Secara ringkas tugas proyek seni dimulai dari penetapan:

1. Konsep seni (sumber inspirasi, interes seni, interes bentuk, prinsip estetik). Selanjutnya gagasan seni berupa kesepakatan siswa dan guru, sebagai hasil diskusi kelas untuk proyek seni
yang akan dikerjakan bersama-sama. (Tim Kerja 1)
2. Tujuan seni ditetapkan agar semua siswa memiliki persepsi yang sama memahami untuk apa seni diciptakan. Misalnya hubungan manusia dengan kepercayaan (religius) hubungan manusia dengan alam (keindahan alam, go green, bencana alam, perusakan hutan, dan lain-lain). Hubungan manusia dengan sesama, misalnya hak asasi manusia, kesenjangan sosial, ketidakadilan, korupsi dan lain-lain, tatkala seni membela kepentingan sosial. (Tim Kerja 2)
3. Fungsi seni dapat sangat luas, namun jika disederhanakan (dalam kerja kolaboratif ini) seni bagi kreator (siswa) adalah media ekspresi, sedangkan bagi apresiator (publik seni) adalah sarana mendapatkan pengalaman estetis dan pengalaman menghayati nilai-nilai seni. (Tim Kerja 3)
4. Media seni menggunakan unsur rupa, bunyi, peran, gerak, ruang, lokasi, alam, atau unsur yang dipilih dan ditentukan berdasarkan kepentingannya untuk merealisasikan gagasan seni. (Tim Kerja 4)
5. Teknik artistik adalah keterampilan dan langkah-langkah prosedural mengerjakan bahan baku atau media seni, dari awal sampai menjadi karya proyek yang menghasilkan seni alternatif. (Tim Kerja 5)
6. Proses kreasi meliputi tahap persiapan, tahap pengendapan, tahap elaborasi, dan tahap penciptaan. Seluruh siswa bekerja sama untuk mewujudkan proyek seni seoptimal mungkin.
7. Proses penilaian karya seni multimedia atau seni alternatif dengan sendirinya membutuhkan pendekatan lain, artinya karya seni alternatif tidak dapat dinilai dengan kriteria seni konvensional.

Dalam pelaksanaan proyek seni perlu dibentuk tim kerja yang terdiri dari ketua, sekretaris dan anggota. Misalnya Tim Konsep Seni bertugas mencari, mendapatkan, dan menulis konsep seni yang akan diciptakan. Tim perumus tujuan seni bertanggung jawab menetapkan untuk apa proyek seni ditujukan, misalnya seni untuk tujuan tertentu (instrumentalis) seni untuk seni (estetis), seni untuk kebutuhan fungsional (pragmatis) seni sebagai hasil renungan (reflektif) dan lain-lain.