berlomba-lomba memaksimalkan ibadah di bulan Ramadhan

Para ulama salaf berlomba-lomba memaksimalkan ibadah di bulan Ramadhan
1. al-Aswad bin Yazid
Imam Adz-Dzahabi menceritakan mujahadah al-Aswad bin Yazid di bulan Ramadhan:
كان الأسود بن يزيد يختم القرآن في رمضان في كل ليلتين، وكان ينام بين المغرب والعشاء، وكان يختم القرآن في غير رمضان في كل ست ليالٍ
al-Aswad bin Yazid menghatamkan al-Quran di bulan Ramadhan di setiap dua malamnya. Beliau tidur di antara maghrib dan Isya, dan beliau menghatamkan al-Quran di selain bulan Ramadhan setiap enam malam sekali (Siyar A'lam an-Nubala' 4/51)
2. Imam Sufyan ats-Tsauri
كان سفيان الثوري إذا دخل رمضان ترك جميع العباد وأقبل على قراءة القرآن
Sufyan ats-Tsauri jika masuk bulan Ramadhan, maka beliau meninggalkan orang-orang dan fokus membaca al-Quran (Lathaif al-Ma'arif, 318)
3.Amirul Mukminin Al-Walid bin Abdul Malik
كان الوليد بن عبد الملك يختم في كل ثلاثٍ، وختم في رمضان سبع عشرة ختمه
Al-Walid bin Abdul Malik menghatamkan al-Quran tiap tiga hari sekali, dan ia menghatamkannyadi bulan Ramadhan sebanyak 17 kali khataman (Siyar A'lam an-Nubala', 4/347)
4. Qatadah
كان قتادة يختم القرآن في سبع، وإذا جاء رمضان ختم فيكل ثلاثٍ، فإذا جاء العشر ختمكل ليلةٍ
Qatadah menghatamkan al-Quran di setiap tujuh hari sekali, dan jika telah datang bulan Ramadhan, maka ia menghatamkannyatiap tiga hari sekali, dan jika sudah masuk hari kesepuluh terakhir, maka ia menghatamkannyasetiap malamnya (Siyar A'lam an-Nubala', 5/276)
5. Imam Asy-Syafi'i
وقال الربيع بن سليمان: كان الشافعي يختم القرآن في شهررمضان ستين ختمة وفي كل شهر ثلاثين ختمة
Rabi' bin Sulaiman berkata, Imam asy-Syafi'i menghatamkan al-Quran di bulan Ramadhan sebanyak 60kali, dan setiap bulan biasa sebanyak 30 kali hataman (Siyar A'lam an-Nubala', 10/90)
6. Imam Bukhari
كَانَ مُحَمَّدُ بْنُ إِسْمَاعِيْلَ يَخْتِمُ فِي رَمَضَانَ فِي النَّهَارِ كُلَّ يَوْمٍخَتْمَةً،وَيَقُوْمُ بَعْدَ التَّرَاوِيْحِ كُلَّ ثَلَاثِلَيَالٍ بِخَتْمَةٍ
Muhammad bin Ismail (Imam al-Bukhari) menghatamkan al-Quran di siang hari bulan Ramadlan sebanyak satu kali khataman, dan salat malam setelah Tarawih khatam al-Quran tiap 3 hari (Siyar A'lam an-Nubala', 12/439)
7. Imam Zuhair al-Marwazi
.وَكَانَ زُهَيْرُ بْنُ مُحَمَّدٍ الْمَرْوَزِي يَخْتِمُ فِي رَمَضَانَ تِسْعِيْنَ خَتْمَةً مَاتَ سَنَةَ ثَمَانٍ وَخَمْسِيْنَ وَمِائَتَيْنِ
Zuhair bin Muhammad al-Marwazi menghatamkan al-Quran di bulan Ramadhan sebanyak 90 kali. Ia wafat tahun 258 H (Thabaqat al-Huffadz, 1/48)
8. Imam Hasan al-Susi
.حَكَتْ عَنْهُ اَبِي الْحَسَنِ عَلِيِّ بْنِ نَصْرٍ السُّوْسِي زَوْجَتُهُ، وَكَانَتِ امْرَأَةً صَالِحَةً: أَنَّهُ كَانَ يَخْتِمُ فِي رَمَضَانَ كُلَّ لَيْلَةٍ خَتْمَةً. حَتَّى كَانَتْ رِجْلَاهُ تَتَوَرَّمُ مِنَ الْقِيَامِ
Istri Abu Hasan Ali bin Nashr al-Susi, ia wanita salehah, berkata bahwa suaminya menghatamkan al-Quran di bulan Ramadhan setiap malam, hingga kedua kakinya membengkak (Tartib al-Madarik wa taqrib al-Masalik, 1/382)
9. Abdullah bin Umar
وقال نافع: كان ابن عمر رضي الله عنهما يقوم في بيته في شهر رمضان، فإذا انصرف الناس من المسجد أخذ إداوةً من ماءٍ ثم يخرج إلى مسجد رسول الله صلى الله عليه وسلم ثم لايخرج منه حتى يصلي فيه الصبح. أخرجه البيهقي
Nafi' berkata, Abdullah bin Umar radhiallahu 'anhuma melakukan qiyam di rumahnya di bulan Ramadhan, apabila manusia telah kembali dari masjid, maka beliau mengambil bejana air kemudian keluar menuju masjid Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, dan tidak keluar lagi hingga beliau selesai sholat subuh di sana (HR. Al-Baihaqi)
10. Abu Muhammad al-Labban
Al-Hafidz adz-Dzahabi bercerita dari Abi Muhammadal-Labban
أدرك رمضان سنة سبع وعشرين وأربعمائة ببغداد فصلّى بالناسالتراويح في جميع الشهر فكان إذا فرغها لا يزال يصلي فيالمسجد إلى الفجر، فإذا صلى درّس أصحابه. وكان يقول: لم أضع جنبي للنوم في هذا الشهرليلاً ولا نهاراً. وكان ورده لنفسهسبعا مرتلاً
al-Labban pernah mendapati bulan Ramadhan di tahun 427 H di Baghdad, beliau sholat tarawih bersama orang-orang dalam setiap malamnya selama sebulan penuh. Dan beliau jika sudah selesai sholat, maka senantiasa beliau sholat hingga waktu subuh. Jika sudah sholat subuh, maka beliau melanjutkannya dengan membuka majelis bersama sahabat-sahabatnya.Beliau pernah berkata, Aku tidak pernah meletakkan pinggangku untuk tidur selama sebulan ini baik siang ataupun malam (Tarikh al-Islam, 1/3145)
Demikianlah mujahadah dan semangat ibadah para ulama salaf di bulan Ramadhan yang mulia, semangat yang begitu tinggi, fokus yang luar biasa, keikhlasan yang luhur dan ketaatan yang optimal, sungguh jauh jarak di antara kita dan mereka. patutlah kita yang seharusnya lebih sedih dan banyak meneteskan air mata daripada mereka, karena kita akui banyak ibadah kita yang kurang optimal bahkan banyak kekurangannya selama di bulan Ramadhan yang beberapa hari lagi akan pamit meninggalkan kita ini bahkan pada sepuluh hari terakhir Ramadhan, yang seharusnya kita lebih giat dan semangat lagi melakukan ibadah i'tikaf, membaca al-Quran, berdzikir dan lainnya, tapi malah disibukkan dengan belanja, membeli baju lebaran, disibukkan memasak, membuat kue, dan lain-lain.
Semoga Allah menerima shiyam, qiyam kita, dan menerima sedikit amal kita selama bulan Ramadhan ini. Semoga Allah mengampuni segala dosa-dosa hingga bulan Ramadhan pergi kita kembali menjadi menuju fitrah, dan semoga kita dipanjangkan usia oleh Allah hingga berjumpa kembali dengan bulan Ramadhan di tahun-tahun yang akan datang. Aamiin Yaa Rabbal aalamiin..