Bahan untuk Produk Kesehatan Khas Daerah

Bahan baku produk kesehatan dapat dibagi menjadi bahan nabati dan hewani. Bahan hewani untuk produk kesehatan contohnya telur, susu, tripang, jantung kelelawar, dan sisik trenggiling. Beberapa daerah di Indonesia dapat memiliki produk kesehatan yang khas sesuai bahan hewani yang ada di daerah itu.
Bahan nabati untuk produk kesehatan lebih banyak jenisnya daripada bahan hewani. Produk kesehatan tradisional banyak memanfaatkan tumbuhan.
Ada sekitar 7000 jenis tanaman di Indonesia yang telah diidenti!kasi dan  digunakan untuk keperluan medis.

1. Bahan Hewani untuk Produk Kesehatan
Berikut ini adalah beberapa contoh bahan hewani dan khasiatnya untuk kesehatan,

a. Telur
Telur memiliki kandungan protein yang tinggi. Kandungan zat gizi biologis pada telur mentah adalah 51% sedangkan pada telur matang 91%, atau hampir dua kali lipat daripada protein yang diserap tubuh dari telur mentah. Putih telur padat bermanfaat untuk pasien kemoterapi dan pasien sakit ginjal. Pada abad pertengahan pun putih telur digunakan untuk mengobati luka dan patah tulang.

b. Susu
Susu dapat menetralisir racun seperti timah atau logam yang masuk ke dalam tubuh kita melalui makanan dan minuman. Susu kuda mampu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di dalam usus manusia dua kali lipat untuk melawan bakteri buruk. Hal tersebut menyebabkan zat kurang baik di dalam usus dapat berkurang, dan radang usus dapat sembuh. Susu kuda liar yang dicampur dengan daging daun lidah buaya dan diolehkan ke kulit dapat mengurangi gangguan yang disebabkan oleh penyakit eksim.

c. Teripang
Sekitar 53 jenis teripang telah diidenti!kasi terdapat di Indonesia dan 7 (tujuh) jenis diantaranya telah dimanfaatkan masyarakat menjadi produk olahan. Teripang mengandung 86% protein yang mudah diurai menjadi enzim peptin, yang berperan dalam membangun sistem kekebalan tubuh dan regenerasi sel. Ekstrak teripang dapat membantu memperbaiki fungsi hati sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengobati sakit hepatitis.

2. Bahan Nabati untuk Produk Kesehatan
Produk kesehatan yang terbuat dari bahan nabati khas di Indonesia, sangat banyak jumlahnya. Hampir di setiap daerah produk kesehatan yang berbahan baku nabati. Di Indonesia ada sekitar 7000 tanaman obat yang sudah diidenti!kasi dan digunakan untuk medis. Produk kesehatan dapat memanfaatkan berbagai bagian dari tumbuhan seperti rimpang, kulit kayu, daun, dan bunga.

a. Rimpang Jahe
Jahe atau Zingiber o!cinale, memiliki beberapa nama berbeda di beberapa daerah yaitu halia, bahing, beeuing, sipodeh, jahi, dan jae. Rimpang jahe dimanfaatkan diantaranya untuk anti-in"amasi, mengatasi batuk dan menghilangkan nyeri otot.

b. Kulit Kayu Secang
Secang atau Caesalpinia sappan, dimanfaatkan kulit kayunya dalam pengobatan tradisional. Ekstrak kulit kayu secang digunakan sebagai obat diabetes, disentri, luka dalam, malaria, tetanus, dan banyak lagi.

c. Daun Sirih Hijau
Sirih hijau atau Piper betle L. banyak dimanfaatkan daunnya dalam pengobatan tradisional. Daun sirih mengandung zat antiseptik yang dapat membunuh bakteri, mengandung anti jamur, dan antioksidan. Daun sirih digunakan untuk mengobati perdarahan pada hidung, sebagai obat batuk, obat sariawan, obat jerawat, dan masih banyak lagi. Selain sirih hijau, ada juga sirih hitam atau Piper betel var nigra dan sirih merah atau Piper crocatum Ruiz yang digunakan dalam pengobatan tradisional.

d. Bunga Ceguk
Ceguk atau Quisgualis indica, memiliki beberapa nama berbeda di beberapa daerah yaitu dani, udani, wudani, bidani, kacekluk, kaceklik, ceguk, cekluk, wedani, rabet dani, dan tikao. Ekstrak bunga Quisqualis indica merupakan antibakteri. Selain bunganya, biji, dan buah Cenguk juga dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional.

e. Buah Belimbing Wuluh
Belimbing wuluh atau Averrahoa blimbi L., memiliki beberapa nama yang berbeda di beberapa daerah yaitu limeng, selimeng, thlimeng, selemeng, asom, balimbingan, bhalingbhing bulu, libi, dan belerang. Saringan 10 buah belimbing wuluh yang ditumbuk halus, dicampurkan dengan 2 (dua) sendok makan air garam, dan diminum 2 kali sehari dapat mengobati batuk rejan. Selain buahnya, daun, bunga, dan ranting belimbing wuluh dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional.