kisi Dasar-dasar Administrasi

 

SOAL ANCHOR UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN

KURIKULUM 2013 TAHUN PELAJARAN 2018/2019

 

Mata Pelajaran            : Dasar-dasar Administrasi

 

IPK

No.

Ujian Utama

Ujian Susulan

Menerangkan bentuk-bentuk surat

1.                   

Perhatikan bagian penutup surat dinas yang diacak!

1.  Nama jabatan penanda tangan

2.  Tembusan

3.  Tanda tangan

4.  Nama pejabat beserta NIP jika ada

5.  Inisial

 

Dari data di atas urutkan bagian penutup surat dinas :

A.     1,2,3,5,4

B.     2,4,5,1,3

C.     1,3,4,2,5

D.     2,1,4,5,3

E.      2,1,3,5,4

 

Perbedaan antara bentuk surat lurus penuh (full block style) dan bentuk surat lurus (block style) terletak pada…..

A.  Penempatan tanggal, salam penutup, nama organisasi/perusahaan, nama penanda tangan, dan jabatan penanda tangan yang di ketik di sebelah kiri

B.  Baris pertama setiap alinea diketik sebelah kiri, kemudian baris berikutnya di ketik menjorok lima spasi sampai pergantian alinea

C.  Penulisan alamat, surat diletakkan sebelah kiri beberapa spasi di bawah perihal, tapi tidak sejajar dengan perihal.

D.  Penulisan alamat tujuan yang bergerigi

E.  Penempatan tanggal, salam penutup, nama organisasi/perusahaan, nama penanda tangan, dan jabatan penanda tangan yang diketik di sebelah kanan kertas

 

Menerapkan internet untuk kegiatan rapat (teleconference)

2.                   

Perhatikan berikut ini, langkah-langkah menggunakan teleconference yang diacak!

1.  Pilih software Microsoft Visual C# 2005

2.  Untuk memilih IP address, user dapat mengklik combo box dan memilih IP yang terdapat pada komputer.

3.  User harus memilih jenis IP yang akan digunakan (IPv4 atau IPv6) dengan memilih radio button

4.  Jika user diperbolehkan untuk bergabung ke dalam konferensi, akan muncul form set destination IP and port. Setelah user mengisi alamat IP dan nomor port, user akan tergabung ke dalam konferensi

5.  Setelah itu, user menekan tombol centang yang ada di kanan bawah.

Langkah-langkah menggunakan teleconference yang benar adalah ....

A.     1,2,3,4,5

B.     1,3,2,5,4

C.     1,2,3,5,4

D.     1,2,5,4,3

E.      1,5,4,3,2

Perhatikan uraian di bawah ini,

1.    Tekan tombol seleksi saluran yang dimaksud

2.    Tekan tombol pemanggil yaitu tombol “C” sehingga terdengar nada panggil tuut-tuut

3.    Angkat gagang telepon

4.    Lakukan pembicaraan

Langkah-langkah menggunakan Intercom y yang benar adalah ....

A.  1,2,3,4

B.  3,1,2,4

C.  2,3,1,4

D.  2,3,1,4

E.   3,2,1,4

 

Menerangkan konsep komunikasi

3.                   

Perhatikan berikut ini langkah-langkah mengirim surat dengan faksimile yang di acak!

1.  Siapkan data yang akan dikirim lengkap dengan bagian yang tercetak menghadap ke bawah.

2.  Tekan tombol yes.

3.  Siapkan nomor faksimile yang akan dituju.

4.  Tekan tombol jumlah halaman yang akan diinginkan.

5.  Lakukan pengopian data atau informasi.

6.  Jika muncul tulisan quick, tekan key ped sampai muncul tanda delay keyboard.

Langkah-langkah mengirim surat dengan faksimile yang benar adalah ....

A.     1,2,3,4,5,6

B.     1,3,4,2,6,5

C.     1,3,2,4,5,6

D.     1,3,4,5,6,2

E.      1,2,4,5,6,3

 

Saat anda menerima telepon masuk dan penelepon ingin berbicara dengan pimpinan, sementara beliau sedang sibuk dan tak ingin diganggu. Apa yang harus anda sampaikan agar si penelepon tidak kecewa...

A.  Bapak sedang sibuk tidak bisa diganggu!

B.  Maaf bapak sedang sibuk, bisa telepon lagi?

C.  Maaf bapak sedang sibuk, ada pesan yang ingin disampaikan?

D.  Tinggalkan pesan saja Bapak sedang sibuk

E.   Lain kali saja Bapak telepon lagi

 

Menerapkan surat Bahasa Inggris (English Correspondence)

4.                   

Dalam menyusun surat pesanan berdasarkan penawaran dalam bahasa inggris, manakah kalimat yang tepat untuk alinea pembukanya?

A.     Thank you for your offering letter dated July 16th, 2018

B.     I was glad to receive your letter of

C.     We welcome your enquiry of

D.     We very much regret to learn from your letter of

E.      We were sorry to learn from your letter of

Salam penutup yang biasa di pakai pada waktu pertama kali mengirim surat kepada seseotang /perusahaan yang baru di kenal dan sebelumnya belum pernah dilakukan hubungan surat menyurat dengan orang /perusahaan tersebut..

A.  Yours Sincerely

B.  Yours Faithfully

C.  Best Regards

D.  Best Wishes

E.   Yoursn truly

Menelaah  pemesanan/ pembelian on-line (tiket, hotel. Buku, majalah dll)

5.                   

Pak Direktur ingin pergi ke Surabaya pada hari Senin, tanggal 23 Juli 2018 pada pukul 08.00, tetapi beliau sangat sibuk, beliau ingin memesan melalui travel X secara online.

 

Bagaimanakah cara pak direktur memesan tiket secara online?

A.     Cari penerbangan – pilih penerbangan – rincian data penumpang – pembayaran – metode pembayaran – pengiriman voucher pesawat

B.     Pilih penerbangan – cari penerbangan – rincian data penumpang – pembayaran – metode pembayaran – pengiriman voucher pesawat

C.     Pilih penerbangan – rincian data penumpang - cari penerbangan – pengiriman voucher pesawat - pembayaran – metode pembayaran

D.     Cari penerbangan – pilih penerbangan – rincian data penumpang –metode pembayaran – pengiriman voucher pesawat - pembayaran

E.      Cari penerbangan – rincian data penumpang – pilih penerbangan –metode pembayaran – pengiriman voucher pesawat - pembayaran

 

Pimpinan melakukan perjalanan dinas ke Surabaya selama 2 hari , dari hari Senin, tanggal 23 Juli sampai tanggal 24 Juli 2018 , tetapi beliau sangat sibuk, beliau ingin memesan melalui travel X secara online.

 

Cara Pimpinan memesan tiket secara online yaitu:

A.  Cari hotel – pilih hotel – rincian data penumpang –metode hotel –pengiriman voucher – pembayaran

B.  Pilih hotel – cari hotel – rincian data penumpang – pembayaran – metode pembayaran – pengiriman voucher hotel

C.  Pilih hotel – rincian data hotel - cari hotel – pengiriman hotel - pembayaran – metode pembayaran

D.  Cari hotel – pilih hotelinformasi hotel pilihan - data tamu yang akan menginap pembayaran metode pembayaran – pengiriman voucher pesawat - pembayaran

E.   Cari hotel – rincian data hotel – pilih hotel –metode hotel – pengiriman hotel - pembayaran

 

Menelaah pemesanan/ pembelian on-line (tiket, hotel. Buku, majalah dll)

6.                   

Seorang sekretaris membeli tiket pesawat melaui telepon ke agen travel, ketika tiket itu dikirim ternyata ada kesalahan pada jam keberangkatannya yang seharusnya jam 08.00 WIB ternyata tertulis jam 11.00. Apa yang harus dilakukan seorang sekretaris tersebut?

A.     Menyuruh kurir untuk memperbaiki tiket tersebut dengan menghubungi agen travel

B.     Menelpon agen travel untuk memesan kembali tiket pesawat tanpa memperbaiki tiket yang salah karena masih ada pemesanan tiket yang sama untuk bebeberap pegawai

C.     Menelepon kembali agen travel untuk memperbaiki tiket tersebut, dan agen travel akan membuat re shcedule kembali tiket tersebut sesuai pesanan dan membuat bukti perbaikan

D.     Menelepon kembali agen travel kalau ada kesalahan jam keberangkatan pada tiket pesawat yang dipesannya

E.      Melapor ke pimpinan kalau tiket yang dipesan ada kesalahan jam keberangkatan dan meminta maaf atas kesalahan tersebut

 

Seorang sekretaris membeli tiket pesawat melaui telepon ke agen travel, ketika tiket itu dikirim ternyata ada kesalahan pada jam keberangkatannya yang seharusnya jam 08.00 WIB ternyata tertulis jam 13.00. Apa yang harus dilakukan seorang sekretaris tersebut?

A.  Menyuruh kurir untuk memperbaiki tiket tersebut dengan menghubungi agen travel

B.  Menelpon agen travel untuk memesan kembali tiket pesawat tanpa memperbaiki tiket yang salah karena masih ada pemesanan tiket yang sama untuk bebeberap pegawai

C.  Menelepon kembali agen travel kalau ada kesalahan jam keberangkatan pada tiket pesawat yang dipesannya

D.  Menelepon kembali agen travel untuk memperbaiki tiket tersebut, dan agen travel akan membuat re shcedule kembali tiket tersebut sesuai pesanan dan membuat bukti perbaikan

E.   Melapor ke pimpinan kalau tiket yang dipesan ada kesalahan jam keberangkatan dan meminta maaf atas kesalahan tersebut

 

Menelaah aplikasi pengolah angka (spread sheet)

7.                   

Perhatikan data di bawah ini!

Sumber permasalahan yang muncul ada pada nilai rata-rata Ujian Nasional Andi.

Apakah rumus yang digunakan untuk mencari nilai rata-rata ujian nasional atas nama Andi!

 

DATA UJIAN NASIONAL

SMK X TAHUN 2017/2018

 

 

A

B

C

D

E

F

G

1

No

Nama

Nilai

2

B. Ind

Mtk

B. Ing

Prod

Rata-rata

3

1

Andi

80

50

70

85

285

4

2

Ani

78

56

75

80

 

5

3

Robi

70

58

72

78

 

6

4

Sita

82

65

80

84

 

A. =AVERAGE(A3:G6)

B. =AVERAGE(A3:F3)

C. =AVERAGE(A3:F6)

D. =AVERAGE(A3:G3)

E. =AVERAGE(A3:C6)

 

DATA UJIAN NASIONAL

SMK X TAHUN 2017/2018

 

A

B

C

D

E

F

1

No

Nama

 

2

B. Ind

Mtk

B. Ing

Rata-rata

3

1

Andi

80

50

70

 

4

2

Ani

78

56

75

 

5

3

Robi

70

58

72

 

6

4

Sita

82

65

80

 

Untuk mencari nilai rata –rata Ujian Nasional Sita adalah ….

A. =AVERAGE(C6:F6)

B. =AVERAGE(C6:E6)

C. =AVERAGE(C6:D6)

D. =AVERAGE(C3:C6)

E. =AVERAGE(C3:E3)

 

Merancang surat dinas yang sesuai dengan keperluannya

8.                   

Perhatikan kesalahan penulisan alamat dalam surat dinas di bawah ini.

 

Kepada Direktur PT Sukses Jaya

Jalan Cendrawasih No. 17

Jakarta timur

 

Analisalah kesalahan penulisan alamat dalam surat dinas tersebut!

A.     Kata “Kepada” tidak diperlukan, tidak ada kata “Yth.” di depan kata “Direktur”, penulisan nama kota huruf kecil semua

B.     Kata “Kepada” tidak diperlukan, kata “Direktur” merupakan nama jabatan maka harus didahului kata “Yth.”, dan penulisan nama kota diawali huruf besar semuanya

C.     Kata “Kepada” tidak diperlukan, kata “Direktur” merupakan nama jabatan maka harus didahului kata “Yth.”, dan penulisan nama kota tidak diawali huruf besar semuanya

D.     Kata “Kepada” diperlukan, kata “Direktur” merupakan nama jabatan maka harus didahului kata “Yth.”, dan penulisan nama kota tidak diawali huruf besar semuanya

E.      Kata “Kepada” tidak diperlukan, kata “Direktur” merupakan nama jabatan maka harus didahului kata “Yth:”, dan penulisan nama kota diawali huruf besar semuanya

 

Perhatikan kesalahan penulisan alamat dalam surat dinas di bawah ini.

 

Yth. Direktur PT Sukses Jaya

Jalan Cendrawasih No. 17

Jakarta timur

 

Analisalah kesalahan penulisan alamat dalam surat dinas tersebut!

A.  Kata “Kepada” tidak diperlukan, tidak ada kata “Yth.” di depan

B.  kata “Direktur”, penulisan nama kota huruf kecil semua

C.  Kata “Kepada” tidak diperlukan, kata “Direktur” merupakan nama jabatan maka harus didahului kata “Yth.”, dan penulisan nama kota tidak diawali huruf besar semuanya

D.  Kata “Yth” tidak diperlukan, kata “Direktur” merupakan nama jabatan maka harus didahului kata “Yth.”, dan penulisan nama kota diawali huruf besar semuanya

E.   Kata “Kepada” diperlukan, kata “Direktur” merupakan nama jabatan maka harus didahului kata “Yth.”, dan penulisan nama kota tidak diawali huruf besar semuanya

Menerapkan sistem penyimpanan arsip

9.                   

Perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa perbankan cocok menggunakan sistem penyimpanan berdasarkan ....

A. Alphabet system

B. Numerical system

C. Subyek system

D. Cronological system

E. Geographical system

 

Apabila suatu perusahaan masih relative kecil maka filing system dalam penyimpanan arsip yang paling tepat adalah….

A. Alphabet system

B. Numerical system

C. Subyek system

D. Cronological system

E. Geographical system

 

Menerapkan prosedur peminjaman arsip

10.               

Pak Imam pegawai keuangan di PT ABC mendatangai petugas arsip ingin meminjam arsip surat tagihan PT XY tanggal 16 Juli 2018, tetapi surat tersebut tidak ditemukan.

Maka langkah apa yang harus dilakukan petugas arsip tersebut agar kejadian kehilangan arsip tidak terjadi lagi.

A.     Setiap peminjaman arsip harus lapor ke petugas arsip, kemudian dicatat di buku arsip agar dapat diketahui siapa yang meminjam arsip

B.     Setiap peminjaman arsip harus dicatat di bon pinjam arsip agar dapat mengetahui identitas si peminjam dan indentitas arsip

C.     Setiap peminjaman arsip harus dicatat di kartu kendali, kemudian dicatat di buku arsip agar dapat diketahui siapa yang meminjam arsip

D.     Setiap peminjaman arsip harus dicatat di buku agenda, kemudian dicatat di buku arsip agar dapat diketahui siapa yang meminjam arsip

E.      Setiap peminjaman arsip harus dicatat bon pinjam arsip, kemudian dicatat di buku arsip agar dapat diketahui siapa yang meminjam arsip

 

Pak Imam pegawai keuangan di PT XYZ mendatangai petugas arsip ingin meminjam arsip surat tagihan PT ABC tanggal 16 Juli 2018, tetapi surat tersebut tidak ditemukan.

Maka langkah apa yang harus dilakukan petugas arsip tersebut agar kejadian kehilangan arsip tidak terjadi lagi.

A.  Setiap peminjaman arsip harus lapor ke petugas arsip, kemudian dicatat di buku arsip agar dapat diketahui siapa yang meminjam arsip

B.  Setiap peminjaman arsip harus dicatat di kartu kendali, kemudian dicatat di buku arsip agar dapat diketahui siapa yang meminjam arsip

C.  Setiap peminjaman arsip harus dicatat di bon pinjam arsip agar dapat mengetahui identitas si peminjam dan indentitas arsip

D.  Setiap peminjaman arsip harus dicatat di buku agenda, kemudian dicatat di buku arsip agar dapat diketahui siapa yang meminjam arsip

E.   Setiap peminjaman arsip harus dicatat bon pinjam arsip, kemudian dicatat di buku arsip agar dapat diketahui siapa yang meminjam arsip