PERUBAHAN ENERGI

 

PERUBAHAN ENERGI

 

Perubahan energi merupakan perubahan energi dari satu bentuk ke bentuk lain. Hal ini sejalan dengan hukum kekekalan energi yang menyatakan bahwa energi tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan, tetapi bisa berubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya.  Energi dapat mengalami perubahan dari satu bentuk ke bentuk lain. Adapun bentuk-bentuk perubahannya adalah sebagai berikut.

 

1.       Perubahan energi potensial

Energi potensial adalah energi yang dimiliki benda karena kedudukannya. Energi ini dimiliki oleh benda yang berpotensi untuk bergerak (memiliki energi kinetik). Artinya, energi potensial bisa berubah menjadi energi kinetik.

Contoh perubahan bentuk energi potensial menjadi energi kinetik adalah kelapa yang jatuh dari pohonnya. Saat berada di pohonnya, kelapa tersebut memiliki energi potensial. Saat jatuh ke bawah, energi potensialnya semakin berkurang dan energi kinetiknya semakin besar.

 

2.       Perubahan energi kinetik

Energi kinetik bisa berubah menjadi energi lain, misalnya perubahan energi kinetik menjadi energi panas dan perubahan energi kinetik menjadi energi bunyi. Adapun contoh perubahannya adalah sebagai berikut.

 

a.       Contoh perubahan energi kinetik menjadi energi panas, yaitu saat tangan terkena bola yang dilempar dengan kecepatan tinggi pasti akan terasa panas.

b.       Contoh perubahan energi kinetik menjadi energi bunyi, yaitu saat tong kosong dilempar dengan batu pasti akan berbunyi nyaring.

 

3.       Perubahan energi kimia

Energi kimia bisa berubah menjadi energi lain, misalnya energi gerak, energi listrik, energi panas, energi cahaya. Adapun contoh perubahannya adalah sebagai berikut.

a.       Perubahan energi kimia menjadi energi gerak

Contohnya makanan yang masuk ke tubuh akan mengalami metabolisme secara kimiawi hingga akhirnya dihasilkan energi bagi tubuh untuk bergerak.

b.       Perubahan energi kimia menjadi energi listrik

Contohnya baterai yang tersusun atas senyawa kimia dapat membuat perangkat elektronik menyala dan aki yang tersusun atas senyawa kimia dapat menjadi listrik bagi kendaraan bermotor.

c.       Perubahan energi kimia menjadi energi panas

Contohnya kompor gas yang  memanfaatkan LPG sebagai bahan bakarnya. LPG merupakan gas yang tersusun atas senyawa kimia dan bisa menghasilkan api (panas) jika dipantik.

d.       Perubahan energi kimia menjadi energi cahaya

Contohnya pada baterai yang bisa menghidupkan senter. Baterai merupakan sumber tegangan yang tersusun atas senyawa kimia.

 

4.       Perubahan energi listrik

Sebagai salah satu sumber penunjang kehidupan, listrik merupakan energi yang sangat penting bagi manusia. Energi listrik bisa berubah menjadi energi lain, seperti berikut ini.

a.       Perubahan energi listrik menjadi energi gerak

Contohnya pada kipas angin yang hanya bisa berputar jika dihubungkan dengan arus listrik.

b.       Perubahan energi listrik menjadi energi kimia

Contohnya pada proses penyepuhan emas yang menggunakan prinsip elektrolisis.

c.       Perubahan energi listrik menjadi energi panas

Contohnya pada kompor listrik yang bisa dimanfaatkan untuk memasak jika dihubungkan dengan arus listrik. Cara kerja kompor listrik sesuai dengan prinsip induksi.

d.       Perubahan energi listrik menjadi energi cahaya

Contohnya lampu baru bisa menyala jika dihubungkan dengan arus listrik. Lampu yang menyala ini tentu akan menghasilkan cahaya.

e.       Perubahan energi listrik menjadi energi kinetik

Contohnya mobil-mobilan baterai akan bergerak jika tombol on dinyalakan. Baterai merupakan salah satu sumber tegangan yang bisa menghasilkan arus listrik.

f.        Perubahan energi listrik menjadi energi bunyi

Contohnya sound system yang bisa menghasilkan bunyi saat dihubungkan dengan arus listrik. Selain sound system, juga ada televisi, handphone, microphone, dan masih banyak lainnya.

 

5.       Perubahan energi panas

Sama seperti energi-energi sebelumnya, panas juga bisa berubah menjadi energi lainnya. Adapun perubahan bentuk energi panas adalah sebagai berikut.

a.       Perubahan energi panas menjadi energi listrik

Contohnya panas bumi bisa dimanfaatkan sebagai energi alternatif pembangkit listrik pengganti batu bara.

b.       Perubahan energi panas menjadi energi cahaya

Contohnya gelas yang dipanaskan pada suhu tinggi pasti akan berpijar seperti lava gunung berapi.

c.       Perubahan energi panas menjadi energi gerak

Contohnya air yang didihkan akan bergerak seperti gelembung. Semakin panas pancinya, semakin cepat gerakan airnya.

 

6.       Perubahan energi cahaya

Energi cahaya bisa berubah menjadi energi lain. Adapun perubahan energi cahaya adalah sebagai berikut.

a.       Perubahan energi cahaya menjadi energi listrik

Contohnya panel surya merupakan salah satu sumber energi alternatif yang bisa mengubah energi sinar matahari menjadi energi listrik.

b.       Perubahan energi cahaya menjadi energi kimia

Contohnya tumbuhan membutuhkan cahaya matahari untuk melakukan fotosintesis. Hasil fotosintesis itu berupa senyawa kimia seperti oksigen dan glukosa atau karbohidrat.

 

7.       Perubahan energi nuklir

Energi nuklir merupakan energi yang masih sangat terbatas penggunaannya. Namun demikian, energi nuklir bisa diubah pemanfaatannya menjadi energi lain seperti berikut.

a.       Perubahan energi nuklir menjadi energi listrik

Contohnya pemanfaatan reaktor nuklir sebagai sumber energi listrik alternatif selain batu bara.

b.       Perubahan energi nuklir menjadi energi gerak

Contohnya nuklir dimanfaatkan sebagai tenaga penggerak rudal dan kapal selam. Sejauh ini, hanya Rusia yang berhasil memanfaatkan nuklir di dalam kapal selam.

c.       Perubahan energi nuklir menjadi energi cahaya dan panas

Contohnya di dalam inti matahari berlangsung reaksi nuklir yang meliputi reaksi fisi dan fusi. Reaksi tersebut menghasilkan energi terbesar bagi matahari. Dengan adanya energi itulah matahari bisa selalu berpijar menghasilkan cahaya dan panas.

 

Sumber : https://www.quipper.com/id/blog/mapel/fisika/perubahan-bentuk-energi/