Kekeliruan :
Sering kali banyak yang tidak memerhatikan
dengan teliti dan menganggap hal penting keberadaan unsur pendukung dalam tari,
seperti tata rias, tata busana, dan tata musik. Dalam pertunjukan tari di
sekolah, siswa hanya dioptimalkan sebagai penari. Tidak diberikan pemahaman
tentang keberadaan musik dalam tari. Dalam beberapa kegiatan pembelajaran tari
di sekolah, siswa hanya belajar tentang gerak. Tidak diberikan pemahaman
tentang jenis dan fungsi musik dalam tari.
Pembahasan :
Dengan menjelaskan secara rinci dan detail
tentang masalah unsur-unsur pendukung dalam tari, maka siswa akan memiliki
perangkat pengetahuan dan keterampilan dalam memahami sebuah pertunjukan tari
dengan baik. Selain itu, pengetahuan ini dianggap penting untuk dipahami oleh
siswa sebagai perangkat dasar pengetahuan mereka pada saat mempersiapkan karya
tari yang akan diciptakannya nanti. Oleh karena dalam masalah ini, akan banyak dibicarakan
tentang ide dan gagasan seorang penata tari dalam menentukan masalah tata rias,
tata busana dan tata musik yang relevan dengan kebutuhan penyajiannya. Intinya,
materi ini sangat penting dipahami oleh siswa dalam merancang atau membuat
konsep garap tari sesuai dengan kebutuhan pertunjukan yang akan dikemasnya.
Sudah seyogianya diupayakan bahwa tingkat
pengetahuan dan keterampilan siswa tentang mengapresiasi karya tari tidak hanya
pada fokus masalah gerak saja. Perlu diarahkan lebih luar dalam memahami
persoalan unsur-unsur lainnya yang terdapat dalam penyajian tari secara utuh,
diantaranya masalah unsur musik. Masalah unsur musik dalam pertunjukan tari
sangat penting dipahami oleh siswa sebagai bagian penting dari pertunjukan tari
yang tidak dapat dipisahkan keberadaannya. Sekalipun tidak nampak secara
langsung keberadaan alat musik dalam pertunjukan tari tersebut, tetapi masalah
musik dalam pertunjukan tari sudah melekat di dalamnya. Dengan begitu,
perangkat dasar pengetahuan dan keterampilan siswa akan terbentuk dengan baik sehingga
mampu menganalisis dan mempersiapkan karya tari dengan konsep musik tari yang
sesuai dengan ide dan gagasan karyanya.
Seperti telah dijelaskan pada bagian sebelumnya,
dalam pembelajaran tari seyogianya pengetahuan dan keterampilan siswa tentang
mengapresiasi karya tari tidak hanya pada fokus masalah gerak saja. Perlu
diarahkan lebih luas dalam memahami persoalan unsur-unsur lainnya yang terdapat
dalam penyajian tari secara utuh, diantaranya masalah unsur musik. Keberadaan musik
dalam tari memiliki peranan yang sangat penting dalam menciptakan dimensi lain
pertunjukan. Oleh karena dalam sebuah pertunjukan tari tidak hanya gerak yang
menjadi media ungkap dalam menyampaikan makna dari seorang kreator seni. Akan
tetapi, terdapat media ungkap lainnya yang memberikan pengaruh kuat dalam
membantu menyampaikan pesan yang diungkapkan dalam bahasa gerak. Keberadaan
bunyi atau unsur musik dalam tari mampu menjadi kekuatan dalam membantu
menyampaikan maksud dari gerak yang dibuat dan dipresentasikan dalam suatu
kegiatan pertunjukan.
Dengan begitu, sangat penting apabila siswa
diberikan pemahaman yang menyeluruh dari persoalan jenis dan fungsi musik dalam
sebuah pertunjukan tari. Hal ini dimaksudkan sebagai perangkat dasar dari
pengetahuan dan keterampilan siswa dalam mengembangkan gagasannya pada saat
membuat karya tari.