contoh kartu soal mapel sejarah

 

KARTU SOAL

Tahun Pelajaran 2017-2018

Provinsi/Kota/Kabupaten : JAWA TIMUR/ SURABAYA


Program Studi     :  SEMUA PROGRAM KEAHLIAN  
Mata Pelajaran    :  SEJARAH INDONESIA
Kelas                     :  XII          
Kurikulum           :  K-2013
Penyusun             : MGMP SEJARAH                                                           
KD – Kompetensi Dasar
Memahami dan menerapkan konsep berpikir kronologis (diakronik), sinkronik, ruang dan waktu  dalam sejarah

Buku Acuan / Referensi:




 

 

 

Pengetahuan/    Aplikasi       Penalaran
Pemahaman



Deskripsi Soal

1.Yang dimaksud penyusunan peristiwa sejarah harus dilakukan secara kronologis adalah  ….
A.        peristiwa sejarah harus disusun berdasarkan urutan waktu penemuan peninggalannya
B.        peristiwa-peristiwa sejarah harus disusun berdasarkan urutan waktu kejadiannya
C.        Pengungkapan peristiwa sejarah harus dilakukan secara mendetail
D.        Kisah sejarah yang panjang harus disusun dengan memberikan periodisasi-periodisasi tonggak-tonggak sejarah
E.        pengungkapan peristiwa sejarah haus diseleksi seusai dengan tingkat urgensinya




No. Soal

1



Kunci Jawaban

        D
Konten/Materi
Cara Berfikir Kronologis dan Sinkronik dalam mempelajari Sejarah Cara berfikir kronologis dalam mempelajari sejarah


Indikator Soal

Menjelaskan cara berfikir kronologis dan memahami pola pokir kronologis dan sinkronis







 

KARTU SOAL

Tahun Pelajaran 2017-2018

Provinsi/Kota/Kabupaten : JAWA TIMUR/ SURABAYA


Program Studi     :  SEMUA PROGRAM KEAHLIAN  
Mata Pelajaran    :  SEJARAH INDONESIA
Kelas                     :  XII          
Kurikulum           :  K-2013
Penyusun             : MGMP SEJARAH                                                          
KD – Kompetensi Dasar
Menyajikan hasil penalaran mengenai corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara dalam bentuk tulisan.

  
Buku Acuan / Referensi:




 

 

 

Pengetahuan/    Aplikasi       Penalaran
Pemahaman



Deskripsi Soal

2.         Perhatikan data di bawah ini!
1)         Membuka hutan untuk ditanam
2)         Tanah yang sudah diolah dengan menggunakan bajak
3)         Pemupukan belum dilakukan
4)         Pengairan sudah dilakukan
5)         Apabila lahan yang tidak subur ditinggalkan untuk mencari lahan
lain

Dari data di atas yang termasuk sistem pertanian berladang adalah ....
A.        1,2 dan 3
B.        2,3 dan 4
C.        2,3 dan 5
D.        3,4 dan 5
E.        1,3 dan 5


No. Soal

2



Kunci Jawaban

         E
Konten/Materi
Indonesia Zaman Praaksara: awal kehidupan Manusia Indonesia. 
Awal kehidupan masyarakat Indonesia


Indikator Soal
Mengidentifikasi cara-cara atau corak kehidupan masyarakat zaman praaksara





 

KARTU SOAL

Tahun Pelajaran 2017-2018

Provinsi/Kota/Kabupaten : JAWA TIMUR/ SURABAYA


Program Studi     :  SEMUA PROGRAM KEAHLIAN  
Mata Pelajaran    :  SEJARAH INDONESIA
Kelas                     :  XII          
Kurikulum           :  K-2013
Penyusun             : MGMP SEJARAH                                                          
KD – Kompetensi Dasar

Menganalisis kehidupan manusia purba dan asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia (mesozoikum)
Buku Acuan / Referensi:




 

 

 

Pengetahuan/    Aplikasi       Penalaran
Pemahaman



Deskripsi Soal

3.         Perhatikan keadaan-keadaan bumi berikut ini!
1)         Muncul manusia sejenis Homo
2)         Kehidupan mengalami perkembangan yang sangat pesat
3)         Muncul makhluk hidup kecil-kecil atau mikrorganisme
4)         Muncul makhluk hidup binatang-binatang dalam bentuk yang
sangat besar (seperti Dinosaurus, atlantosaurus serta jenis-jenis
burung yang sangat besar)
5)         Muncul dan berkembang pada masa ini makhluk hidup sejenis reptile
6)         Mulai berkembang binatang-binatang menyusui sejenis monyet
Dari keadaan-keadaan di atas yang merupakan ciri-ciri dari zaman
Mesozoikum terdapat pada nomor ….
A.        1,2 dan 3
B.        2,3 dan 4
C.        4,5 dan 6
D.        2,4 dan 5
E.        3,5 dan 6


No. Soal

3



Kunci Jawaban

        C
Konten/Materi
Indonesia Zaman Praaksara: Awal Kehidupan Manusia Indonesia
(Mesozoikum )



Indikator Soal
Menganalisis ciri-ciri zaman awal manusia Indonesia (mesozoikum )






 

KARTU SOAL

Tahun Pelajaran 2017-2018

Provinsi/Kota/Kabupaten : JAWA TIMUR/ SURABAYA


Program Studi     :  SEMUA PROGRAM KEAHLIAN  
Mata Pelajaran    :  SEJARAH INDONESIA
Kelas                     :  XII          
Kurikulum           :  K-2013
Penyusun             : MGMP SEJARAH                                                          
KD – Kompetensi Dasar

Menganalisis karakteristik  kehidupan masyarakat, pemerintahan dan kebudayaan pada masa  kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia serta  menunjukan contoh bukti-bukti yang masih berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini.   
Buku Acuan / Referensi:




 

 

 

Pengetahuan/    Aplikasi       Penalaran
Pemahaman



Deskripsi Soal

4.     Dengan masuknya pengaruh Hindu – Budha ke Indonesia yang berkembang lebih dahulu di Indonesia ialah pengaruh Hindu dengan bukti ….
A.      Raja-raja pertama di Indonesia menganut agama Hindu
B.      Pengaruh Hindu masuk lebih dahulu daripada pengaruh Buddha
C.      Adanya arca Amarawati di Kutai, Kalimantan Timur
D.      Adanya patung Ganesha di Kutai, Kalimantan Timur
E.       Adanya Hindu lebih berkembang daripada agama Buddha





No. Soal

4



Kunci Jawaban

C
Konten/Materi
Indonesia Zaman  Hindu-Buddha: Silang Budaya Lokal dan Global  Tahap Awal

Bukti-bukti Kehidupan dan hasil-hasil kebudayaan pengaruh Hindu-Buddha yang masih ada pada saat ini


Indikator Soal

Menganalisa bukti-bukti kehidupan kebudayaan serta pengaruh Hindu – Budha pada masa kini






 

KARTU SOAL

Tahun Pelajaran 2017-2018

Provinsi/Kota/Kabupaten : JAWA TIMUR/ SURABAYA


Program Studi     :  SEMUA PROGRAM KEAHLIAN  
Mata Pelajaran    :  SEJARAH INDONESIA
Kelas                     :  XII          
Kurikulum           :  K-2013
Penyusun             : MGMP SEJARAH                                                          
KD – Kompetensi Dasar

    Menganalisis berbagai teori tentang proses masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan  Hindu-Buddha di Indonesia.
Buku Acuan / Referensi:




 

 

 

Pengetahuan/    Aplikasi       Penalaran
Pemahaman



Deskripsi Soal

5.     Sebab keruntuhan Kerajaan Kediri pada masa pemerintahan Kertajaya adalah ….
a.     Sering terjadinya konflik antara raja dan bangsawa
b.    Terjadinay perebutan kekuasaan antarbangsawan
c.     Raja memerintah sewenang-wenang
d.    Serangan dari Tunggul Ametung dibantu kaum bangsawan
e.     Serangan dari Ken Arok dibantu kaum Brahmana










No. Soal

5



Kunci Jawaban

E
Konten/Materi
·     Kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia



Indikator Soal
Menganailsa ciri-ciri , kejayaan dan runtuhnya kerajaan-kerajaan di Hindu dan Budha di Indonesia







 

KARTU SOAL

Tahun Pelajaran 2017-2018

Provinsi/Kota/Kabupaten : JAWA TIMUR/ SURABAYA


Program Studi     :  SEMUA PROGRAM KEAHLIAN  
Mata Pelajaran    :  SEJARAH INDONESIA
Kelas                     :  XII          
Kurikulum           :  K-2013
Penyusun             : MGMP SEJARAH                                                          
KD – Kompetensi Dasar

Menganalisis karakteristik  kehidupan masyarakat, pemerintahan dan kebudayaan pada masa  kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia serta  menunjukan contoh bukti-bukti yang masih berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini.
Buku Acuan / Referensi:




 

 

 

Pengetahuan/    Aplikasi       Penalaran
Pemahaman



Deskripsi Soal
6.     Dalam dunia perdagangan, Kerajaan Majapahit berfungsi sebagai kerajaan perantara karena ….
a.     Memiliki hasil bumi yang melimpah
b.    Mengharuskan bangsa-bangsa yang membutuhkan datang ke Majapahit
c.     Membawa hasil bumi dari satu daerah ke daerah lainnya
d.    Membangun pelabuhan-pelabuhan internasional
e.     Menjadikan Majapahit sebagai tuan  rumah dalam aktivitas perekonomian dunia










No. Soal

6



Kunci Jawaban

C
Konten/Materi
·     Kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia



Indikator Soal

Menganalisa peran kerajaan-kerajaan di Indonesia khususnya Majapahit di dunia perdangan






 

KARTU SOAL

Tahun Pelajaran 2017-2018

Provinsi/Kota/Kabupaten : JAWA TIMUR/ SURABAYA


Program Studi     :  SEMUA PROGRAM KEAHLIAN  
Mata Pelajaran    :  SEJARAH INDONESIA
Kelas                     :  XII          
Kurikulum           :  K-2013
Penyusun             : MGMP SEJARAH                                                          
KD – Kompetensi Dasar

Menganalisis karakteristik  kehidupan masyarakat, pemerintahan dan kebudayaan pada masa  kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia serta  menunjukan contoh bukti-bukti yang masih berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini.
Buku Acuan / Referensi:




 

 

 

Pengetahuan/    Aplikasi       Penalaran
Pemahaman



Deskripsi Soal

7.     Dampak sosial-politik dari ambisi Sultan Agung menyatukan Jawa dengan cara peperangan, yaitu ….
    1. Kemunduran tingkat sosial ekonomi penduduknya
    2. Adanya perubahan mata pencaharian penduduk dari petani menjadi nelayan
    3. Adanya pemberontakan daerah yang ingin melepaskan diri dari dominasi Mataram
    4. Wilayah Kerajaan Mataram dipecah-pecah pada masa Sultan Agung
    5. Terjadi perebutan kekuasaan di Keraton






No. Soal

7



Kunci Jawaban

D
Konten/Materi
·     Kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia



Indikator Soal
peran kerajaan-kerajaaan dan pemimpin dalam bidang sosial dan budaya (Sultan Agung)