1. Setiap
besaran fisika selalu dapat diukur dan hasilnya dapat dinyatakan dengan angka.
Pernyataan ini merupakan salah satu karakteristik Fisika, yaitu ...
a. kuantitatif d. progresif
b. kualitatif e. prediktif
c. preventif
2. Cabang
ilmu fisika yang mempelajari gerak tanpa mempedulikan penyebab terjadinya gerak
itu adalah...
a. hidrostatika d. dinamika
b. kinematika e. statika
c. mekanika
3. Sikap
kritis, teliti, hasrat ingin tahu, dan disiplin harus menjadi budaya di
sekolah. Hal ini sesuai dengan salah satu produk sains yaitu...
a. teori ilmiah d. Metode ilmiah
b. sikap ilmiah e. Prinsip dan teori
ilmiah
c. produk ilmiah
4. Karakter
jujur harus terus dikembangkan oleh setiap siswa. Jujur merupakan salah satu
dari...
a. teori ilmiah d. Sikap manusia
b. sikap ilmiah e. Hasil pembiasaan
c. produk ilmiah
5. Tahapan
paling awal dalam metode ilmiah adalah...
a. merumuskan kesimpulan awal
b. merumuskan hipotesis
c. merumuskan masalah
d. melakukan observasi
e. mencari data
6. Tekanan
yang diberikan oleh zat cair dalam ruang tertutup akan diteruskan ke segala
arah dengan sama rata. Pernyataan ini merupakan...
a. hukum d. teori
b. prinsip e. teorema
c. azas
7. Besaran
berikut ini yang diturunkan dari besaran panjang dan besaran waktu adalah...
a. luas d. Massa jenis
b. kelajuan e. Periode getaran
c. frekuensi
8. Daya
didefinisikan sebagai usaha yang dilakukan per satuan waktu. Dengan demikian,
satuan daya adalah...
a. kg.m.s-3 d.
Kg.m2.s-2
b. kg.m.s-2 e.
Kg.m2.s-3
c. kg.m2.s-1
9. Ubahlah
0,000152 m menjadi notasi ilmiah...
a. 1,52 x 10-5 d.
1,52 x 10-2
b. 1,52 x 10-4 e. 1,52 x
10-1
c. 1,52 x 10-3
10. Sebuah
persegi panjang dengan sisi 15 cm. Luas persegi tersebut sesuai dengan jumlah
angka penting adalah...
a. 225 cm d. 22,5 x 101
cm
b. 2,25 x 102 cm e.
2,25 x 102 cm
c. 2,3 x 102 cm
11. Gambar dibawah menunjukan sebuah batang logam
yang ketebalannya diukur menggunakan sebuah jangka sorong. Ketebalan batang
logam adalah ....
a.
(1,6 ± 0,1 ) mm
b.
(2,4 ± 0,1 ) mm
c.
(4,40 ± 0,05 ) mm
d.
(2,6 ± 0,1 ) mm
e.
(2,60 ± 0,05 ) mm
12. Sebuah
mikrometer sekrup digunakan untuk mengukur garis tengah bola yang kecil. Hasil
pengukurannya adalah …
a.
4,70 mm
b.
4,20 mm
c.
3,70 mm
d.
2,52 mm
e.
2,20 mm
13. Resultan
vektor A = 12 N dan vektor B = 5 N yang membentuk sudut 900
adalah...
a. 13 N d.
16 N
b. 14 N e.
17 N
c. 15 N
14. Dua
vektor gaya sama besar, yaitu P. Jika resultan kedua vektor tersebut juga
bernilai P maka sudut antara kedua vektor tersebut adalah
...
a. 00 d. 900
b. 450 e. 1200
c. 600
15. Dua buah
vektor kecepatan yang
nilainya masing-masing 5 m/s
dan 10 m/s memiliki
titik tangkap yang sama dan mengapit sudut
Maka nilai resultan
kedua vektor
tersebut adalah ....m/s
a. 5 d. 3
b.
7 e. 5
c. 5
16. Dua
vektor A dan B besarnya sama. Besar resultan kedua vektor ini sama dengan besar
vektor A maupun B. Sudut apit antara A dan B adalah...
a. 00 d. 900
b. 300 e. 1200
c. 600
17. Dua
vektor masing-masing besarnya 3 satuan dan 7 satuan. Agar resultan berharga
minimum, sudut antara kedua vektor ini adalah...
a. 1800 d. 600
b. 1200 e. 00
c. 900
18. Seorang
anak berjalan lurus 2 m ke barat, kemudian berbelok ke selatan sejauh 6 m, dan
berbelok lagi ke timur sejauh 10 m. Perpindahan anak diukur dari posisi awal
adalah...
a. 18 m d. 6 m
b. 14 m e.
2 m
c. 10 m
19. Sebuah
benda bergerak menurut persamaan kedudukan x = 20 + 4t2 dengan x
dalam m dan t dalam sekon. Kecepatan rata-rata pada selang waktu antara t = 2 s
dan t = 5 s adalah...
a. 40 m/s d. 16 m/s
b. 28 m/s e. 8 m/s
c. 20 m/s
20. Untuk
gerak jatuh bebas, berlaku...
a. kecepatan dan
percepatan tetap
b. kecepatan nol dan
percepatan tetap
c. kecepatan tetap dan
percepatan nol
d. kecepatan bertambah
dan percepatan
e. kecepatan bertambah
dan percepatan tetap
21. Benda
yang bergerak lurus beraturan mempunyai...
a. kecepatan dan
percepatan nol
b. kecepatan dan
percepatan tetap
c. kecepatan tetap dan
percepatan tetap
d. kecepatan tetap dan
percepatan nol
e. kecepatan awal nol
dan percepatan tetap
22. Sebuah
benda bergerak lurus berubah beraturan menurut persamaan x = 2t2 +
4t -5 dengan x dalam meter dan t dalam sekon. Kecepatan benda setelah bergerak
selama 1 sekon adalah...
a. 8 m/s d. 2 m/s
b. 5 m/s e. 1 m/s
c. 4 m/s
23. Sebuah
bola di lempar vertical ke atas dengan kecepatan awal 15 m/s, jika g = 10 m/s2,
berapa ketinggian bola tersebut ketika kecepatannya 5 m/s?
a. 5 m
b. 10 m
c. 15 m
d. 20 m
e. 25 m
24. Dua
buah roda A dan B saling bersinggungan. Masing-masing memiliki jari-jari 2 m
dan 4 m. Jika kecepatan sudut roda A adalah 12 rad/s maka kecepatan linear roda
B adalah … m/s.
a. 6
b. 12
c. 18
d. 24
e. 30
25. Seorang
anak berlari sambil menarik kereta mainannya. Gaya yang menyebabkan anak
tersebut maju ke depan adalah gaya yang dilakukan oleh...
a. anak pada kereta
mainan
b. kereta mainan pada
anak
c. anak pada lantai
d. lantai pada anak
e. gravitasi bumi
26. Diketahui
sebuah benda yang bergerak lurus beraturan diberi gaya dari depan sebesar 10 N
dan diberi gaya dari belakang 10 N. Maka yang terjadi pada benda tersebut
adalah...
a. bergerak maju mundur
b. diam ditempat
c. tetap bergerak lurus beraturan
d. bergerak dipercepat
e. bergerak diperlambat
27. Sebuah
mobil massanya 5 ton dari keadaan diam bergerak hingga 50 sekon, mencapai kecepatan
72 km/jam. Gaya pada mobil tersebut adalah...
a. 200 N c. 2.500 N e. 5.000 N
b. 2000 N d. 4.000 N
28. Seorang
anak bermassa 80 kg berada di lift. Jika percepatan gravitasi bumi 10 m/s2
maka berat anak itu di dalam lift ketika lift bergerak ke atas dengan
percepatan 2 m/s2 adalah...
a. 80 N c. 640 N e. 960 N
b. 160 N d. 800 N
29. Suatu
balok bermassa 5 kg berada di atas lantai licin. Gaya berat dan gaya normal
yang bekerja pada balok jika percepatan gravitasi bumi 10 m/s2
adalah...
a. 50 N c. 300 N e. 600 N
b. 150 N d. 450 N
30. Benda
A dan B terletak di atas lantai licin. Massa benda A tiga kali massa benda B.
Jika pada kedua benda bekerja gaya mendatar yang sama maka perbandingan
percepatan antara benda A dan benda B adalah...
a. 1 : 6 c. 1 : 1 e. 1 : 4
b. 1 : 3 d. 2 : 3
7.
|
B
|
13.
|
A
|
19.
|
E
|
8.
|
A
|
14.
|
A
|
20.
|
E
|
9.
|
B
|
15.
|
E
|
21.
|
D
|
10.
|
C
|
16.
|
A
|
22.
|
C
|
11.
|
E
|
17.
|
C
|
23.
|
B
|
12.
|
B
|
18.
|
C
|
24.
|
D
|