PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL SEJARAH NASIONAL INDONESIA kelas XI

PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL
TAHUN AJARAN 2017 - 2018
SEJARAH NASIONAL KELAS XI

A.        Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar !

1.        Mengapa rempah-rempah disebut sebagai harta yang menyamai emas bagi bangsa Eropa masa awal abad modern Eropa?
a.        Rempah-rempah merupakan bahan masakan yang sangat sedap.
b.       Rempah-rempah sebagai dasar ukuran kekayaan bangsawan Eropa.
c.        Rempah-rempah berkaitan dengan keberlangusungan hidup orang Eropa ketika menghadapi musim dingin.
d.       Rempah-rempah sebagai jamu yang disukai bagsa Eropa.
e.       Rempah-rempah sumber kesejahteraan bangsa Eropa.
2.        Latar belakang dan faktor pendorong kedatangan bangsa Eropa ke Asia adalah sebagai berikut, kecuali........
a.      Keinginan menemukan daerah asal rempah-rempah
b.      Runtuhnya Konstantinopel ke tangan bangsa Turki Ottoman yang menyebabkan terputusnya hubungan dagang Asia-Eropa
c.       Keinginan membuktikan teori Copernicus bahwa bumi itu bulat
d.      Penemuan mesin uap oleh Jamess Watt
e.      Rasa tertarik terhdap kisah perjalanan Marcopolo yang tertulis dalam buku Imago Mundi
3.        Salah satu faktor pendorong terjadinya kolonialisme ke dunia timur yaitu adanya paham ekonomi yang bertujuan untuk memperkaya negaranya sendiri dengan cara menimbun emas dan perak yaitu .....
a.      Imperialisme
b.     Komunisme
c.      Merkantilisme
d.     Sosialisme
e.     Monopoli
4.        Pasca kemenangan Portugis di Malaka, Alfonso de Albuquerque melanjutkan aksinya dengan mengirimkan armadanya menuju ke tiga wilayah, yaitu ke Maluku, Sunda kalapa, dan Nusa Tenggara Timur. Berikut merupakan alasan misi pengirman tersebut, kecuali…..
a.       Meluaskan jaringan perdagangan rempah-rempah.
b.      Menciptakan peluang yang lebih banyak bagi kegiatan monopoli rempah-rempah.
c.       Menjalin kerjasama dalam bidang perdagangan rempah-rempah di ketiga tempat tersebut.
d.      Mendapatkan lebih banyak pasokan rempah-rempah dengan harga murah.
e.      Menjalin kerjasama yang menguntungkan atas dasar ekonomi keluarga.
5.        Bukti pengaruh Portugis dalam bidang agama adalah…
a.       Menyebarnya agama katholik di Indonesia khusunya Maluku.
b.       Banyaknya penganut Hindu Budha di Jawa tengah.
c.        Mayoritas penduduk Indonesia menjadi pemeluk islam.
d.       Terdapatnya agama Konghucu
e.       Nenek moyang mengenal animisme
6.        Bukti pengaruh Portugis dalam bidang bahasa adalah……
a.        Portugis menjadikan rakyat pribumi meninggalkan bahasa lokal.
b.        Portugis mempengaruhi rakyat lokal untuk menggunakan bahasa Portugis dalam kehidupan sehari-hari.
c.         Sangat banyak kata Indonesia yang diserap dari bahasa Portugis seperti kata Fiesta=Pesta, Franco=perangko,dsb.
d.        Munculnya nama Batavia.
e.        Munculnya banyak kamus bahasa Portugis.
7.        Perhatikan tabel berikut !
No
Keterangan
1
Mengangkat dan memberhentikan pegawai
2
Mengeluarkan dan mencetak uang
3
Menyatakan perang dan damai
4
Mendirikan negara merdeka
5
Memiliki kepala negara sendiri

Agar leluasa melaksanakan tugasnya, pemerintah kolonial Belanda memberikan hak istimewa kepada VOC, yaitu ........
a.      1, 2, 3                                                                    d. 3, 5, 1
b.     1, 3                                                                                         e. 4, 5
c.      2, 4
8.        Cara Belanda untuk menjadikan tanah jajahannya menjadi tanah airnya yang kedua yaitu .....
a.      Mengirimkan rakyat Belanda sebanyak mungkin ke Indonesia
b.     Pembuatan gedung-gedung bertingkat
c.      Diangkat seorang gubernur jenderal di daerah jajahan
d.     Menanam tanaman yang laku dijual di Eropa
e.     Perkawinan campuran antar orang Belanda dengan pribumi
9.        Tokoh Belanda yang berhasil mempelajari adat dan kebiasaan umat Muslim di Aceh dalam misinya menumpas perlawanan sengit rakyat Aceh di awal abad ke-20 ialah …
a.    Jenderal Van Swieten
b.    Kapten Christoffle
c.    Residen Liman Pietersen
d.    Jenderal Van Heutz
e.    Dr. Snouck Hurgronje
10.     Perhatikan data berikut !
1)    Kejayaan masa lalu
2)    Penderitaan dan kesengsaraan akibat imperialisme
3)    Munculnya golongan terpelajar
4)    Kemenangan Jepang atas Rusia (1905)
5)    Gerakan nasionalisme bangsa Asia-Afrika
Faktor intern yang menyebabkan lahir dan berkembangnya nasionalisme
Indonesia ditunjukkan oleh nomor …
a.    1, 2, 3    d.    2, 4, 5
b.    1, 3, 5    e.    3, 4, 5
c.    2, 3, 4
11.     Kemenangan Jepang atas Rusia tahun 1905 berakibat besar bagi bangsa-bangsa di Asia, karena….
a.    Bangkitnya rasa harga diri dari orang Asia, sehingga menimbulkan kesadaraan nasional
b.    Modenisasi Asia oleh Jepang
c.    Merajalelanya imperialisme Jepang ke seluruh Asia
d.    Jepang menjadi pemimpin Asia untuk mengusir penjajahan Barat
e.    Menghambat komunisme ke Asia Tenggara
12.     Munculnya sekolah-sekolah yang melahirkan kaum terpelajar di Hindia-Belanda merupakan dampak dari diberlakukannya kebijakan Politik Etis dalam bidang …
a.    Irigasi    d.    Edukasi
b.    Politik    e.    Budaya
c.    Kependudukan
13.     Dampak penjajahan bangsa Eropa bagi bangsa Indonesia di bidang sosial, kecuali ......
a.        Muncul golongan buruh dan majikan karena berdirinya pabrik-pabrik dan perusahaan
b.        Munculnya kaum elite yaitu golongan terpelajar karena tuntutan memenuhi pegawai pemerintah
c.         Terjadinya mobilitas sosial dengan adanya transmigrasi untuk memenuhi tenaga perkebunan
d.        Adanya perubahan sosial sosial dalam masyarakat masa kolonial
e.        Perubahan fokus perekonomian dari pertanian menjadi perkebunan dan industri perkebunan.
14.     Buku karya Douwes Dekker yang berisi tentang kisah Saijah dan Adinda, banyaknya petani yang menjadi korban Tanam Paksa di Lebak, Banten berjudul .....
a.      Max Havelaar
b.     Eure Schuld
c.      Als ik en Nederlander Was
d.     From dark to light
e.     Indonesia Menggunggat
15.     Organisasi pergerakan nasional yang berkonsep pada dunia pendidikan adalah .....
a.      Sarekat Dagang Islam
b.     Sarekat Islam
c.      Boedi Oetomo
d.     Partai Nasional Indonesia
e.     Indische Partij
16.     Berikut ini yang bukan merupakan penyebab perlawanan rakyat Maluku yang dipimpin Pattimura terhadap Belanda adalah ....
a.       Belanda kembali memberlakukan kerja wajib dan pajak kepada rakyat Maluku
b.      Belanda mengeluarkan uang kertas sebagai pengganti uang logam yang sudah berlaku di Maluku
c.       Belanda menggerakkan rakyat Maluku untuk menjadi tentara Belanda
d.      Belanda kembali menggunakan kebijakan penarikan pajak wajib bagi rakyat Maluku
e.      Belanda memaksa rakyat Maluku memeluk agama Kristen

17.     Pelaksanaan politik etis di Indonesia terdiri dari tiga program utama, yaitu ....
a.       irigasi, migrasi, dan yudikasi
b.      irigasi, yudikasi, dan edukasi
c.       iegislasi, yudikasi, dan edukasi
d.      irigasi, migrasi, dan edukasi
e.      legislasi, migrasi, dan edukasi
18.     Salah satu tujuan didirikannya Budi Utomo adalah ....
a.       Jawa terbebas dari penjajahan Belanda
b.      agar STOVIA menjadi lebih maju
c.       Belanda memajukan pendidikan Jawa
d.      Keberanian rakyat Indonesia meningkat
e.      Memajukan pendidikan dan pengajaran rakyat Indonesia
19.     Politik etis melahirkan pemuda-pemuda terpelajar yang bersekolah di berbagai jenjang seperti STOVIA. Para pemuda STOVIA yang kemudian membentuk organisasi pergerakan pertama di Indonesia, yaitu ....
a.       Boedi Oetomo
b.      Sarekat Islam
c.       Indische Partij
d.      Perhimpunan Indonesia
e.      Trikoro Dharmo
20.     Berikut ini yang merupakan sebab khusus pecahnya Perang Diponegoro adalah ....
a.       Rakyat Yogyakarta dihasut oleh para Bupati untuk memihak penjajah Belanda
b.      Belanda memasang patok untuk jalan yang melewati makam leluhur Diponegoro
c.       Pangeran Diponegoro tidak menyukai tingkah laku Belanda
d.      Pangeran Diponegoro bertikai dengan Sentot Prawirodirdjo
e.      campur tangan Belanda dalam urusan Keraton Yogyakarta
21.     Faktor-faktor yang membuat Belanda berhasil menggunakan politik devide et impera dalam melawan rakyat Indonesia adalah sebagai berikut, kecuali ....
a.       rakyat Indonesia tidak menyadari arti penting persatuan
b.      rakyat Indonesia kurang mendapat akses pendidikan
c.       rakyat Indonesia mudah dihasut oleh masalah dari dalam negeri
d.      nyali rakyat Indonesia melawan Belanda sangat rapuh
e.      pengaruh politik dan taktik Belanda tertanam begitu kuat terhadap penguasa setempat
22.      Kebijakan VOC yang berisi bahwa penebangan pohon secara paksa dengan tujuan agar harga komoditi lebih stabil disebut ....
a.       Sidak nusantara
b.       Hak monopoli
c.        Ekstirpasi
d.       Verplichte Leverantien
e.        Pelayaran hongi
23.     Semboyan 3G yang dikemukakan oleh pelaut Eropa mengandung arti, yaitu ….
a.       gold, glory, dan gospel
b.      gold, glory, dan good
c.       god, glory, dan gospel
d.      god, glory, dan gold
e.      glory, gospel, dan gun
24.     Pelaut Belanda yang mencoba berlayar untuk mencari tanah Hindia melalui daerah kutub utara dan meninggal karena cuaca ekstrim adalah ….
a.       Vasco da Gama
b.      Bartholomeus Diaz
c.       Barents
d.      Cornelis de Houtman
e.      Pieter de Keyser
25.     Bangsa yang pertama kali berhasil merintis jalan laut menuju Nusantara adalah ….
a.       Belanda dan Inggris
b.      Perancis dan Inggris
c.       Inggris dan Portugis
d.      Portugis dan Spanyol

e.      Spanyol dan Belanda



1
C
11
A
21
D
2
D
12
D
22
C
3
C
13
E
23
A
4
E
14
A
24
D
5
A
15
C
25
D