11 aplikasi belajar online yang bisa kamu gunakan

 

Salah satu aplikasi belajar online (e-learning) yang disarankan oleh Pemerintah adalah menggunakan Google Classroom. Aplikasi ini merupakan salah satu fitur dari G suite for education yang disediakan oleh pihak Google sebagai salah satu teknologi informasi yang dapat mempermudah kegiatan pembelajaran jarak jauh. Fitur G suite ini merupakan fitur yang berbasiskan teknologi cloud yang mudah diaplikasikan.

Google classroom bisa diunggah dengan sangat mudah melalui google play store untuk pengguna Android atau apps store untuk pengguna Apple secara gratis. Penggunaan layanan google classroom ini sangat memudahkan para pengajar membuat, memberikan tugas, memberikan nilai maupun membuka kelas secara online dengan sangat efektif. Dengan google classroom, para pengajar dapat melakukan kegiatan belajar mengajar seperti halnya sedang mengajar di dalam kelas tanpa dibatasi oleh waktu. Selain itu, google classroom juga sudah terhubung dengan aplikasi pendukung pembelajaran lainnya seperti Google Drive, Google Meet, Google Document, Vault dan lain sebagainya.

Meskipun aplikasi google classroom merupakan aplikasi terbaik saat ini, namun masih banyak lho aplikasi belajar online yang bisa kamu gunakan sebagai alternatif selain google classroom untuk belajar online. Apa saja aplikasi tersebut? Berikut ini adalah 11 aplikasi belajar online yang bisa kamu gunakan:

Aplikasi Alternatif Selain Google Classroom

Moodle kepanjangan dari Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment merupakan salah satu aplikasi atau teknologi perangkat lunak berbasis website yang memiliki fungsi sama seperti halnya dengan google classroom yaitu bisa mengganti media belajar mengajar secara offline menjadi media belajar mengajar yang dapat dilakukan secara online. 

Aplikasi ini memanfaatkan teknologi informasi sebagai salah satu bentuk mekanisme dan konsep belajar mengajar yang mudah untuk diterapkan. Dimana para murid dapat mengakses dengan sangat mudah berbagai materi pelajaran melalui sebuah ruang kelas yang berbasis digital. Selain itu, para pengajar pun bisa membuat materi pelajaran, membuat kuis online, membuat jurnal, mengunggah materi, mengunggah soal, membuat tugas dan lain sebagainya dalam satu aplikasi dengan mudah.

Fitur Yang Terdapat Di Moodle

Format pembelajaran yang terdapat pada aplikasi Moodle adalah dalam bentuk SCORM. SCORM kepanjangan dari Sharable Content Object Reference Model merupakan ukuran penyaluran sebuah paket pembelajaran secara elektronik yang bisa dipakai untuk mengakomodasi berbagai jenis format materi pelajaran, entah itu dalam bentuk video, animasi, teks dan audio.

Cara Kerja dan Penggunaan Moodle

Bersamaan dengan perkembangan teknologi digital yang tumbuh semakin pesat, aplikasi Moodle saat ini sudah bisa diakses oleh seluruh pengguna menggunakan perangkat Android maupun iOS. Cara menggunakan aplikasi Moodle ini juga terbilang cukup mudah, para murid hanya perlu melakukan Log In untuk memilih kelas yang didaftarkan, kemudian pada aplikasi ini juga aktivitas para murid akan terpantau dengan sangat baik antara proses belajar mengajar dan juga nilai setiap mata pelajaran yang sudah diajarkan. 

Aplikasi Moodle dapat bekerja secara otomatis tanpa perlu dilakukan modifikasi terlebih dahulu karena aplikasi ini sudah support berbagai jenis database dan mendukung versi PHP mulai dari versi terendah sampai versi tertinggi. Sehingga para pengguna aplikasi Moodle dapat memilih salah satu jenis database open source yang ingin digunakan seperti MySQL, PostgreSQL, MariaDB, Microsoft SQL Server dan Oracle. 

Masterweb sebagai salah satu provider layanan hosting terbaik Indonesia yang menyediakan aplikasi Moodle di semua produk hostingnya, mulai dari paket hosting terendah sampai dengan paket hosting paling tinggi. Salah satu layanan hosting yang menyediakan aplikasi Moodle ini adalah VPS Masterweb. Kamu jangan khawatir dengan harga yang ditawarkan, karena Masterweb menjual produk VPS hosting dengan harga yang paling terjangkau jika dibandingkan dengan provider hosting lainnya.

Baca Juga : Cara Install Moodle di VPS

Selain harganya yang paling murah, produk VPS Linux murah dari Masterweb ini memiliki spesifikasi hosting yang mumpuni dengan kapasitas yang besar, sehingga situs website kamu tidak akan merasakan yang namanya downtime atau lambat ketika diakses. Apalagi aplikasi Moodle ini dipakai untuk kegiatan belajar mengajar yang pastinya memerlukan performa website yang stabil dan kapasitas yang besar untuk menampung segala jenis file-file materi pembelajaran.

Aplikasi Edmodo

Aplikasi Alternatif Selain Google Classroom

Mungkin beberapa #MWNers disini jarang mendengar salah satu aplikasi belajar online yang satu ini karena memang di Indonesia aplikasi ini belum banyak orang yang menggunakannya. Edmodo merupakan sebuah layanan belajar online yang lumayan terkenal di Amerika serikat, sering dipakai sebagai alat untuk berkomunikasi antara guru dengan para murid dan juga orang tua murid. 

Layanan belajar online yang sering disebut sebagai LMS (Learning Management System) ini memiliki fungsi yang dapat meringankan pekerjaan para guru, dimana mereka dapat dengan mudahnya mendistribusikan berbagai teks, konten, tugas, dan pekerjaan rumah kepada para muridnya hanya dalam satu aplikasi saja secara online. Karena aplikasi ini diperuntukan dan difokuskan untuk para guru, sehingga para murid dan orang tua murid hanya bisa bergabung  ke dalam aplikasi tersebut apabila guru tersebut mengundangnya.

Cara Menggunakan Aplikasi Edmodo

Hal utama yang perlu dilakukan para guru untuk memulai menggunakan aplikasi belajar online ini adalah dengan membuat akun Edmodo. Para guru bisa membuat akun Edmodo dengan menghubungkan akun mereka yang sudah ada seperti akun gmail atau akun sosial media seperti akun Facebook. Setelah membuat akun Edmodo, para guru dapat segera melakukan Log In melalui pc masing-masing yang sudah terhubung dengan jaringan internet atau melalui aplikasi yang sudah kamu unduh di play store untuk perangkat Android atau Apps Store untuk perangkat iOS. 

Ketika sudah berkumpul semua di aplikasi tersebut, para guru mulai membuat sebuah grup yang kemudian mengundang para murid dan orang tua murid untuk ikut bergabung. Di dalam grup tersebut, kemudian para guru dapat membagikan materi pembelajaran yang sudah mereka buat dan ditampilkan agar seluruh murid dan orang tua dapat melihat materi pembelajaran yang diberikan.

Aplikasi Sevima EdLink

Aplikasi Alternatif Selain Google Classroom

Sevima EdLink merupakan salah satu aplikasi alternatif selain google class room yang memiliki fungsi dapat membantu mempermudah para dosen dan mahasiswa dalam kegiatan belajar mengajar secara online. Aplikasi berbasis Android ini menjadikan sebuah metode perkuliahan jarak jauh menjadi lebih efektif dan sangat mudah karena hanya dilakukan melalui video konferensi dengan perangkat smartphone. 

Selain itu, para mahasiswa tidak akan ketinggalan pelajaran atau tugas yang diberikan para dosen, karena akan ada notifikasi yang muncul di smartphone para mahasiswa ketika jadwal pembelajaran akan dimulai, sehingga para mahasiswa tidak akan ketinggalan informasi yang akan diberikan para dosen, bahkan bisa membantu mahasiswa agar bisa belajar disiplin dan lebih rajin.

Fitur Di Aplikasi Sevima EdLink

  • Fitur reminder jadwal perkuliahan
  • Fitur grup diskusi atau forum kelas perkuliahan
  • Presensi yang terhubung dengan SIAKAD melalui smartphone
  • Fitur kuis perkuliahan yang interaktif
  • Fitur kirim pesan
  • Rekapitulasi hasil perkuliahan
  • Fitur cek laporan pembelajaran mahasiswa

Cara Menggunakan Aplikasi Sevima EdLink

Untuk menggunakan aplikasi Sevima EdLink, para dosen maupun para mahasiswa hanya menggunakan perangkat smartphone untuk saling berkomunikasi, para dosen sudah bisa memberikan tugas maupun memberikan nilai kepada mahasiswanya dengan sangat mudah. Dan dengan menggunakan smartphone juga, para mahasiswa dapat dengan mudah mempresentasikan dan mengirimkan semua tugasnya secara singkat kepada dosen melalui perangkat smartphone.

Yang perlu kamu lakukan pertama kali ketika ingin menggunakan aplikasi Sevima EdLink adalah dengan melakukan registrasi terlebih dahulu dengan mengisi nama, alamat email, dan juga password. Setelah itu, kamu akan mendapatkan kode verifikasi melalui email yang sudah kamu daftarkan sebelumnya dan masukkan kode verifikasi tersebut ke dalam aplikasi EdLink. Setelah itu silahkan kamu login, dan kamu sudah bisa menggunakan aplikasi EdLink. 

Aplikasi Zenius Education

Aplikasi Alternatif Selain Google Classroom

Zenius Education merupakan aplikasi pembelajaran online yang menyediakan akses untuk melakukan kegiatan latihan soal dengan ribuan soal latihan yang bisa diakses oleh para siswa melalui internet. Selain itu, para guru dapat dengan mudah membagikan berbagai konten pembelajaran dalam bentuk video kepada para murid maupun orang tua murid melalui akun media sosial mereka seperti di grup Whatsapp.

Fitur Aplikasi Zenius Education

Fitur yang disediakan oleh aplikasi zenius meliputi berbagai pilihan yaitu:

  • Fitur untuk semua member

Beberapa fitur tentang latihan soal dengan adanya penilaian secara langsung, fitur pencarian materi pembelajaran berdasarkan keyword yang diinginkan, fitur yang bisa mengunduh latihan soal dalam bentuk pdf.

  • Fitur untuk regular member

Para member hanya bisa menonton video yang ditampilkan untuk teori pertamanya saja, dan setiap harinya hanya dapat menonton 3 video saja.

  • Fitur untuk premium member

Dapat menonton video teori dan pembahasan tanpa ada batasan waktu dan jumlah video yang ingin ditonton.

Aplikasi Quipper

Quipper merupakan aplikasi atau layanan online gratis yang diperuntukan untuk para guru dan para murid. Dengan quipper ini, para guru dan murid dapat dengan mudah mengakses lebih dari 75 ribu soal – soal pembelajaran dan lebih dari 10 ribu video yang meliputi materi pembelajaran kelas sembilan sampai dengan kelas dua belas.

Fitur Aplikasi Quipper

Ketika kamu menggunakan aplikasi Quipper, kamu akan mendapatkan akses ke dua fitur utama dan beberapa keuntungannya yaitu :

  • Fitur tanya tutor

Di dalam fitur ini, kamu bisa melakukan tanya jawab tentang beberapa tugas sekolah maupun tata cara mempersiapkan ujian sekolah, membahas berbagai topik yang belum dipahami, dan melakukan diskusi sepuasnya sampai kamu bisa tanpa dibatasi oleh waktu.

  • Fitur Bimbel (Bimbingan Online)

Pada fitur bimbel, kamu bisa merencanakan jadwal belajar sesuai dengan keinginan yang kamu butuhkan, bisa berdiskusi mengenai jurusan maupun universitas yang terbaik untuk kamu, bisa berkonsultasi tentang masalah akademis, dan meningkatkan motivasi dalam belajar. 

Kesimpulan

Selama ada himbauan dari Pemerintah untuk melakukan segala kegiatan belajar mengajar dari dalam rumah, kamu bisa memanfaatkan beberapa teknologi informasi yang diusulkan oleh Pemerintah secara gratis. Adapun google class room sebagai salah satu aplikasi yang Pemerintah usulkan untuk dipakai oleh seluruh masyarakat dalam membantu kegiatan belajar mengajar secara online layaknya pembelajaran yang dilakukan di dalam sekolah. 

Namun selain google classroom, ternyata masih banyak aplikasi atau teknologi alternatif selain google classroom dengan fungsi sama yang bisa digunakan seperti aplikasi Edmodo, aplikasi Quipper, aplikasi Zenius education, aplikasi Sevima EdLink dan Moodle. Kelima aplikasi ini memiliki segudang fitur dan juga manfaat yang bisa kalian gunakan sebagai pengganti media pembelajaran yang biasanya dilakukan secara offline.

Demikian informasi yang dapat mimin sampaikan terkait aplikasi alternatif selain google classroom yang bisa kamu gunakan untuk menunjang segala aktivitas atau kegiatan belajar mengajar. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan dapat membantu kamu memberikan solusi yang terbaik. Selamat membaca ya!