SOAL
USBN DASAR PROGRAM KEAHLIAN
SMK NEGERI/SWASTA KOTA
SURABAYA
TAHUN PELAJARAN
2017/2018
1. Usaha kesehatan preventif yang menitik beratkan kegiatannya kepada
usaha kesehatan individu, maupun usaha kesehatan lingkungan hidup manusia
disebut ….
A. Sanitasi
B. Water supply
C. Kesehatan
D. Hygiene
E. Disposal
A. Sanitasi
B. Water supply
C. Kesehatan
D. Hygiene
E. Disposal
2. Pada saat akan mulai bekerja maka anda harus memperhatikan
kesehatan, keselamatan dan keamanan kerja. Keadaan/perihal terhindar dari
bahaya, tidak mendapat gangguan, dan tidak kurang suatu apapun adalah pengertian
dari ….
A. Keselamatan
B. Sehat
C. Kuratif
D. Keamanan
E. Preventif
A. Keselamatan
B. Sehat
C. Kuratif
D. Keamanan
E. Preventif
3. Gambar di bawah ini adalah salah satu tanda alat keamanan kerja,
dipergunakan untuk memberitahukan bahwa ….
A. Lantai licin baru di pel
B. Kondisi selasar kena hujan
C. Kondisi lantai kering
D. Staf jangan diganggu
E. Cari jalan lain
A. Lantai licin baru di pel
B. Kondisi selasar kena hujan
C. Kondisi lantai kering
D. Staf jangan diganggu
E. Cari jalan lain
4.
Menurut The Educational Institute of the American
Hotel & Motel Association, Industri Pariwisata dapat diklasifikasikan
menjadi 5 kategori besar. Industri Pariwisata yang termasuk dalam kategori Lodging Operation adalah :
A. Hotels,
Motels, Pensions, Lodging Properties
B. Gift Shops,
Souvenir Shops, Art/CraftsShops, ShoppingMalls
C. Hotels,
Motels, Pensions, Resorts Hotels
D. Hotels,
Motels, Pensions, Ships
E. Hotels,
Motels, Pensions, Entertainment
5. Menurut SK Menparpostel no.KM
37/PW.340/MPPT-86 tentang
peraturan usaha dan pengelolaan hotel mana intisari pernyataan tersebut yang
paling tepat?
A. Mempergunakan sebagian atau
seluruh bangunan untuk menyediakan jasa penginapan, makanan
dan minuman serta jasa penunjang lainnya bagi umum yang dikelola secara
komersial.
B. Bangunan
(fisik) yang menyediakan layanan kamar, makanan dan minuman bagi tamu.
C. Bangunan
yang dikelola secara komersial, pelayanan makan dan minum, pelayanan kamar,
pelayanaan barang bawaan, pencucian pakaian dan dapat menggunakan
fasilitas/perabotan dan menikmati hiasan-hiasan yang ada didalamnya.
D. Bangunan
yang dikelola secara komersial, pelayanan makan dan minum, pelayanan kamar,
pelayanaan barang bawaan, pencucian pakaian.
E. Bangunan
yang dikelola secara komersial, pelayanan makan dan minum, pelayanan kamar,
pelayanaan penunjang lainnya
6.
Salah
satu fasilitas yang dapat digunakan oleh tamu untuk bersantai atau menunggu
kolega (rekan bisnis) yang umumnya berlokasi dibagian depan hotel dikenal
dengan istilah ....
A. Restaurant
B.
Bar
C.
Lobby
D.
Room
E.
Swimming pool
7.
Industri perhotelan memiliki
karakteristik yang unik yang membedakan dengan
bidang-bidang usaha atau industri lainnya. Salah
satu perbedaan antara hotel dengan bidang-bidang usaha atau industri lainnya adalah ....
A. Industri hotel memerlukan modal usaha yang besar dengan tenaga kerja yang sedikit
B. Dipengaruhi oleh keadaan
dan perubahan yang terjadi pada sektor
ekonomi, politik, sosial, budaya, dan
keamanan dimana hotel
tersebut berada.
C. Menghasilkan
dan memasarkan
produknya tidak bersamaan
dengan
tempat dimana jasa pelayanannya dihasilkan.
D. Beroperasi selama 24 jam sehari dalam pelayanan jasa terhadap pelanggan hotel
dan
masyarakat pada
umumnya
dan tutup pada waktu hari libur
E. Memperlakukan
pelanggan
seperti
teman selain juga memperlakukan pelanggan sebagai patner dalam usaha
8.
Hotel yang tidak
mempunyai hubungan kepemilikan atau pada pengelolaannya tidak berinduk pada
perusahaan lain, biasanya merupakan hotel-hotel kecil dan kelas menengah milik
keluarga dan dikelola tanpa mengikuti prosedur maupun pengoperasian tertentu
dari orang lain dikelompokkan ke dalam ....
A. Independent Hotel
B. Parent Company
C. Management Contract
D. Franchise
E. Referal Group
9. Mengatur peralatan, menjaga kebersihan, agar hotel tampak rapi,
bersih, menarik dan menyenangkan serta melaksanakan persiapan kamar yang
meliputi perlengkapan, kerapihan, kebersihan dan kenyamanan guna memastikan
pelayanan maksimal yang diberikan kepada tamu merupakan tugas dan tanggung jawab
dari departrmen ....
A.
Human Resources Department
B.
Front Office Department
C.
Housekeeping Department
D.
Food and Beverage Department
E.
Engineering Department
10. Salah satu maskapai penerbangan yang ada di Indonesia adalah Garuda
Indonesia, dalam industri pariwisata Garuda Indonesia dapat diklasifikasikan ke
dalam....
A. Lodging
Operation
B. Transportation Service
C. Food and Beverage Operations
D. Retail Store
E. Activities
11. Syarat-syarat
keselamatan kerja berpedoman pada:
A. UU tenaga kerja no.15 tahun 1969
B. UU tenaga kerja no.14 tahun 1969
C. UU tenaga kerja no.33 tahun 1947
D. UU tenaga kerja no.2 tahun 1970
E. UU tenaga kerja no.10 tahun 1970
12. Salah satu penanggulangan kecelakaan karena peralatan mesin adalah:
A. Buku cara penggunaan dan
peraturan keamanan harus berada di dekat peralatan
B. Memeriksa
peralatan elektronik yang di gunakan sesuai persyaratan yang ada.
C. Minyak dan makanan yang tumpah segera di
bersihkan.
D. Seragam kerja sesuai untuk penanggulangan
kecelakaan
E. Lubang saluran air harus di tutup sehabis di
bersihkan
13. Suatu
usaha pencegahan penyakit yang menitikberatkan kegiatannya kepada usaha-usaha
kesehatan lingkungan hidup manusia disebut
. . . . . .
A.
Hygine
B.
Sanitasi
C.
K3LH
D.
Saniter
E.
Vector
13. Usaha
kesehatan preventif yang menitikberatkan kegiatannya kepada usaha kesehatan
individu, maupun usaha kesehatan pribadi hidup manusia disebut...
A.Sanitasi
B.Hygine
C.K3LH
D.Saniter
E.Vector
14. Public Relation sebagai
fungsi komunikasi, perlu dipahami bahwa kegiatan utama public relation
adalah...
A.
Melakukan komunikasi
B.
Melakukan pelayanan public
C.
Melakukan perkenalan kepada khalayak
D.
Menjalin hubungan baik dengan pihak intern
E.
Melakukan interaksi
15. Dalam menjalin hubungan baik kepada masyarakat sekitar, diperlukan program
yang memungkinkan terjadinya komunikasi tatap muka (face-to-face communication) dengan masyarakat, diantaranya yaitu...
A.
Kunjungan dari rumah kerumah
B.
Mengirimkan brosur
C. Melakukan
iklan lewat radio
D. Mencatat hasil
interview
E. Observasi
16. Sebuah rangkaian proses
penyampaian informasi atau pesan kepada pihak lain dengan menggunakan media
penggambaran yang hanya terbaca oleh indera penglihatan, merupakan jenis media
komunikasi...
A.
Visual
B.
Audio
C.
Audio Visual
D.
Verbal
E.
Radio
17. Sikap acuh tak acuh, melakukan hal ini yang tidak ada hubungannya dengan
yang sedang dibahas, merupakan definisi dari...
A.Feedback
negatif
B.Feedback positif
C.Feedback netral
D.Feedback zero
E. Feedback
18. Bertatap muka dan mengirim surat, merupakan contoh penyampaian komunikasi
melalui...
A.Lambang
bahasa
B.Lambang gerak
C.Lambang suara
D.Lambang gambar
E. Lambang isyarat
19. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam grooming dibawah ini...
A.Pakaian, pandangan mata dan air muka
B.Gaya bahasa dan pandangan
mata
C.Pakaian
dan gaya bicara
D.Gaya bahasa, gaya mimik dan
sikap badan
E. Intonasi
20. Dibawah ini yang bukan merupakan tugas
humas, adalah …..
A.
Mempromosikan produk
B.
Dokumentasi
C.
Penyajian informasi
D.
Mengolah data
E.
Observasi
21. Tata cara yang memberikan aturan atau petunjuk pada
masyarakat dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, disebut...
A.Kode etik
B.Aturan kerja
C.Tata tertib organisasi
D.Apriori
E.Egoisme
22. Etika perilaku sehari-hari terhadap integritas pribadi,
klien dan majikan, serta perilaku terhadap rekan seprofesi disebut...
A.
Code of conduct
B.
Code of publication
C.
Code of enterprise
D. Code of profession
E.
Code of attitude
23. Cara berpikir seorang public relation adalah ….
A.
Public relation harus realistis
B.
Public relation merupakan suatu profesi
C.
Public relation merupakan suatu tugas dalam disiplin ilmu
D.
Public relation salah satu proses
E.
Public relation salah satu Ilmu
24. Respon yang tidak dapat dimengerti oleh
komunikator disebut respon …..
A.
Zero
B.
Netral
C.
Sementara
D. Negatif
E. Tidak langsung
25. Feedback adalah output yang dihasilkan
berupa …..
A. Pesan
B.
Sumber
C. Tanggapan
D. Sasaran
E. Gambar