SOAL
ANCHOR UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL
SEKOLAH MENENGAH
KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
KURIKULUM
2013 TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Mata
Pelajaran : Dasar-dasar
Administrasi
IPK |
No. |
Ujian Utama |
Ujian
Susulan |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Menerangkan
bentuk-bentuk surat |
1.
|
Perhatikan
bagian penutup surat dinas yang diacak! 1.
Nama
jabatan penanda tangan 2.
Tembusan 3.
Tanda
tangan 4.
Nama
pejabat beserta NIP jika ada 5.
Inisial Dari
data di atas urutkan bagian penutup surat dinas : A.
1,2,3,5,4 B.
2,4,5,1,3 C. 1,3,4,2,5 D.
2,1,4,5,3 E.
2,1,3,5,4 |
Perbedaan antara bentuk surat lurus penuh (full block style) dan
bentuk surat lurus (block style) terletak pada….. A. Penempatan tanggal, salam penutup, nama organisasi/perusahaan, nama
penanda tangan, dan jabatan penanda tangan yang di ketik di sebelah kiri B. Baris pertama setiap alinea diketik sebelah kiri, kemudian baris
berikutnya di ketik menjorok lima spasi sampai pergantian alinea C. Penulisan alamat, surat diletakkan sebelah kiri beberapa spasi di
bawah perihal, tapi tidak sejajar dengan perihal. D. Penulisan alamat tujuan yang bergerigi E. Penempatan tanggal, salam penutup, nama
organisasi/perusahaan, nama penanda tangan, dan jabatan penanda tangan yang
diketik di sebelah kanan kertas |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Menerapkan internet untuk
kegiatan rapat (teleconference) |
2.
|
Perhatikan berikut ini, langkah-langkah menggunakan teleconference yang
diacak! 1.
Pilih
software Microsoft
Visual C# 2005 2.
Untuk
memilih IP address, user dapat mengklik combo box dan memilih IP yang
terdapat pada komputer. 3.
User
harus memilih jenis IP yang akan digunakan (IPv4 atau IPv6) dengan memilih
radio button 4.
Jika
user diperbolehkan untuk bergabung ke dalam konferensi, akan muncul form set
destination IP and port. Setelah user mengisi alamat IP dan nomor port, user
akan tergabung ke dalam konferensi 5.
Setelah
itu, user menekan tombol centang yang ada di kanan bawah. Langkah-langkah
menggunakan teleconference yang benar adalah .... A.
1,2,3,4,5 B. 1,3,2,5,4 C.
1,2,3,5,4 D.
1,2,5,4,3 E.
1,5,4,3,2 |
Perhatikan
uraian di bawah ini, 1.
Tekan tombol seleksi saluran yang dimaksud 2.
Tekan tombol pemanggil yaitu tombol “C” sehingga terdengar nada
panggil tuut-tuut 3.
Angkat gagang telepon 4.
Lakukan pembicaraan Langkah-langkah
menggunakan Intercom
y yang benar
adalah .... A.
1,2,3,4 B.
3,1,2,4 C.
2,3,1,4 D.
2,3,1,4 E.
3,2,1,4 |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Menerangkan konsep
komunikasi |
3.
|
Perhatikan
berikut ini langkah-langkah mengirim surat dengan faksimile yang di acak! 1.
Siapkan data yang akan dikirim lengkap dengan bagian yang
tercetak menghadap ke bawah. 2.
Tekan tombol yes. 3.
Siapkan nomor faksimile yang akan dituju. 4.
Tekan tombol jumlah halaman yang akan diinginkan. 5.
Lakukan pengopian data atau informasi. 6.
Jika muncul tulisan quick, tekan key ped sampai muncul
tanda delay keyboard. Langkah-langkah mengirim surat dengan faksimile yang benar
adalah .... A.
1,2,3,4,5,6 B.
1,3,4,2,6,5 C.
1,3,2,4,5,6 D.
1,3,4,5,6,2 E.
1,2,4,5,6,3 |
Saat anda menerima telepon masuk dan penelepon ingin
berbicara dengan pimpinan, sementara beliau sedang sibuk dan tak ingin
diganggu. Apa yang harus anda sampaikan agar si penelepon tidak kecewa... A. Bapak
sedang sibuk tidak bisa diganggu! B. Maaf
bapak sedang sibuk, bisa telepon lagi? C. Maaf bapak sedang sibuk, ada pesan yang ingin disampaikan? D. Tinggalkan
pesan saja Bapak sedang sibuk E. Lain
kali saja Bapak telepon lagi |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Menerapkan
surat Bahasa Inggris (English Correspondence) |
4.
|
Dalam
menyusun surat pesanan berdasarkan penawaran dalam bahasa inggris, manakah
kalimat yang tepat untuk alinea pembukanya? A.
Thank you for your offering letter dated
July 16th, 2018 B.
I was glad
to receive your letter of C.
We welcome
your enquiry of D.
We very
much regret to learn from your letter of E. We were sorry to learn from your letter of |
Salam penutup yang biasa di pakai pada waktu pertama kali mengirim surat
kepada seseotang /perusahaan yang baru di kenal dan sebelumnya belum pernah
dilakukan hubungan surat menyurat dengan orang /perusahaan tersebut.. A. Yours Sincerely B. Yours Faithfully C. Best Regards D. Best Wishes E. Yoursn truly |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Menelaah pemesanan/ pembelian on-line (tiket, hotel.
Buku, majalah dll) |
5.
|
Pak
Direktur ingin pergi ke Surabaya pada hari Senin, tanggal 23 Juli 2018 pada
pukul 08.00, tetapi beliau sangat sibuk, beliau ingin memesan melalui travel
X secara online. Bagaimanakah
cara pak direktur memesan tiket secara online? A.
Cari penerbangan – pilih penerbangan –
rincian data penumpang – pembayaran – metode pembayaran – pengiriman voucher
pesawat B.
Pilih
penerbangan – cari penerbangan – rincian data penumpang – pembayaran – metode
pembayaran – pengiriman voucher pesawat C.
Pilih
penerbangan – rincian data penumpang - cari penerbangan – pengiriman voucher
pesawat - pembayaran – metode pembayaran D.
Cari
penerbangan – pilih penerbangan – rincian data penumpang –metode pembayaran –
pengiriman voucher pesawat - pembayaran E.
Cari
penerbangan – rincian data penumpang – pilih penerbangan –metode pembayaran –
pengiriman voucher pesawat - pembayaran |
Pimpinan melakukan perjalanan dinas
ke Surabaya selama 2 hari , dari hari
Senin, tanggal 23 Juli sampai tanggal 24 Juli 2018 , tetapi
beliau sangat sibuk, beliau ingin memesan melalui travel X secara online. Cara Pimpinan memesan tiket secara online yaitu: A.
Cari
hotel – pilih hotel
– rincian data penumpang –metode hotel –pengiriman
voucher – pembayaran B. Pilih hotel
– cari hotel – rincian
data penumpang – pembayaran – metode pembayaran – pengiriman voucher hotel C.
Pilih
hotel – rincian
data hotel - cari hotel –
pengiriman hotel -
pembayaran – metode pembayaran D.
Cari hotel – pilih hotel – informasi hotel pilihan - data tamu
yang akan menginap –
pembayaran metode pembayaran – pengiriman
voucher pesawat - pembayaran E.
Cari
hotel – rincian
data hotel – pilih hotel
–metode hotel – pengiriman hotel -
pembayaran |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Menelaah
pemesanan/ pembelian on-line (tiket, hotel. Buku, majalah dll) |
6.
|
Seorang
sekretaris membeli tiket pesawat melaui telepon ke agen travel, ketika tiket
itu dikirim ternyata ada kesalahan pada jam keberangkatannya yang seharusnya jam
08.00 WIB ternyata tertulis jam 11.00. Apa yang harus dilakukan seorang
sekretaris tersebut? A.
Menyuruh
kurir untuk memperbaiki tiket tersebut dengan menghubungi agen travel B.
Menelpon
agen travel untuk memesan kembali tiket pesawat tanpa memperbaiki tiket yang
salah karena masih ada pemesanan tiket yang sama untuk bebeberap pegawai C.
Menelepon kembali agen travel untuk
memperbaiki tiket tersebut, dan agen travel akan membuat re shcedule kembali
tiket tersebut sesuai pesanan dan membuat bukti perbaikan D.
Menelepon
kembali agen travel kalau ada kesalahan jam keberangkatan pada tiket pesawat
yang dipesannya E.
Melapor
ke pimpinan kalau tiket yang dipesan ada kesalahan jam keberangkatan dan
meminta maaf atas kesalahan tersebut |
Seorang sekretaris membeli tiket
pesawat melaui telepon ke agen travel, ketika tiket itu dikirim ternyata ada
kesalahan pada jam keberangkatannya yang seharusnya jam 08.00 WIB ternyata
tertulis jam 13.00. Apa yang
harus dilakukan seorang sekretaris tersebut? A.
Menyuruh
kurir untuk memperbaiki tiket tersebut dengan menghubungi agen travel B. Menelpon agen travel untuk
memesan kembali tiket pesawat tanpa memperbaiki tiket yang salah karena masih
ada pemesanan tiket yang sama untuk bebeberap pegawai C. Menelepon kembali agen travel
kalau ada kesalahan jam keberangkatan pada tiket pesawat yang dipesannya D.
Menelepon kembali agen travel untuk
memperbaiki tiket tersebut, dan agen travel akan membuat re shcedule kembali
tiket tersebut sesuai pesanan dan membuat bukti perbaikan E.
Melapor
ke pimpinan kalau tiket yang dipesan ada kesalahan jam keberangkatan dan
meminta maaf atas kesalahan tersebut |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Menelaah
aplikasi pengolah angka (spread sheet) |
7.
|
Perhatikan
data di bawah ini! Sumber
permasalahan yang muncul ada pada nilai rata-rata Ujian Nasional Andi. Apakah
rumus yang digunakan untuk mencari nilai rata-rata ujian nasional atas nama
Andi! DATA
UJIAN NASIONAL SMK
X TAHUN 2017/2018
A.
=AVERAGE(A3:G6) B. =AVERAGE(A3:F3) C.
=AVERAGE(A3:F6) D.
=AVERAGE(A3:G3) E.
=AVERAGE(A3:C6) |
DATA UJIAN NASIONAL SMK X TAHUN 2017/2018
Untuk mencari nilai rata –rata Ujian Nasional Sita adalah …. A.
=AVERAGE(C6:F6) B. =AVERAGE(C6:E6) C. =AVERAGE(C6:D6) D. =AVERAGE(C3:C6) E. =AVERAGE(C3:E3) |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Merancang surat dinas yang
sesuai dengan keperluannya |
8.
|
Perhatikan
kesalahan penulisan alamat dalam surat dinas di bawah ini. Kepada
Direktur PT Sukses Jaya Jalan
Cendrawasih No. 17 Jakarta
timur Analisalah
kesalahan penulisan alamat dalam surat dinas tersebut! A.
Kata
“Kepada” tidak diperlukan, tidak ada kata “Yth.” di depan kata “Direktur”,
penulisan nama kota huruf kecil semua B.
Kata “Kepada” tidak diperlukan, kata
“Direktur” merupakan nama jabatan maka harus didahului kata “Yth.”, dan
penulisan nama kota diawali huruf besar semuanya C.
Kata
“Kepada” tidak diperlukan, kata “Direktur” merupakan nama jabatan maka harus
didahului kata “Yth.”, dan penulisan nama kota tidak diawali huruf besar
semuanya D.
Kata
“Kepada” diperlukan, kata “Direktur” merupakan nama jabatan maka harus
didahului kata “Yth.”, dan penulisan nama kota tidak diawali huruf besar
semuanya E.
Kata
“Kepada” tidak diperlukan, kata “Direktur” merupakan nama jabatan maka harus
didahului kata “Yth:”, dan penulisan nama kota diawali huruf besar semuanya |
Perhatikan kesalahan penulisan alamat
dalam surat dinas di bawah ini. Yth. Direktur PT
Sukses Jaya Jalan Cendrawasih No. 17 Jakarta timur Analisalah kesalahan penulisan alamat
dalam surat dinas tersebut! A. Kata “Kepada” tidak diperlukan,
tidak ada kata “Yth.” di depan B.
kata
“Direktur”, penulisan nama kota huruf kecil semua C. Kata “Kepada” tidak diperlukan,
kata “Direktur” merupakan nama jabatan maka harus didahului kata “Yth.”, dan
penulisan nama kota tidak diawali huruf besar semuanya D.
Kata “Yth” tidak diperlukan, kata “Direktur”
merupakan nama jabatan maka harus didahului kata “Yth.”, dan penulisan nama
kota diawali huruf besar semuanya E.
Kata
“Kepada” diperlukan, kata “Direktur” merupakan nama jabatan maka harus
didahului kata “Yth.”, dan penulisan nama kota tidak diawali huruf besar
semuanya |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Menerapkan
sistem penyimpanan arsip |
9.
|
Perusahaan
yang bergerak dalam bidang jasa perbankan cocok menggunakan sistem
penyimpanan berdasarkan .... A.
Alphabet system B.
Numerical system C.
Subyek system D.
Cronological system E. Geographical system |
Apabila suatu perusahaan masih relative kecil maka filing system dalam
penyimpanan arsip yang paling tepat adalah…. A. Alphabet
system B. Numerical system C. Subyek system D. Cronological
system E. Geographical
system |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Menerapkan prosedur peminjaman arsip |
10.
|
Pak
Imam pegawai keuangan di PT ABC mendatangai petugas arsip ingin meminjam
arsip surat tagihan PT XY tanggal 16 Juli 2018, tetapi surat tersebut tidak
ditemukan. Maka
langkah apa yang harus dilakukan petugas arsip tersebut agar kejadian
kehilangan arsip tidak terjadi lagi. A.
Setiap
peminjaman arsip harus lapor ke petugas arsip, kemudian dicatat di buku arsip
agar dapat diketahui siapa yang meminjam arsip B.
Setiap peminjaman arsip harus dicatat di
bon pinjam arsip agar dapat mengetahui identitas si peminjam dan indentitas
arsip C.
Setiap
peminjaman arsip harus dicatat di kartu kendali, kemudian dicatat di buku
arsip agar dapat diketahui siapa yang meminjam arsip D.
Setiap
peminjaman arsip harus dicatat di buku agenda, kemudian dicatat di buku arsip
agar dapat diketahui siapa yang meminjam arsip E.
Setiap
peminjaman arsip harus dicatat bon pinjam arsip, kemudian dicatat di buku
arsip agar dapat diketahui siapa yang meminjam arsip |
Pak Imam pegawai keuangan di PT XYZ mendatangai
petugas arsip ingin meminjam arsip surat tagihan PT ABC tanggal
16 Juli 2018, tetapi surat tersebut tidak ditemukan. Maka langkah apa yang harus dilakukan
petugas arsip tersebut agar kejadian kehilangan arsip tidak terjadi lagi. A.
Setiap
peminjaman arsip harus lapor ke petugas arsip, kemudian dicatat di buku arsip
agar dapat diketahui siapa yang meminjam arsip B.
Setiap
peminjaman arsip harus dicatat di kartu kendali, kemudian dicatat di buku
arsip agar dapat diketahui siapa yang meminjam arsip C. Setiap peminjaman arsip harus
dicatat di bon pinjam arsip agar dapat mengetahui identitas si peminjam dan
indentitas arsip D.
Setiap
peminjaman arsip harus dicatat di buku agenda, kemudian dicatat di buku arsip
agar dapat diketahui siapa yang meminjam arsip E.
Setiap
peminjaman arsip harus dicatat bon pinjam arsip, kemudian dicatat di buku
arsip agar dapat diketahui siapa yang meminjam arsip |