Cara Penanaman Pohon Karet Yang Baik Dan Benar


Pohon Karet
Cara Penanaman Pohon Karet Yang Baik Dan Benar ~ Dalam dunia pertanian karet memang cukup menjanjikan, karea memang karet ini menjadi bahan dasar jenis produk yang ada. Dalam urusan merawat tentunya karet lebih mudah dibandingkan dengan sawit yang memang sedikit lebih rumit dari pada karet bak itu dari segi penanaman ataupun perawatan, karet juga bisa mengirit sedikit lahan ketimbang sawit yang membutuhkan lahan yang lebar untuk menanam sawit yang lebih banyak , hal ini jelas. Coba anda lihat sawit itu sendiri memiliki poho yang besar-besar dan dan yang menjutai kemana-mana. dilihat dari segi harga pun sngat jauh berbeda tentunyaa karet masih mendominasi

Untuk menanam ladang karet dengan hasil yang sangat bagus tentunya tidaklah udah haruslah di butuhkan ketekunan dala hal tanam menanam dan membutuhkan waktu yang cukup lama kurang lebih sekitar 6-7 tahun baru kita bisa mulai awal menyadap karet .

Dalam penanaman pohon karet ada beberapa hal yang harus kita perhatika antara lain :


Seleksi bibit


Sebelum bibit ditanam, terlebih dahulu dilakukan seleksi bibit untuk memperoleh bahan tanam yang memeliki sifat-sifat umum yang baik antara lain : berproduksitinggi, responsif terhadap stimulasi hasil, resitensi terhadap serangan hama dan penyakit daun dan kulit, serta pemulihan luka kulit yang baik. Beberapa syarat yang harus dipenuhi bibit siap tanam adalah antara lain :
- Bibit karet di polybag yang sudah berpayung dua.
- Mata okulasi benar-benar baik dan telah mulai bertunas
- Akar tunggang tumbuh baik dan mempunyai akar lateral
- Bebas dari penyakit jamur akar (Jamur Akar Putih).

Kebutuhan bibit


Dengan jarak tanam 7 m x 3 m (untuk tanah landai), diperlukan bibit tanaman karet untuk penanaman sebanyak 476 bibit, dan cadangan untuk penyulaman sebanyak 47 (10%) sehingga untuk setiap hektar kebun diperlukan sebanyak 523 batang bibit karet.

Penanaman


Pada umumnya penanaman karet di lapangan dilaksanakan pada musim penghujan yakni antara bulan September sampai Desember dimana curah hujan sudah cukup banyak, dan hari hujan telah lebih dari 100 hari. Pada saat penanaman, tanah penutup lubang dipergunakan top soil yang telah dicampur dengan pupuk RP 100 gram per lubang, disamping pemupukan dengan urea 50 gram dan SP - 36 sebesar 100 gram sebagai pupuk dasar.

Pemeliharaan Tanaman


Pemeliharaan yang umum dilakukan pada perkebunan tanaman karet meliputi pengendalian gulma, pemupukan dan pemberantasan penyakit tanaman.

Pengendalian gulma


Areal pertanaman karet, baik tanaman belum
menghasilkan (TBM) maupun tanaman sudah menghasilkan (TM) harus bebas dari gulma seperti alang-alang, Mekania, Eupatorium, dll sehingga tanaman dapat tumbuh dengan baik. 

Program pemupukan


Selain pupuk dasar yang telah diberikan pada saat penanaman, program pemupukan secara berkelanjutan pada tanaman karet harus dilakukan dengan dosis yang seimbang dua kali pemberian dalam setahun. Jadwal pemupukan pada semeseter I yakni pada Januari/Februari dan pada semester II yaitu Juli/Agustus. Seminggu sebelum pemupukan, gawangan lebih dahulu digaru dan piringan tanaman dibersihkan. Pemberian SP-36 biasanya dilakukan dua minggu lebih dahulu dari Urea dan KCl. 

Sementara itu untuk tanaman kacangan penutup tanah, diberikan pupuk RP sebanyak 200 kg/ha, yang pemberiannya dapat dilanjutkan sampai dengan  tahun ke-2 (TBM-2) apabila pertumbuhannya kurang baik. 

Bagi anda semua yang memang tertarik dalam dunia pertanisan karet kalau mau mulai dari awal harus lah dipikirkan secaramatang matang karena dari proses penanaman sampai ke dalam proses penyadapan atau proses panen itu cukup lamam sekitar 5-6 tahun sudah bisa di sadap akan tetapi untuk hasil yag lebih maksimal lebih baik samapi berumur 7 tahun sehingga batang pohon benar-benar siap utuk disadap

Ada sedikit yang tidak mengenakan dari pertanian karet yaitu bau yang kurang sedap dari getah karet ini setelah di sadap dan dikumpulkan , akan tetapi jangan salah bau itu nanti akan hilang dengan sendirinya apabila sudah terbiasa dan akan lebih hilang bahkan tidak berbau apabila sudah menjadi uang...hehehe