajarkan hasil ijtihad para mujtahid
24.     Pengembangan ahlussunnah wal jamaah di Indonesia mulai mendapat tantangan setelah ... .

a.         masuknya bangsa barat ke Indonesia
b.        masuknya  pembaruan Islam ke Indonesia
c.         lahirnya Muhammadiyah
d.        penjajahan bangsa Jepang atas Indonesia
e.         kemerdekaan Indonesia

25.     Jalur pendidikan yang diandalkan para ulama dalam mengembangkan dan melestarikan Ahlussunnah Wal Jamaah di Indonesia adalah ... .

a.         madrasah diniyah
b.        perguruan tinggie
c.         pondok pesantren
d.        majlis ta’lim
e.         majlis halaqah

26.     Nahdlatul Ulama lahir dalam suasana ... .

a.         kebangkitan nasional
b.        perselisihan para ulama
c.         peperangan menghadapi penjajah
d.        Krisis moral bangsa
e.         ahlissuna wal jama’ah

27.     Usaha kalangan intelektual Nahdlatul Ulama dalam melestarikan ahlussunnah wal jama’ah dilakukan dengan ... .
a.         mendirikan forum intelektual nahdlatul ulama
b.        menulis karya-karya ilmiyah tentang ahlussunnah wal jamaah
c.         meredifinisi faham ahlussunnah wal jamaah
d.        mengintensifkan amaliyah warga Nahdlatul Ulama
e.         meluruskan penyimpangan yang terjadi pada ahluusunnah wal jama’a
28.     Organisasi yang didirikan para ulama, banyak yang mengunakan kata “wathan” dalam namanya, hal ini mengindikasikan bahwa ... .

a.         organisasi itu tidak bersifat keagamaan
b.        adanya kecintaan para ulama terhadap tanah air
c.         ulama telah menguasai manajemen organisasi
d.        ulama tidak menghendaki sparatisme
e.         adanya perbedaan antar organisasi dan agama

29.     Sebagai upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat, para ulama membentuk lembaga ... .

a.         syirkah       
b.        mabarrota
c.         bank syari’ah
d.        perusahaan
e.         pegadaian

30. Kelahiran Nahdlatul Ulama juga dimotivasi untuk meningkatkan sumberdaya manusia. Sebagai tantanganyang dihadapi para ulama dalam hal ini adalah ... .
a.         pondok pesantren mulai ditinggalkan masyarakat
b.        tekanan pemerintah Hindia Belanda atas pekembangan pesantren
c.         berkembangnya sistim pendidikan modern yang di lembagakan oleh pemerintah Hindia Belanda
d.        keterbukaan pesantren untuk menerima kehadiran lembaga pendidikan formal
e.         fungsi pesantren yang mulai mengalami pergeseran
30.     Sebagai langkah awal dalam usaha peningkatan sumber daya manusia KH. Hasyim Asy’ari memulainya dengan ... .
a.         membuka pesantren untuk perempuan
b.        memberikan mata pelajaran membaca dan melulis latin, berhitung serta bahasa melayu di pesantren
c.         menigkatkan metode pengajaran di pesantren dengan metode halaqah          
d.        melengkapipesantrennya dengan peralatan modern
e.         menggunakan bahasa Belanda dalam percakapan sehari-hari di pesantrennya
31.     Tokoh yang mencetuskan ide dan mempersiapkan kelahiran Nahdlatul Ulama sampai benar-benar berhasil berdiri adalah ... .

a.         KH. Cholil
b.        KH. Hasyim Asy’ari
c.         KH. Wahab Hasbullah
d.        KH. As’ad Syamsul Arifin
e.         KH. Wahid Hasyim

32.     Petunjuk Allah SWT  untuk mendirikan organisasi bagi para ulama dan pengikutnya diterima oleh ... .

a.         KH. Cholil
b.        KH. Hasyim Asy’ari
c.         KH. Wahab Hasbullah
d.        KH. As’ad Syamsul Arifin
e.         KH. Wahid Hasyim

33.     Sebutan Bapak Nahdlatul Ulama diberikan kepada ... .

a.         KH. Cholil
b.        KH. Wahab Habullah
c.         KH. Hasyim Asy’ari
d.        KH. As’ad Syamsul Arifin
e.         KH. Wahid Hasyim

34.     Dalam proses kelahiran Nahdlatul Ulama lebih ditentukan oleh ... .

a.       petunjuk dari Allah SWT
b.      kegigihan ulama muda
c.       restu ulama-ulama tua
d.      dana para aghniya’
e.         rekomendasi pemerintah Hindia Belanda


II. Uraikan !

1.         Apa yang disebut dengan Pondok Pesantren ?
2.         Apa tujuan didirikannya organisasi pemuda tanah air atau “ Syubbanul Wathan”?
3.         Jelaskan pengertian dari Ahlussunnah wal jamaah !
4.         Apa yang melatarbelakangi berdirinya Nahdlatul Ulama?
5.         Pada tahun 1926 M berdirilah Jam’iyah NU di Surabaya, sebutkan nama-nama yang termasuk pengurus Tanfidziya!