KARTU SOAL
Tahun Pelajaran 2017-2018
Provinsi/Kota/Kabupaten : JAWA TIMUR/ SURABAYA
Program Studi : SEMUA PROGRAM
KEAHLIAN
Mata Pelajaran : SEJARAH
INDONESIA
Kelas : XII
Kurikulum : K-2013
Penyusun : MGMP SEJARAH
|
||||||||||
KD – Kompetensi Dasar
Memahami
dan menerapkan konsep berpikir kronologis (diakronik), sinkronik, ruang dan
waktu dalam sejarah
|
Buku Acuan / Referensi:
|
Pengetahuan/ Aplikasi Penalaran
Pemahaman
|
||||||||
|
|
Deskripsi Soal
1.Yang dimaksud
penyusunan peristiwa sejarah harus dilakukan secara kronologis adalah ….
A. peristiwa
sejarah harus disusun berdasarkan urutan waktu penemuan peninggalannya
B. peristiwa-peristiwa
sejarah harus disusun berdasarkan urutan waktu kejadiannya
C. Pengungkapan
peristiwa sejarah harus dilakukan secara mendetail
D. Kisah
sejarah yang panjang harus disusun dengan memberikan periodisasi-periodisasi
tonggak-tonggak sejarah
E. pengungkapan
peristiwa sejarah haus diseleksi seusai dengan tingkat urgensinya
|
||||||||
|
No. Soal
|
|||||||||
|
1
|
|||||||||
|
|
|||||||||
|
Kunci
Jawaban
|
|||||||||
|
D
|
|||||||||
Konten/Materi
Cara Berfikir Kronologis dan Sinkronik dalam mempelajari Sejarah Cara berfikir kronologis dalam mempelajari
sejarah
|
|
|
||||||||
Indikator Soal
Menjelaskan cara berfikir kronologis dan
memahami pola pokir kronologis dan sinkronis
|
|
|
||||||||
KARTU SOAL
Tahun Pelajaran 2017-2018
Provinsi/Kota/Kabupaten : JAWA TIMUR/ SURABAYA
Program Studi : SEMUA PROGRAM
KEAHLIAN
Mata Pelajaran : SEJARAH
INDONESIA
Kelas : XII
Kurikulum : K-2013
Penyusun : MGMP SEJARAH
|
||||||||||
KD – Kompetensi Dasar
Menyajikan
hasil penalaran mengenai corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara dalam
bentuk tulisan.
|
Buku Acuan / Referensi:
|
Pengetahuan/ Aplikasi Penalaran
Pemahaman
|
||||||||
|
|
Deskripsi Soal
2. Perhatikan data di bawah ini!
1) Membuka hutan untuk ditanam
2) Tanah yang sudah diolah dengan
menggunakan bajak
3) Pemupukan belum dilakukan
4) Pengairan sudah dilakukan
5) Apabila lahan yang tidak subur
ditinggalkan untuk mencari lahan
lain
Dari data di atas yang
termasuk sistem pertanian berladang adalah ....
A. 1,2 dan 3
B. 2,3 dan 4
C. 2,3 dan 5
D. 3,4 dan 5
E. 1,3 dan 5
|
||||||||
|
No. Soal
|
|||||||||
|
2
|
|||||||||
|
|
|||||||||
|
Kunci
Jawaban
|
|||||||||
|
E
|
|||||||||
Konten/Materi
Indonesia
Zaman Praaksara: awal kehidupan Manusia Indonesia.
Awal kehidupan masyarakat Indonesia
|
|
|
||||||||
Indikator Soal
Mengidentifikasi cara-cara atau corak
kehidupan masyarakat zaman praaksara
|
|
|
||||||||
KARTU SOAL
Tahun Pelajaran 2017-2018
Provinsi/Kota/Kabupaten : JAWA TIMUR/ SURABAYA
Program Studi : SEMUA PROGRAM
KEAHLIAN
Mata Pelajaran : SEJARAH
INDONESIA
Kelas : XII
Kurikulum : K-2013
Penyusun : MGMP SEJARAH
|
||||||||||
KD – Kompetensi Dasar
Menganalisis
kehidupan manusia purba dan asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia
(mesozoikum)
|
Buku Acuan / Referensi:
|
Pengetahuan/ Aplikasi Penalaran
Pemahaman
|
||||||||
|
|
Deskripsi Soal
3. Perhatikan keadaan-keadaan bumi
berikut ini!
1) Muncul manusia sejenis Homo
2) Kehidupan mengalami perkembangan yang
sangat pesat
3) Muncul makhluk hidup kecil-kecil atau
mikrorganisme
4) Muncul makhluk hidup
binatang-binatang dalam bentuk yang
sangat besar (seperti
Dinosaurus, atlantosaurus serta jenis-jenis
burung yang sangat
besar)
5) Muncul dan berkembang pada masa ini
makhluk hidup sejenis reptile
6) Mulai berkembang binatang-binatang
menyusui sejenis monyet
Dari keadaan-keadaan
di atas yang merupakan ciri-ciri dari zaman
Mesozoikum terdapat
pada nomor ….
A. 1,2 dan 3
B. 2,3 dan 4
C. 4,5 dan 6
D. 2,4 dan 5
E. 3,5 dan 6
|
||||||||
|
No. Soal
|
|||||||||
|
3
|
|||||||||
|
|
|||||||||
|
Kunci
Jawaban
|
|||||||||
|
C
|
|||||||||
Konten/Materi
Indonesia Zaman Praaksara: Awal Kehidupan
Manusia Indonesia
(Mesozoikum )
|
|
|
||||||||
Indikator Soal
Menganalisis ciri-ciri zaman awal manusia
Indonesia (mesozoikum )
|
|
|
||||||||
KARTU SOAL
Tahun Pelajaran 2017-2018
Provinsi/Kota/Kabupaten : JAWA TIMUR/ SURABAYA
Program Studi : SEMUA PROGRAM
KEAHLIAN
Mata Pelajaran : SEJARAH
INDONESIA
Kelas : XII
Kurikulum : K-2013
Penyusun : MGMP SEJARAH
|
||||||||||
KD – Kompetensi Dasar
Menganalisis
karakteristik kehidupan masyarakat,
pemerintahan dan kebudayaan pada masa
kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia serta menunjukan contoh bukti-bukti yang masih
berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini.
|
Buku Acuan / Referensi:
|
Pengetahuan/ Aplikasi Penalaran
Pemahaman
|
||||||||
|
|
Deskripsi Soal
4. Dengan masuknya pengaruh Hindu – Budha ke
Indonesia yang berkembang lebih dahulu di Indonesia ialah pengaruh Hindu
dengan bukti ….
A. Raja-raja pertama di Indonesia menganut
agama Hindu
B. Pengaruh Hindu masuk lebih dahulu daripada
pengaruh Buddha
C. Adanya arca Amarawati di Kutai, Kalimantan
Timur
D. Adanya patung Ganesha di Kutai, Kalimantan
Timur
E.
Adanya
Hindu lebih berkembang daripada agama Buddha
|
||||||||
|
No. Soal
|
|||||||||
|
4
|
|||||||||
|
|
|||||||||
|
Kunci
Jawaban
|
|||||||||
|
C
|
|||||||||
Konten/Materi
Indonesia Zaman
Hindu-Buddha: Silang Budaya Lokal dan Global Tahap Awal
Bukti-bukti
Kehidupan dan hasil-hasil kebudayaan pengaruh Hindu-Buddha yang masih ada
pada saat ini
|
|
|
||||||||
Indikator Soal
Menganalisa bukti-bukti kehidupan kebudayaan
serta pengaruh Hindu – Budha pada masa kini
|
|
|
||||||||
KARTU SOAL
Tahun Pelajaran 2017-2018
Provinsi/Kota/Kabupaten : JAWA TIMUR/ SURABAYA
Program Studi : SEMUA PROGRAM
KEAHLIAN
Mata Pelajaran : SEJARAH
INDONESIA
Kelas : XII
Kurikulum : K-2013
Penyusun : MGMP SEJARAH
|
||||||||||
KD – Kompetensi Dasar
Menganalisis
berbagai teori tentang proses masuk dan berkembangnya agama dan
kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia.
|
Buku Acuan / Referensi:
|
Pengetahuan/ Aplikasi Penalaran
Pemahaman
|
||||||||
|
|
Deskripsi Soal
5. Sebab keruntuhan Kerajaan Kediri pada masa
pemerintahan Kertajaya adalah ….
a. Sering terjadinya konflik antara raja dan
bangsawa
b. Terjadinay perebutan kekuasaan
antarbangsawan
c. Raja memerintah sewenang-wenang
d. Serangan dari Tunggul Ametung dibantu kaum
bangsawan
e. Serangan dari Ken Arok dibantu kaum
Brahmana
|
||||||||
|
No. Soal
|
|||||||||
|
5
|
|||||||||
|
|
|||||||||
|
Kunci
Jawaban
|
|||||||||
|
E
|
|||||||||
Konten/Materi
·
Kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia
|
|
|
||||||||
Indikator Soal
Menganailsa ciri-ciri , kejayaan dan runtuhnya
kerajaan-kerajaan di Hindu dan Budha di Indonesia
|
|
|
||||||||
KARTU SOAL
Tahun Pelajaran 2017-2018
Provinsi/Kota/Kabupaten : JAWA TIMUR/ SURABAYA
Program Studi : SEMUA PROGRAM
KEAHLIAN
Mata Pelajaran : SEJARAH
INDONESIA
Kelas : XII
Kurikulum : K-2013
Penyusun : MGMP SEJARAH
|
||||||||||
KD – Kompetensi Dasar
Menganalisis
karakteristik kehidupan masyarakat,
pemerintahan dan kebudayaan pada masa
kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia serta menunjukan contoh bukti-bukti yang masih
berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini.
|
Buku Acuan / Referensi:
|
Pengetahuan/ Aplikasi Penalaran
Pemahaman
|
||||||||
|
|
Deskripsi Soal
6. Dalam dunia perdagangan, Kerajaan Majapahit
berfungsi sebagai kerajaan perantara karena ….
a. Memiliki hasil bumi yang melimpah
b. Mengharuskan bangsa-bangsa yang membutuhkan
datang ke Majapahit
c. Membawa hasil bumi dari satu daerah ke
daerah lainnya
d. Membangun pelabuhan-pelabuhan internasional
e. Menjadikan Majapahit sebagai tuan rumah dalam aktivitas perekonomian dunia
|
||||||||
|
No. Soal
|
|||||||||
|
6
|
|||||||||
|
|
|||||||||
|
Kunci
Jawaban
|
|||||||||
|
C
|
|||||||||
Konten/Materi
·
Kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia
|
|
|
||||||||
Indikator Soal
Menganalisa peran kerajaan-kerajaan di Indonesia
khususnya Majapahit di dunia perdangan
|
|
|
||||||||
KARTU SOAL
Tahun Pelajaran 2017-2018
Provinsi/Kota/Kabupaten : JAWA TIMUR/ SURABAYA
Program Studi : SEMUA PROGRAM
KEAHLIAN
Mata Pelajaran : SEJARAH
INDONESIA
Kelas : XII
Kurikulum : K-2013
Penyusun : MGMP SEJARAH
|
||||||||||
KD – Kompetensi Dasar
Menganalisis
karakteristik kehidupan masyarakat,
pemerintahan dan kebudayaan pada masa
kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia serta menunjukan contoh bukti-bukti yang masih
berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini.
|
Buku Acuan / Referensi:
|
Pengetahuan/ Aplikasi Penalaran
Pemahaman
|
||||||||
|
|
Deskripsi Soal
7. Dampak sosial-politik dari ambisi Sultan
Agung menyatukan Jawa dengan cara peperangan, yaitu ….
|
||||||||
|
No. Soal
|
|||||||||
|
7
|
|||||||||
|
|
|||||||||
|
Kunci
Jawaban
|
|||||||||
|
D
|
|||||||||
Konten/Materi
·
Kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia
|
|
|
||||||||
Indikator Soal
peran kerajaan-kerajaaan dan pemimpin dalam
bidang sosial dan budaya (Sultan Agung)
|
|
|
||||||||