PENILAIAN
AKHIR SEMESTER GANJIL
TAHUN
AJARAN 2017 - 2018
SEJARAH
NASIONAL KELAS XI
A.
Jawablah pertanyaan
di bawah ini dengan benar !
1.
Mengapa
rempah-rempah disebut sebagai harta yang menyamai emas bagi bangsa Eropa masa
awal abad modern Eropa?
a.
Rempah-rempah
merupakan bahan masakan yang
sangat sedap.
b. Rempah-rempah sebagai dasar ukuran kekayaan
bangsawan Eropa.
c.
Rempah-rempah
berkaitan dengan keberlangusungan hidup orang Eropa ketika menghadapi musim
dingin.
d. Rempah-rempah sebagai jamu yang disukai bagsa
Eropa.
e. Rempah-rempah sumber kesejahteraan bangsa Eropa.
2.
Latar
belakang dan faktor pendorong kedatangan bangsa Eropa ke Asia adalah sebagai
berikut, kecuali........
a.
Keinginan
menemukan daerah asal rempah-rempah
b.
Runtuhnya
Konstantinopel ke tangan bangsa Turki Ottoman yang menyebabkan terputusnya
hubungan dagang Asia-Eropa
c.
Keinginan
membuktikan teori Copernicus bahwa bumi itu bulat
d.
Penemuan
mesin uap oleh Jamess Watt
e.
Rasa
tertarik terhdap kisah perjalanan Marcopolo yang tertulis dalam buku Imago
Mundi
3.
Salah
satu faktor pendorong terjadinya kolonialisme ke dunia timur yaitu adanya paham
ekonomi yang bertujuan untuk memperkaya negaranya sendiri dengan cara menimbun
emas dan perak yaitu .....
a. Imperialisme
b. Komunisme
c. Merkantilisme
d. Sosialisme
e. Monopoli
4.
Pasca
kemenangan Portugis di Malaka, Alfonso de Albuquerque melanjutkan aksinya
dengan mengirimkan armadanya menuju ke tiga wilayah, yaitu ke Maluku, Sunda
kalapa, dan Nusa Tenggara Timur. Berikut merupakan alasan misi pengirman
tersebut, kecuali…..
a. Meluaskan jaringan perdagangan rempah-rempah.
b. Menciptakan peluang yang lebih banyak bagi
kegiatan monopoli rempah-rempah.
c. Menjalin kerjasama dalam bidang perdagangan
rempah-rempah di ketiga tempat tersebut.
d. Mendapatkan lebih banyak pasokan rempah-rempah
dengan harga murah.
e. Menjalin kerjasama yang menguntungkan atas dasar
ekonomi keluarga.
5.
Bukti
pengaruh Portugis dalam bidang agama adalah…
a. Menyebarnya agama katholik di Indonesia khusunya
Maluku.
b. Banyaknya penganut Hindu Budha di Jawa tengah.
c.
Mayoritas
penduduk Indonesia menjadi pemeluk islam.
d. Terdapatnya agama Konghucu
e.
Nenek
moyang mengenal animisme
6.
Bukti
pengaruh Portugis dalam bidang bahasa adalah……
a.
Portugis
menjadikan rakyat pribumi meninggalkan bahasa lokal.
b.
Portugis
mempengaruhi rakyat lokal untuk menggunakan bahasa Portugis dalam kehidupan
sehari-hari.
c.
Sangat
banyak kata Indonesia yang diserap dari bahasa Portugis seperti kata
Fiesta=Pesta, Franco=perangko,dsb.
d.
Munculnya
nama Batavia.
e.
Munculnya
banyak kamus bahasa Portugis.
7.
Perhatikan
tabel berikut !
No
|
Keterangan
|
1
|
Mengangkat dan memberhentikan pegawai
|
2
|
Mengeluarkan dan mencetak uang
|
3
|
Menyatakan perang dan damai
|
4
|
Mendirikan negara merdeka
|
5
|
Memiliki kepala negara sendiri
|
Agar leluasa melaksanakan tugasnya, pemerintah kolonial
Belanda memberikan hak istimewa kepada VOC, yaitu ........
a. 1, 2, 3 d.
3, 5, 1
b. 1, 3 e. 4, 5
c. 2, 4
8.
Cara
Belanda untuk menjadikan tanah jajahannya menjadi tanah airnya yang kedua yaitu
.....
a. Mengirimkan rakyat Belanda sebanyak mungkin ke
Indonesia
b. Pembuatan gedung-gedung bertingkat
c. Diangkat seorang gubernur jenderal di daerah
jajahan
d. Menanam tanaman yang laku dijual di Eropa
e. Perkawinan campuran antar orang Belanda dengan
pribumi
9.
Tokoh
Belanda yang berhasil mempelajari adat dan kebiasaan
umat Muslim di Aceh dalam misinya menumpas perlawanan sengit rakyat Aceh di
awal abad ke-20 ialah …
a. Jenderal Van Swieten
b. Kapten Christoffle
c. Residen Liman Pietersen
d. Jenderal Van Heutz
e. Dr. Snouck Hurgronje
a. Jenderal Van Swieten
b. Kapten Christoffle
c. Residen Liman Pietersen
d. Jenderal Van Heutz
e. Dr. Snouck Hurgronje
10. Perhatikan data berikut !
1) Kejayaan masa lalu
2) Penderitaan dan kesengsaraan akibat imperialisme
3) Munculnya golongan terpelajar
4) Kemenangan Jepang atas Rusia (1905)
5) Gerakan nasionalisme bangsa Asia-Afrika
Faktor intern yang menyebabkan lahir dan berkembangnya nasionalisme Indonesia ditunjukkan oleh nomor …
a. 1, 2, 3 d. 2, 4, 5
b. 1, 3, 5 e. 3, 4, 5
c. 2, 3, 4
1) Kejayaan masa lalu
2) Penderitaan dan kesengsaraan akibat imperialisme
3) Munculnya golongan terpelajar
4) Kemenangan Jepang atas Rusia (1905)
5) Gerakan nasionalisme bangsa Asia-Afrika
Faktor intern yang menyebabkan lahir dan berkembangnya nasionalisme Indonesia ditunjukkan oleh nomor …
a. 1, 2, 3 d. 2, 4, 5
b. 1, 3, 5 e. 3, 4, 5
c. 2, 3, 4
11. Kemenangan Jepang atas Rusia
tahun 1905 berakibat besar bagi bangsa-bangsa di Asia, karena….
a. Bangkitnya rasa harga diri dari orang Asia, sehingga menimbulkan kesadaraan nasional
b. Modenisasi Asia oleh Jepang
c. Merajalelanya imperialisme Jepang ke seluruh Asia
d. Jepang menjadi pemimpin Asia untuk mengusir penjajahan Barat
e. Menghambat komunisme ke Asia Tenggara
a. Bangkitnya rasa harga diri dari orang Asia, sehingga menimbulkan kesadaraan nasional
b. Modenisasi Asia oleh Jepang
c. Merajalelanya imperialisme Jepang ke seluruh Asia
d. Jepang menjadi pemimpin Asia untuk mengusir penjajahan Barat
e. Menghambat komunisme ke Asia Tenggara
12. Munculnya sekolah-sekolah yang
melahirkan kaum terpelajar di Hindia-Belanda merupakan dampak dari
diberlakukannya kebijakan Politik Etis dalam bidang …
a. Irigasi d. Edukasi
b. Politik e. Budaya
c. Kependudukan
a. Irigasi d. Edukasi
b. Politik e. Budaya
c. Kependudukan
13. Dampak penjajahan bangsa Eropa
bagi bangsa Indonesia di bidang sosial, kecuali ......
a.
Muncul golongan buruh dan majikan karena berdirinya
pabrik-pabrik dan perusahaan
b.
Munculnya kaum elite yaitu golongan terpelajar karena
tuntutan memenuhi pegawai pemerintah
c.
Terjadinya mobilitas sosial dengan adanya transmigrasi
untuk memenuhi tenaga perkebunan
d.
Adanya perubahan sosial sosial dalam masyarakat masa
kolonial
e.
Perubahan fokus perekonomian dari pertanian menjadi
perkebunan dan industri perkebunan.
14. Buku karya Douwes Dekker yang
berisi tentang kisah Saijah dan Adinda, banyaknya petani yang menjadi korban
Tanam Paksa di Lebak, Banten berjudul .....
a. Max Havelaar
b. Eure Schuld
c. Als ik en Nederlander Was
d. From dark to light
e. Indonesia Menggunggat
15. Organisasi pergerakan nasional
yang berkonsep pada dunia pendidikan adalah .....
a. Sarekat Dagang Islam
b. Sarekat Islam
c. Boedi Oetomo
d. Partai Nasional Indonesia
e. Indische Partij
16.
Berikut ini yang bukan merupakan penyebab
perlawanan rakyat Maluku yang dipimpin Pattimura terhadap Belanda adalah ....
a.
Belanda kembali memberlakukan kerja wajib dan pajak
kepada rakyat Maluku
b.
Belanda mengeluarkan uang kertas sebagai pengganti
uang logam yang sudah berlaku di Maluku
c.
Belanda menggerakkan rakyat Maluku untuk menjadi
tentara Belanda
d.
Belanda kembali menggunakan kebijakan penarikan pajak
wajib bagi rakyat Maluku
e.
Belanda memaksa rakyat Maluku memeluk agama Kristen
17.
Pelaksanaan politik etis di Indonesia terdiri dari
tiga program utama, yaitu ....
a.
irigasi, migrasi, dan yudikasi
b.
irigasi, yudikasi, dan edukasi
c.
iegislasi, yudikasi, dan edukasi
d.
irigasi, migrasi, dan edukasi
e.
legislasi, migrasi, dan edukasi
18.
Salah satu tujuan didirikannya Budi Utomo adalah ....
a.
Jawa terbebas dari penjajahan Belanda
b.
agar STOVIA menjadi lebih maju
c.
Belanda memajukan pendidikan Jawa
d.
Keberanian rakyat Indonesia meningkat
e.
Memajukan pendidikan dan pengajaran rakyat Indonesia
19.
Politik etis melahirkan pemuda-pemuda terpelajar yang
bersekolah di berbagai jenjang seperti STOVIA. Para pemuda STOVIA yang kemudian
membentuk organisasi pergerakan pertama di Indonesia, yaitu ....
a.
Boedi Oetomo
b.
Sarekat Islam
c.
Indische Partij
d.
Perhimpunan Indonesia
e.
Trikoro Dharmo
20.
Berikut ini yang merupakan sebab khusus pecahnya
Perang Diponegoro adalah ....
a.
Rakyat Yogyakarta dihasut oleh para Bupati untuk memihak penjajah Belanda
b.
Belanda memasang patok untuk jalan yang melewati makam
leluhur Diponegoro
c.
Pangeran Diponegoro tidak menyukai tingkah laku
Belanda
d.
Pangeran Diponegoro bertikai dengan Sentot
Prawirodirdjo
e.
campur tangan Belanda dalam urusan Keraton Yogyakarta
21. Faktor-faktor yang membuat Belanda berhasil
menggunakan politik devide et impera dalam
melawan rakyat Indonesia adalah sebagai berikut, kecuali ....
a. rakyat Indonesia tidak menyadari arti penting
persatuan
b. rakyat Indonesia kurang mendapat akses pendidikan
c. rakyat Indonesia mudah dihasut oleh masalah dari
dalam negeri
d. nyali rakyat Indonesia melawan Belanda sangat
rapuh
e. pengaruh politik dan taktik Belanda tertanam
begitu kuat terhadap penguasa setempat
22. Kebijakan VOC yang berisi bahwa penebangan pohon secara paksa dengan tujuan
agar harga komoditi lebih stabil disebut ....
a. Sidak
nusantara
b. Hak
monopoli
c.
Ekstirpasi
d. Verplichte Leverantien
e.
Pelayaran hongi
23. Semboyan 3G
yang dikemukakan oleh pelaut Eropa mengandung arti, yaitu ….
a. gold, glory, dan gospel
b. gold, glory, dan good
c. god, glory, dan gospel
d. god, glory, dan gold
e. glory, gospel, dan gun
24. Pelaut Belanda yang mencoba berlayar untuk
mencari tanah Hindia melalui daerah kutub utara dan meninggal karena cuaca
ekstrim adalah ….
a. Vasco da Gama
b. Bartholomeus Diaz
c. Barents
d. Cornelis de Houtman
e. Pieter de Keyser
25. Bangsa yang pertama kali berhasil merintis jalan
laut menuju Nusantara adalah ….
a. Belanda dan Inggris
b. Perancis dan Inggris
c. Inggris dan Portugis
d. Portugis dan Spanyol
e. Spanyol dan Belanda
1
|
C
|
11
|
A
|
21
|
D
|
2
|
D
|
12
|
D
|
22
|
C
|
3
|
C
|
13
|
E
|
23
|
A
|
4
|
E
|
14
|
A
|
24
|
D
|
5
|
A
|
15
|
C
|
25
|
D
|