soal dan pembahasan soal seni teater pertunjukan uasbn

21. Berikut ini merupakan nama para tokoh teater yang karyanya sering dipentaskan dengan gaya presentasional, kecuali ....
A Nasjah Djamin (Titik Hitam)
B Motinggo Boesje (Malam Jahanam)
C Arifin C Noer (Kapai – Kapai)
D Anton Chekov (Pinangan)
E Kirjomulyo (Penggali Intan)

22. Berikut ini merupakan nama para tokoh teater yang karyanya sering dipentaskan dengan gaya representasional adalah ....
A Anton Chekov (Pinangan)
B Sopokles (Oidipus)
C Moliere (Tartuff)
D Wiliam Shakespeare (Romeo and Juliet)
E Moliere (Tabib Gadungan)

23. Bermain di tempat terbuka, tidak menggunakan naskah, acting bersifat spontan, menggunakan bahasa daerah, merupakan ciri-ciri dari teater ....
A transisi
B modern
C kontemporer
D tradisonal
E klasik

24. Menggunakan naskah tertulis, adanya sutradara, aktor, penataan artistic, pentas di gedung proscenium,merupakan ciri-ciri dari teater ....
A tradisional
B modern
C kontemporer
D transisi
E klasik

25. Tema cerita bersifat umum, tokoh wanita diperankan oleh pemain wanita. Penonton hanya kaum menengah dan kaum atasan. Gedung teater mencontoh gaya Italia, pertunjukan diselenggarakan di gedung  proscenium, terjadi komunikasi yang intim antara pemain dan penonton. Setting panggung bergambar bercorak umum, seperti  taman atau istana. Ini merupakan ciri teater pada zaman ....
A yunani
B romawi
C abad pertengan
D elizabethan
E restorasi

26. Kelompok teater pada masa penjajahan Jepang dikonsentrasikan untuk  mendukung  pemerintahan  totaliter Jepang.  Segala  daya  kreasi  seni  secara  sistematis  diarahkan untuk menyukseskan pemerintahan totaliter Jepang terjadi pada tahun ....
A 1940
B  1934
C  1930
D  1925
E  1920

27. Tempat persimpangan antara jalan pernafasan dan jalan makanan. Letak nya  terdapat di bawah dasar tengkorak di belakang rongga hidung dan mulut pada bagian depan ruas tulang leher adalah ....
A vertebrata
B kerongkongan
C servikalis
D rongga hidung
E tekak atau faring

28. Seorang pemeran perlu melatih indera pendengarannya karena hal ini sangat berguna untuk  kepekaan .... 
Apenciuman,pengecapan,suara
B suara,pengecapan,bunyi
C emosi,suara,bunyi
D penciuman,pengecapan,emosi
E emosi,pengecapan,bunyi

29. Urutan tahapan menulis teks role play sebagai bahan pelatihan peran yang benar adalah …. 
A  membuat kerangka cerita, menuliskan teks lakon,menentukan tema, menentukan persoalan, menentukan penyelesaian, menetukan tokoh, membuat sinopsis
B  membuat kerangka cerita, menentukan tema, membuat sinopsis, menentukan persoalan, menuliskan teks lakon,menentukan penyelesaian, menetukan tokoh
C menuliskan teks lakon, menentukan tema, membuat sinopsis, menentukan persoalan, menentukan penyelesaian, menetukan tokoh, membuat kerangka cerita
D  menentukan tema, menentukan persoalan, membuat sinopsis, menentukan kerangka cerita,menentukan tokoh, menentukan penyelesaian, menuliskan teks lakon
E  menentukan penyelesaian, menentukan persoalan, menentukan tema, menentukan tokoh,membuat sinopsis, membuat kerangka cerita, membuat tema

30. Menentukan teks lakon, menentukan tokoh, menentukan penyelesaian merupakan beberapa ciri dari role play ....
A mini kata
B spontanitas
C improvisasi
D teaterikal
E berbasis teks

31. Spontan, bebas, tidak formal, mengutamakan daya imajinasi, kreatifitas dan inovasi dari seorangpemeran berdasarkan ransangan yang diberikan, merupakan ciri dari role play ....
      A mini kata
B improvisasi
C spontanitas
D berbasis  teks
E teaterikal

32. Bahan alami yang berasal dari tumbuhan merupakan bahan yang sering digunakan untuk membuat busana. Salah satu contoh bahan alami yang digunakan orang-orang mesir pada zaman dahulu untuk diolah menjadi bahan busana adalah ....
A. Serat lidah mertua
B. Daun pisang
C. Serat flax
D. Kapas
E. serat rami

33. Salah satu contoh yang digunakan untuk menggambarkan orang-orang mesir pada zaman dahulu untuk diolah menjadi bahan busana adalah ....
A. serat rami
B. serat lidah mertua
C. kapas
D. daun pisang
E. serat flax

34. Mengenakan helaian-helaian kain dapat digunakan sebagai pengganti busana jadi melalui teknik….
A. Mendesain baru
B. Penggabungan
C. Produksi
D. Draping
E. Padu padan

35. Untuk membuat bibir terlihat lebih berkilau, salah satu teknik yang dapat digunakan adalah....
A Menggunakan foundation dan lip tint di bagian dalam bibir
B Menggunakan lipstick dengan warna-warna nude
C Mengoleskan lipgloss di seluruh permukaan bibir
D Menggunakan lip liner diluar garis bibir
E Menggunakan lip liner didalam garis bibir

36. Tahapan awal dalam menata busana dalam pementasan dengan teknik padu padan adalah……
A Fitting
B Styling
C Pressing
D Padu padan
E Persiapan alat dan bahan

37. Kelebihan dari menata busana dengan teknik drapery adalah sebagai berikut ini, kecuali...
A. Menghemat bahan
B. Tidak perlu membuat pola
C. Menghemat waktu
D. Busana yang dikenakan pas di badan
E. bentuk busana yang unik

38. Mengetahui jenis busana, model, warna, tekstur dan motif yang dibutuhkan merupakan hal penting dalam persiapan pementasan. Hal tersebut dilakukan dalam tahapan....
A. Analisis naskah
B. Pengenalan tubuh pemain
C. Diskusi dengan sutradara dan tim artistik
D. Desain ilustrasi busana
E. Produksi busana

39. Untuk membuat maket panggung, bahan yang digunakan sebagai material untuk dinding/tembok adalah....
A. Kertas Linen
B. Kertas mika
C. Chip board
D. Duplex
E. lem transparan

40. Untuk mempertegas suasana ruang dalam desain suatu panggung harus diberikan elemen….
A Bentuk
B Cahaya
C warna
D gelap terang
E Arah




pembahasan
27. E
28. C
29. D
30. B
31. B
32. E
33. A
34. D
35. C