20 contoh soal pengantar apk usbn

16. Yang merupakan saluran media komunikas keatas tertulis....
A. Uraian tugas
B. Laporan tahunan
C. Manual hand book
D. Penyusunan anggaran
E. Grievance procedure
17. Prinsip prinsip komunikasi yang baik adalah.....
A. Kejelasan bahasa, perhatian, integritas dan ketulusan, pemilihan media
B. Penjelasan kata, fungsi pendengaran, alat komunikasi
C. pemilihan media yang canggih untuk memperlancar arus komunikasi
D. Telepon yang bisa di gunakan internasional
E. standart operasional pencapaian komunikasi
18. Strutur organisasi dibagi menjadi  dua yaitu....
A. Formal dan informal
B. Tersruktur dan tidak terstruktur
C. Tunggal dan gabungan
D. Tunggal dan rangkap
E. Sentralisasi dan desentralisasi
19. Hubungan fungsi fungsi dan tanggung jawab personil yang melaksanakan fungsi fungsi tersebut merupakan pengertian dari.....strutur organisasi
A. Tujuan
B. Unsur unsur
C. Normatif
D. Pengertian
E. Sasaran
20. Dalam bentuk organisasi lini, kepala unit mempunyai tanggung jawab untuk melaporkan kepada....kepala unit diatasnya
A. Satu
B. Dua
C. Tiga
D. Empat
E. semua
21. SOP berdasarkan sifat dan muatan kegiatannya relatif memiliki perbedaan dari kegiatan yang di-SOP-kan, tahapan kegiatan, aktor (pelaksana), dan tempat SOP tersebut diterapkan disebut SOP...
A. Khusus
B. General
C. Umum
D. Teknis
E. Administratif

22. Offline-storage disimbolkan dengan bentuk bangun...
A. Segitiga
B. Lingkaran
C. Segi empat
D. Oval
E. Trapesium

23. SOP harus dilaksanakan secara konsisten dari waktu ke waktu, oleh siapapun, dan dalam kondisi yang relatif sama oleh seluruh jajaran organisasi pemerintahan atau perusahaan,, artinya dalam pelaksanaannya SOP harus mengandung prinsip-prinsip ...
A. Komitmen
B. Mengikat
C. Konsisten
D. Terdokumentasi dengan baik
E. Perbaikan berkelanjutan

24. Langkah-langkah penilaian kebutuhan yang pertama adalah ...
A. Menyusun rencana tindak penilaian kebutuhan
B. Melakukan analisis kebutuhan khusus
C. Melakukan penilaian kebutuhan
D. Membuat daftar SOP yang akan disusun
E. Menyempurnkan daftar SOP

25. SOP berdasarkan sifat dan muatan kegiatannya relatif memiliki kesamaan baik dari kegiatan yang di-SOP-kan maupun dari tahapan kegiatan dan pelaksanaannya disebut SOP....
A. Khusus
B. Generik (umum)
C. Intern
D. Ekstern
E. Lokal

26. Cara bagaimana membuat waktu menjadi terkendali sehingga menjamin terciptanya sebuah efektivitas, efisiensi, serta produktivitas disebut...
A. Manajemen waktu
B. Penggunaan waktu
C. Efektivitas waktu
D. Efisiensi waktu
E. Produktivitas

27. Yang bukan arti penting me-manage waktu adalah...
A. Membantu kita menghindari perasaan bersalah
B. Membantu mengevaluasi kemajuan kita
C. Membantu kita membuat prioritas
D. Memberi kebebasan yang sebebas-bebasnya
E. Memberi kita kebebasan dan kendali

28. Contoh kegiatan yang bersifat tidak penting yang terpaksa dilakukan, yaitu...
A. Relaksasi
B. Mengerjakan tugas lebih awal
C. Mengantar keluarga yang kecelakaan ke rumah sakit
D. Menerima dan menemani tamu
E. Olahraga terjadwal

29. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut.
1) Masalah dapat hilang tanpa diatasi
2) Tidk disertai jatuh tempo
3) Sudah kadaluarsa
4) Dapat diperlambat
5) Dapat dikerjakan oleh orang lain
Prioritas waktu jangan dikerjakan mempunyai karakteristik yang ditunjukkan oleh nomor ....
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 3, dan 5
C. 1, 4, dan 5
D. 2, 4, dan 5
E. 3, 4, dan 5 

30. Berikut ini yang tidak termasuk prinsip dasar manajemen waktu yang penting diperhatikan, yaitu...
A. Prioritaskan kembali tugas yang tersisa berdasarkan informasi baru yang terkait
B. Sediakan waktu untuk perencanaan
C. Ketersediaan atau kepastian waktu
D. Selesaikan tugas berprioritas tinggi sesegera mungkin dan tuntaskan tugas sebelum mullai tugas yang lain
E. Menetapkan prioritas

31. Proses pengalihan metode pencatatan, penghimpunan, pengolahan, penggandaan, pengiriman, dan penyimpanan bahan-bahan keterangan dari metode manual yang banyak melibatkan tenaga manusia kepada metode otomatisasi yang banyak melibatkan operasi mesin otomatis bahkan komputer disebut....
A. Komputerisasi
B. Sistem bisnis
C. Teknologi informasi
D. Otomatisasi perkantoran
E. Komunikasi bisnis

32. Komputer tidak menggantikan pekerjaan saat ini, tetapi komputer menunda penambahan pegawai yang diperlukan untuk menangani beban kerja yang bertambah, artinya otomatisasi kantor mempunyai tujuan ....
A. Mengurangi beban kerja
B. Penghindaran biaya
C. Pemanfaatan teknologi
D. Penghindaran pendapatan
E. Pengurangan tenaga

33. Teleconference merupakan penggunaan peralatan dalam komunikasi kantor pada tahap ...
A. Tradisional
B. Transisional
C. Pengembangan strategi
D. Modern
E. Transformasional

34. Pengguna otomatisasi perkantoran yang biasanya ditugaskan pada pekerja terdidik tertentu untuk melaksanakan berbagai tuga seperti menangani korespondensi, menjawab telepon, dan mengatur jadwal pertemuan, yaitu...
A. Direktur
B. Manajer
C. Pegawai administratif
D. Profesional
E. Sekretaris

35. Salah satu aplikasi otomatisasi kantor yang bersifat khusus diantara aplikasi otomatisasi kantor, karena ia hanya menyusun terjadinya komunikasi bukan mengomunikasikan informasi, yaitu...
A. Audio conferencing
B. Konferensi audio
C. Electronic calendering
D. Electronic mail
E. Audio conferencing


kunci jawaban
22. A
23. C
24. A
25. B
26. A
27. D
28. D
29. D
30. C