21. Berikut ini merupakan nama para tokoh teater yang karyanya sering dipentaskan dengan gaya presentasional, kecuali ....
A Nasjah Djamin (Titik Hitam)
B Motinggo Boesje (Malam Jahanam)
C Arifin C Noer (Kapai – Kapai)
D Anton Chekov (Pinangan)
E Kirjomulyo (Penggali Intan)
22. Berikut ini merupakan nama para tokoh teater yang karyanya sering dipentaskan dengan gaya representasional adalah ....
A Anton Chekov (Pinangan)
B Sopokles (Oidipus)
C Moliere (Tartuff)
D Wiliam Shakespeare (Romeo and Juliet)
E Moliere (Tabib Gadungan)
23. Bermain di tempat terbuka, tidak menggunakan naskah, acting bersifat spontan, menggunakan bahasa daerah, merupakan ciri-ciri dari teater ....
A transisi
B modern
C kontemporer
D tradisonal
E klasik
24. Menggunakan naskah tertulis, adanya sutradara, aktor, penataan artistic, pentas di gedung proscenium,merupakan ciri-ciri dari teater ....
A tradisional
B modern
C kontemporer
D transisi
E klasik
25. Tema cerita bersifat umum, tokoh wanita diperankan oleh pemain wanita. Penonton hanya kaum menengah dan kaum atasan. Gedung teater mencontoh gaya Italia, pertunjukan diselenggarakan di gedung proscenium, terjadi komunikasi yang intim antara pemain dan penonton. Setting panggung bergambar bercorak umum, seperti taman atau istana. Ini merupakan ciri teater pada zaman ....
A yunani
B romawi
C abad pertengan
D elizabethan
E restorasi
26. Kelompok teater pada masa penjajahan Jepang dikonsentrasikan untuk mendukung pemerintahan totaliter Jepang. Segala daya kreasi seni secara sistematis diarahkan untuk menyukseskan pemerintahan totaliter Jepang terjadi pada tahun ....
A 1940
B 1934
C 1930
D 1925
E 1920
27. Tempat persimpangan antara jalan pernafasan dan jalan makanan. Letak nya terdapat di bawah dasar tengkorak di belakang rongga hidung dan mulut pada bagian depan ruas tulang leher adalah ....
A vertebrata
B kerongkongan
C servikalis
D rongga hidung
E tekak atau faring
28. Seorang pemeran perlu melatih indera pendengarannya karena hal ini sangat berguna untuk kepekaan ....
Apenciuman,pengecapan,suara
B suara,pengecapan,bunyi
C emosi,suara,bunyi
D penciuman,pengecapan,emosi
E emosi,pengecapan,bunyi
29. Urutan tahapan menulis teks role play sebagai bahan pelatihan peran yang benar adalah ….
A membuat kerangka cerita, menuliskan teks lakon,menentukan tema, menentukan persoalan, menentukan penyelesaian, menetukan tokoh, membuat sinopsis
B membuat kerangka cerita, menentukan tema, membuat sinopsis, menentukan persoalan, menuliskan teks lakon,menentukan penyelesaian, menetukan tokoh
C menuliskan teks lakon, menentukan tema, membuat sinopsis, menentukan persoalan, menentukan penyelesaian, menetukan tokoh, membuat kerangka cerita
D menentukan tema, menentukan persoalan, membuat sinopsis, menentukan kerangka cerita,menentukan tokoh, menentukan penyelesaian, menuliskan teks lakon
E menentukan penyelesaian, menentukan persoalan, menentukan tema, menentukan tokoh,membuat sinopsis, membuat kerangka cerita, membuat tema
30. Menentukan teks lakon, menentukan tokoh, menentukan penyelesaian merupakan beberapa ciri dari role play ....
A mini kata
B spontanitas
C improvisasi
D teaterikal
E berbasis teks
31. Spontan, bebas, tidak formal, mengutamakan daya imajinasi, kreatifitas dan inovasi dari seorangpemeran berdasarkan ransangan yang diberikan, merupakan ciri dari role play ....
A mini kata
B improvisasi
C spontanitas
D berbasis teks
E teaterikal
32. Bahan alami yang berasal dari tumbuhan merupakan bahan yang sering digunakan untuk membuat busana. Salah satu contoh bahan alami yang digunakan orang-orang mesir pada zaman dahulu untuk diolah menjadi bahan busana adalah ....
A. Serat lidah mertua
B. Daun pisang
C. Serat flax
D. Kapas
E. serat rami
33. Salah satu contoh yang digunakan untuk menggambarkan orang-orang mesir pada zaman dahulu untuk diolah menjadi bahan busana adalah ....
A. serat rami
B. serat lidah mertua
C. kapas
D. daun pisang
E. serat flax
34. Mengenakan helaian-helaian kain dapat digunakan sebagai pengganti busana jadi melalui teknik….
A. Mendesain baru
B. Penggabungan
C. Produksi
D. Draping
E. Padu padan
35. Untuk membuat bibir terlihat lebih berkilau, salah satu teknik yang dapat digunakan adalah....
A Menggunakan foundation dan lip tint di bagian dalam bibir
B Menggunakan lipstick dengan warna-warna nude
C Mengoleskan lipgloss di seluruh permukaan bibir
D Menggunakan lip liner diluar garis bibir
E Menggunakan lip liner didalam garis bibir
36. Tahapan awal dalam menata busana dalam pementasan dengan teknik padu padan adalah……
A Fitting
B Styling
C Pressing
D Padu padan
E Persiapan alat dan bahan
37. Kelebihan dari menata busana dengan teknik drapery adalah sebagai berikut ini, kecuali...
A. Menghemat bahan
B. Tidak perlu membuat pola
C. Menghemat waktu
D. Busana yang dikenakan pas di badan
E. bentuk busana yang unik
38. Mengetahui jenis busana, model, warna, tekstur dan motif yang dibutuhkan merupakan hal penting dalam persiapan pementasan. Hal tersebut dilakukan dalam tahapan....
A. Analisis naskah
B. Pengenalan tubuh pemain
C. Diskusi dengan sutradara dan tim artistik
D. Desain ilustrasi busana
E. Produksi busana
39. Untuk membuat maket panggung, bahan yang digunakan sebagai material untuk dinding/tembok adalah....
A. Kertas Linen
B. Kertas mika
C. Chip board
D. Duplex
E. lem transparan
40. Untuk mempertegas suasana ruang dalam desain suatu panggung harus diberikan elemen….
A Bentuk
B Cahaya
C warna
D gelap terang
E Arah
pembahasan
27. E
28. C
29. D
30. B
31. B
32. E
33. A
34. D
35. C
A Nasjah Djamin (Titik Hitam)
B Motinggo Boesje (Malam Jahanam)
C Arifin C Noer (Kapai – Kapai)
D Anton Chekov (Pinangan)
E Kirjomulyo (Penggali Intan)
22. Berikut ini merupakan nama para tokoh teater yang karyanya sering dipentaskan dengan gaya representasional adalah ....
A Anton Chekov (Pinangan)
B Sopokles (Oidipus)
C Moliere (Tartuff)
D Wiliam Shakespeare (Romeo and Juliet)
E Moliere (Tabib Gadungan)
23. Bermain di tempat terbuka, tidak menggunakan naskah, acting bersifat spontan, menggunakan bahasa daerah, merupakan ciri-ciri dari teater ....
A transisi
B modern
C kontemporer
D tradisonal
E klasik
24. Menggunakan naskah tertulis, adanya sutradara, aktor, penataan artistic, pentas di gedung proscenium,merupakan ciri-ciri dari teater ....
A tradisional
B modern
C kontemporer
D transisi
E klasik
25. Tema cerita bersifat umum, tokoh wanita diperankan oleh pemain wanita. Penonton hanya kaum menengah dan kaum atasan. Gedung teater mencontoh gaya Italia, pertunjukan diselenggarakan di gedung proscenium, terjadi komunikasi yang intim antara pemain dan penonton. Setting panggung bergambar bercorak umum, seperti taman atau istana. Ini merupakan ciri teater pada zaman ....
A yunani
B romawi
C abad pertengan
D elizabethan
E restorasi
26. Kelompok teater pada masa penjajahan Jepang dikonsentrasikan untuk mendukung pemerintahan totaliter Jepang. Segala daya kreasi seni secara sistematis diarahkan untuk menyukseskan pemerintahan totaliter Jepang terjadi pada tahun ....
A 1940
B 1934
C 1930
D 1925
E 1920
27. Tempat persimpangan antara jalan pernafasan dan jalan makanan. Letak nya terdapat di bawah dasar tengkorak di belakang rongga hidung dan mulut pada bagian depan ruas tulang leher adalah ....
A vertebrata
B kerongkongan
C servikalis
D rongga hidung
E tekak atau faring
28. Seorang pemeran perlu melatih indera pendengarannya karena hal ini sangat berguna untuk kepekaan ....
Apenciuman,pengecapan,suara
B suara,pengecapan,bunyi
C emosi,suara,bunyi
D penciuman,pengecapan,emosi
E emosi,pengecapan,bunyi
29. Urutan tahapan menulis teks role play sebagai bahan pelatihan peran yang benar adalah ….
A membuat kerangka cerita, menuliskan teks lakon,menentukan tema, menentukan persoalan, menentukan penyelesaian, menetukan tokoh, membuat sinopsis
B membuat kerangka cerita, menentukan tema, membuat sinopsis, menentukan persoalan, menuliskan teks lakon,menentukan penyelesaian, menetukan tokoh
C menuliskan teks lakon, menentukan tema, membuat sinopsis, menentukan persoalan, menentukan penyelesaian, menetukan tokoh, membuat kerangka cerita
D menentukan tema, menentukan persoalan, membuat sinopsis, menentukan kerangka cerita,menentukan tokoh, menentukan penyelesaian, menuliskan teks lakon
E menentukan penyelesaian, menentukan persoalan, menentukan tema, menentukan tokoh,membuat sinopsis, membuat kerangka cerita, membuat tema
30. Menentukan teks lakon, menentukan tokoh, menentukan penyelesaian merupakan beberapa ciri dari role play ....
A mini kata
B spontanitas
C improvisasi
D teaterikal
E berbasis teks
31. Spontan, bebas, tidak formal, mengutamakan daya imajinasi, kreatifitas dan inovasi dari seorangpemeran berdasarkan ransangan yang diberikan, merupakan ciri dari role play ....
A mini kata
B improvisasi
C spontanitas
D berbasis teks
E teaterikal
32. Bahan alami yang berasal dari tumbuhan merupakan bahan yang sering digunakan untuk membuat busana. Salah satu contoh bahan alami yang digunakan orang-orang mesir pada zaman dahulu untuk diolah menjadi bahan busana adalah ....
A. Serat lidah mertua
B. Daun pisang
C. Serat flax
D. Kapas
E. serat rami
33. Salah satu contoh yang digunakan untuk menggambarkan orang-orang mesir pada zaman dahulu untuk diolah menjadi bahan busana adalah ....
A. serat rami
B. serat lidah mertua
C. kapas
D. daun pisang
E. serat flax
34. Mengenakan helaian-helaian kain dapat digunakan sebagai pengganti busana jadi melalui teknik….
A. Mendesain baru
B. Penggabungan
C. Produksi
D. Draping
E. Padu padan
35. Untuk membuat bibir terlihat lebih berkilau, salah satu teknik yang dapat digunakan adalah....
A Menggunakan foundation dan lip tint di bagian dalam bibir
B Menggunakan lipstick dengan warna-warna nude
C Mengoleskan lipgloss di seluruh permukaan bibir
D Menggunakan lip liner diluar garis bibir
E Menggunakan lip liner didalam garis bibir
36. Tahapan awal dalam menata busana dalam pementasan dengan teknik padu padan adalah……
A Fitting
B Styling
C Pressing
D Padu padan
E Persiapan alat dan bahan
37. Kelebihan dari menata busana dengan teknik drapery adalah sebagai berikut ini, kecuali...
A. Menghemat bahan
B. Tidak perlu membuat pola
C. Menghemat waktu
D. Busana yang dikenakan pas di badan
E. bentuk busana yang unik
38. Mengetahui jenis busana, model, warna, tekstur dan motif yang dibutuhkan merupakan hal penting dalam persiapan pementasan. Hal tersebut dilakukan dalam tahapan....
A. Analisis naskah
B. Pengenalan tubuh pemain
C. Diskusi dengan sutradara dan tim artistik
D. Desain ilustrasi busana
E. Produksi busana
39. Untuk membuat maket panggung, bahan yang digunakan sebagai material untuk dinding/tembok adalah....
A. Kertas Linen
B. Kertas mika
C. Chip board
D. Duplex
E. lem transparan
40. Untuk mempertegas suasana ruang dalam desain suatu panggung harus diberikan elemen….
A Bentuk
B Cahaya
C warna
D gelap terang
E Arah
pembahasan
27. E
28. C
29. D
30. B
31. B
32. E
33. A
34. D
35. C