LINGKUNGAN HIDUP

 

LINGKUNGAN HIDUP

 

 

Dunia merupakan sekumpulan ekosistem yang terstruktur dan menjadi bagian dalam keberlangsungan kehidupan makhluk di dalamnya. Makhluk hidup anggota ekosistem terdiri atas tingkatan organisme dari yang terkecil sampai terbesar, yaitu individu, populasi, komunitas, ekosistem, bioma, biosfer.

 

Individu

Individu adalah satuan makhluk hidup yang merupakan struktur terkecil dari tingkatan ekositem tertentu. Individu juga dapat disebut dengan spesies makhluk hidup tunggal. Contohnya, seorang manusia, seekor ikan, sebuah pohon mangga, sebatang pohon gaharu, sebatang pohon jati, sebatang pohon meranti, sebatang pohon ulin, dan seekor semut.

 

Populasi

Populasi adalah gabungan individu-individu sejenis pada suatu daerah tertentu. Populasi yang ada ada di bumi yaitu populasi manusia, populasi hewan, dan populasi tumbuh-tumbuhan. Salah satu contohnya adalah semua bunga mawar yang terletak disekeliling taman bunga. Selain itu, sekumpulan semut yang sedang bergotong royong membentuk rumah semut juga merupakan populasi. Semua kambing yang berada di padang rumput adalah populasi. Jadi, populasi adalah sekumpulan individu sejenis di dalam area tertentu misalnya padang rumput atau taman.

Di dalam suatu ekosistem, besar kecilnya populasi selalu berubah dari waktu ke waktu, sehingga akan terjadi perubahan populasi. Perubahan tersebut disebabkan oleh empat faktor yaitu : Natalitas/ kelahiran  dan Imigrasi/ datang dari tempat lain (menyebabkan bertambah) serta Mortalitas/ kematian dan  Emigrasi/ pindah ke tempat lain (menyebabkan berkurang)

 

Komunitas

Komunitas adalah kumpulan beberapa populasi yang berbeda tetapi mempunyai hubungan saling berinteraksi satu sama lain pada waktu dan daerah tertentu. Salah satu contoh komunitas yaitu, antara populasi kambing dengan populasi rumput saling berinteraksi satu sama lain, karena populasi kambing dapat memperoleh makanan dari populasi rumput tersebut. Contoh lainnya adalah sekelompok kupu-kupu berinteraksi dengan sekelompok bunga kamboja atau dapat juga sekelompok jalak berinteraksi dengan sekelompok kerbau yang sedang berada di sawah.

 

Ekosistem

Pada suatu lingkungan terdapat beberapa komunitas misalnya sekelompok kambing, sekelompok rumput, dan sekelompok pohon beringin. Semua kelompok makhluk hidup tidak terpisahkan dari peran unsur-unsur yang ada di lingkungan tersebut. Kelompok-kelompok tersebut mempunyai hubungan yang saling terkait satu sama lain. Interaksi antara kelompok tersebut tidak lepas dari unsur-unsur yang ada di bumi ini, misalnya tanah, udara, dan air. Hubungan yang saling terkait satu sama lain tersebut disebut dengan ekosistem. Jadi, ekosistem adalah interaksi yang terbentuk antara makhluk hidup (komponen biotik) dengan benda tak hidup (komponen abiotic).

Menurut proses terbentuknya ekosistem dapat dibagi menjadi dua yaitu, ekosistem buatan dan ekosistem alami. Ekosistem buatan adalah ekosistem yang terbentuk karena adanya campur tangan manusia (sengaja dibuat ole manusia). Contohnya akuarium, ekosistem sawah, ladang, waduk, dan kolam ikan. Sedangkan ekosistem alami adalah ekosistem yang terbentuk secara alami tanpa ada campur tangan dari manusia. Contohnya padang rumput, gurun pasir, ekosistem laut, ekosistem danau, dan hutan alami.

 

Bioma dan Biosfer

Bioma merupakan sebuah ekosistem besar yang terbentuk karena perbedaan letak geografis dan astronomis dengan flora dan fauna yang khas. Contoh bioma adalah bioma gurun yang banyak terdapat di Afrika Utara, Amerika Utara, Asia Barat, serta Australia. Pada bioma gurun curah hujan sangat rendah, kelembapan udara juga sangat rendah, shu siang hari dapat mencapai 450C dan pada malam hari suhu dapat turun hingga 00C.

Biosfer merupakan bagian luar dari bumi yang mencakup udara, daratan, serta air yang memungkinkan kehidupan dan proses biotik berlangsung. Biosfer juga dapat diartikan sebagai kumpulan semua ekosistem yang ada di bumi.

 

sumber : https://www.kelaspintar.id/blog/tips-pintar/apa-saja-urutan-satuan-makhluk-hidup-dalam-ekosistem-12464/

 

l               ingkungan hidup adalah kesatuan ruang, artinya adalah lingkungan hidup sebagi suatu wadah yang meliputi ruang darat, ruang laut dan ruang udara, termasuk ruang di dalam bumi. Jadi ruang dalam lingkup lingkungan hidup adalah segala ruang yang termasuk dalam lingkup atmosfer bumi.

 

Lingkungan hidup terbagi menjadi dua macam, yaitu lingkungan hidup alami dan lingkungan hidup buatan.

1.       Lingkungan Hidup Alami

Lingkungan hidup alami adalah lingkungan yang terdiri atas unsur abiotik, unsur biotik, organisme kecil, dan segala kondisi yang bekerja secara dinamis tanpa ada campur tangan manusia. Lingkungan ini terbentuk karena proses alam. Di dalam lingkungan hidup alami, akan terjadi interaksi yang membentuk satu kesatuan sehingga disebut dengan ekosistem.

Lingkungan hidup alami ini dibagi menjadi dua macam. Pertama adalah lingkungan hidup di air yang meliputi danau, laut, rawa, dan sungai. Kedua adalah lingkungan hidup di darat yang meliputi bukit, gunung, hutan, lembah, dan padang rumput.

2.       Lingkungan Hidup Buatan

Lingkungan hidup buatan adalah lingkungan yang sengaja dibentuk oleh manusia dengan menggunakan teknologi, baik teknologi sederhana maupun teknologi modern, untuk memenuhi kebutuhan hidup. Ciri-ciri dari lingkungan ini adalah bentuknya yang tidak beragam dan hanya satu jenis. Contoh lingkungan hidup buatan manusia adalah jalan, perkampungan kawasan industri, sekolah, dan taman.