soal usbn mapel dasar perhotelan smk


SOAL USBN DASAR PROGRAM KEAHLIAN
SMK NEGERI/SWASTA KOTA SURABAYA
TAHUN PELAJARAN 2017/2018

1.    Usaha kesehatan preventif yang menitik beratkan kegiatannya kepada usaha kesehatan individu, maupun usaha kesehatan lingkungan hidup manusia disebut ….
A. Sanitasi
B. Water supply
C. Kesehatan
D. Hygiene
E. Disposal
2.      Pada saat akan mulai bekerja maka anda harus memperhatikan kesehatan, keselamatan dan keamanan kerja. Keadaan/perihal terhindar dari bahaya, tidak mendapat gangguan, dan tidak kurang suatu apapun adalah pengertian dari ….
A. Keselamatan
B. Sehat
C. Kuratif
D. Keamanan
E. Preventif
3.      Gambar di bawah ini adalah salah satu tanda alat keamanan kerja, dipergunakan untuk memberitahukan bahwa ….

licin
A. Lantai licin baru di pel
B. Kondisi selasar kena hujan
C. Kondisi lantai kering
D. Staf jangan diganggu
E. Cari jalan lain
4.      Menurut The Educational Institute of the American Hotel & Motel Association, Industri Pariwisata dapat diklasifikasikan menjadi 5 kategori besar. Industri Pariwisata yang termasuk dalam kategori Lodging Operation adalah :
A.    Hotels, Motels, Pensions, Lodging Properties
B.    Gift Shops, Souvenir Shops, Art/CraftsShops, ShoppingMalls
C.   Hotels, Motels, Pensions, Resorts Hotels
D.   Hotels, Motels, Pensions, Ships
E.    Hotels, Motels, Pensions, Entertainment
5.      Menurut   SK   Menparpostel   no.KM   37/PW.340/MPPT-86   tentang peraturan usaha dan pengelolaan hotel mana intisari pernyataan tersebut yang paling tepat?
A.  Mempergunakan    sebagian    atau    seluruh    bangunan    untuk menyediakan jasa penginapan, makanan dan minuman serta jasa penunjang lainnya bagi umum yang dikelola secara komersial.
B.  Bangunan (fisik) yang menyediakan layanan kamar, makanan dan minuman bagi tamu.
C.  Bangunan yang dikelola secara komersial, pelayanan makan dan minum, pelayanan kamar, pelayanaan barang bawaan, pencucian pakaian dan dapat menggunakan fasilitas/perabotan dan menikmati hiasan-hiasan yang ada didalamnya.
D.  Bangunan yang dikelola secara komersial, pelayanan makan dan minum, pelayanan kamar, pelayanaan barang bawaan, pencucian pakaian.
E.   Bangunan yang dikelola secara komersial, pelayanan makan dan minum, pelayanan kamar, pelayanaan penunjang lainnya
6.        Salah satu fasilitas yang dapat digunakan oleh tamu untuk bersantai atau menunggu kolega (rekan bisnis) yang umumnya berlokasi dibagian depan hotel dikenal dengan istilah ....
A.   Restaurant
B.   Bar
C.  Lobby
D.  Room
E.   Swimming pool


7.        Industri perhotelan memiliki karakteristik yang unik yang membedakan dengan bidang-bidang usaha atau industri lainnya. Salah satu perbedaan antara hotel dengan bidang-bidang usaha atau industri lainnya adalah ....
A.  Industri hotel memerlukan modal usaha  yang  besar dengan  tenaga kerja  yang  sedikit
B.  Dipengaruhi oleh keadaan dan perubahan yang terjadi pada sektor ekonomi, politik, sosial, budaya, dan keamanan dimana hotel tersebut berada.
C.  Menghasilkan  dan memasarkan  produknya tidak bersamaan  dengan tempat dimana jasa pelayanannya dihasilkan.
D.  Beroperasi selama 24 jam sehari dalam pelayanan jasa terhadap pelanggan hotel dan masyarakat pada umumnya dan tutup pada waktu hari libur
E.   Memperlakukan pelanggan seperti teman selain juga memperlakukan pelanggan sebagai patner dalam usaha
8.      Hotel yang tidak mempunyai hubungan kepemilikan atau pada pengelolaannya tidak berinduk pada perusahaan lain, biasanya merupakan hotel-hotel kecil dan kelas menengah milik keluarga dan dikelola tanpa mengikuti prosedur maupun pengoperasian tertentu dari  orang  lain dikelompokkan ke dalam ....
A.   Independent Hotel
B.   Parent Company
C.   Management Contract
D.   Franchise
E.    Referal Group
9.      Mengatur peralatan, menjaga kebersihan, agar hotel tampak rapi, bersih, menarik dan menyenangkan serta melaksanakan persiapan kamar yang meliputi perlengkapan, kerapihan, kebersihan dan kenyamanan guna memastikan pelayanan maksimal yang diberikan kepada tamu merupakan tugas dan tanggung jawab dari departrmen ....
A.        Human Resources Department
B.        Front Office Department
C.        Housekeeping Department
D.       Food and Beverage Department
E.        Engineering Department

10.  Salah satu maskapai penerbangan yang ada di Indonesia adalah Garuda Indonesia, dalam industri pariwisata Garuda Indonesia dapat diklasifikasikan ke dalam....
A.   Lodging Operation
B.   Transportation Service
C.   Food and Beverage Operations
D.   Retail Store
E.    Activities
 11.  Syarat-syarat keselamatan kerja berpedoman pada:
A. UU tenaga kerja no.15 tahun 1969
B. UU tenaga kerja no.14 tahun 1969
C. UU tenaga kerja no.33 tahun 1947
D. UU tenaga kerja no.2 tahun 1970
E.  UU tenaga kerja no.10 tahun 1970
12.  Salah satu penanggulangan kecelakaan karena peralatan mesin adalah:
A.    Buku cara penggunaan dan peraturan keamanan harus berada di dekat peralatan
B.    Memeriksa peralatan elektronik yang di gunakan sesuai persyaratan yang ada.
C.    Minyak dan makanan yang tumpah segera di bersihkan.
D.    Seragam kerja sesuai untuk penanggulangan kecelakaan
E.     Lubang saluran air harus di tutup sehabis di bersihkan
13.  Suatu usaha pencegahan penyakit yang menitikberatkan kegiatannya kepada usaha-usaha kesehatan lingkungan hidup manusia disebut  . . . . . .
A.            Hygine
B.            Sanitasi 
C.            K3LH
D.            Saniter
E.             Vector
13. Usaha kesehatan preventif yang menitikberatkan kegiatannya kepada usaha kesehatan individu, maupun usaha kesehatan pribadi hidup manusia disebut...
A.Sanitasi
B.Hygine
C.K3LH
D.Saniter
E.Vector
14. Public Relation sebagai fungsi komunikasi, perlu dipahami bahwa kegiatan utama public relation adalah...
A.            Melakukan komunikasi
B.            Melakukan pelayanan public 
C.            Melakukan perkenalan kepada khalayak
D.            Menjalin hubungan baik dengan pihak intern
E.             Melakukan interaksi
15.  Dalam menjalin hubungan baik kepada masyarakat sekitar, diperlukan program yang memungkinkan terjadinya komunikasi tatap muka (face-to-face communication) dengan masyarakat, diantaranya yaitu...
A.    Kunjungan dari rumah kerumah
B.     Mengirimkan brosur
C. Melakukan iklan lewat radio
D. Mencatat hasil interview
E. Observasi
16. Sebuah rangkaian proses penyampaian informasi atau pesan kepada pihak lain dengan menggunakan media penggambaran yang hanya terbaca oleh indera penglihatan, merupakan jenis media komunikasi...
A.            Visual
B.             Audio
C.             Audio Visual
D.            Verbal
E.             Radio
17.  Sikap acuh tak acuh, melakukan hal ini yang tidak ada hubungannya dengan yang sedang dibahas, merupakan definisi dari...
A.Feedback negatif
B.Feedback positif
C.Feedback netral
D.Feedback zero
E. Feedback
18.  Bertatap muka dan mengirim surat, merupakan contoh penyampaian komunikasi melalui...
A.Lambang bahasa
B.Lambang gerak
C.Lambang suara
D.Lambang gambar
E. Lambang isyarat
19.  Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam grooming dibawah ini...
A.Pakaian, pandangan mata dan air muka
B.Gaya bahasa dan pandangan mata
C.Pakaian dan gaya bicara
D.Gaya bahasa, gaya mimik dan sikap badan
E. Intonasi
20.  Dibawah ini yang bukan merupakan tugas humas, adalah …..
A.      Mempromosikan produk
B.       Dokumentasi
C.       Penyajian informasi
D.      Mengolah data
E.       Observasi
21.  Tata cara yang memberikan aturan atau petunjuk pada masyarakat dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, disebut...
A.Kode etik
B.Aturan kerja
C.Tata tertib organisasi
D.Apriori
E.Egoisme
22.  Etika perilaku sehari-hari terhadap integritas pribadi, klien dan majikan, serta perilaku terhadap rekan seprofesi disebut...
A.       Code of conduct
B.       Code of publication
C.       Code of enterprise
D.      Code of profession
E.       Code of attitude
23.  Cara berpikir seorang public relation adalah ….
A.      Public relation harus realistis
B.       Public relation merupakan suatu profesi
C.       Public relation merupakan suatu tugas dalam disiplin ilmu
D.      Public relation salah satu proses
E.       Public relation salah satu Ilmu
24.  Respon yang tidak dapat dimengerti oleh komunikator disebut respon …..
A. Zero                    
              B. Netral      
              C. Sementara
D. Negatif
E. Tidak langsung
25.  Feedback adalah output yang dihasilkan berupa …..
A. Pesan       
B. Sumber
C. Tanggapan
D. Sasaran
E. Gambar