contoh soal usbn seni budaya

21. Di bawah ini merupakan hasil analisa dalam partitur lagu Indonesia Raya, yaitu …
A. bertanda birama 4/4, dimulai ketukan ke 1, nada dasar Do= G, tempo sedang ekspresi agung
B. bertanda birama 4/4, dimulai ketukan ke 4, nada dasar Do= G, tempo sedang ekspresi berapi-api
C. bertanda birama 4/8, dimulai ketukan ke 1, nada dasar Do= F, tempo agak lambat, ekspresi gembira
D. bertanda birama 4/8, dimulai ketukan ke 1 , nada dasar Do = G, tempo cepat ekspresi dengan semangat
E. bertanda birama 4/4, dimulai ketukan ke 3, nada dasar Do= G, tempo sedang ekspresi gegap gempita




22. Pada partitur sebuah lagu, bertanda mula 3#, maka lagu tersebut nada dasarnya adalah …
A. Do= F
B. Do= G
C. Do= A
D. Do= B
E. Do= C
23. Tugas seksi dana/ usaha dalam kepanitiaan sebuah acara adalah …
A. dapat mengatur jalannya organisasi, mampu menyelesaikan masalah yang timbul pada saat pergelaran berlangsung
B. menyiapkan tempat pergelaran
C. berkewajiban membantu pencarian dana atau sumbangan dari berbagai pihak untuk menunjang keberhasilan pergelaran itu sendiri
D. bertanggung jawab penuh terhadap penggunaan dan penyimpanan uang yang masuk sebagai biaya pergelaran
E. bertugas menyimpan gambar yang akan dijadikan dokumentasi
24. Dalam sejarah musik, setiap era mempunyai karya musik dengan ciri-ciri berbeda, salah satu ciri-ciri karya musik pada jaman renaissance adalah …
A. musiknya tidak ada standard tertentu
B. perubahan tempo dengan accelerando dan ritardando
C. pola ritmenya tidak berbentuk, tangga nada whole tone, konsep hubungan yang bebas pada harmoni yang berdekatan
D. musiknya emosional, nasionalis, individual, eksotis, melarikan diri bahkan tidak rasional
E. melodi dan teksturnya masih menggunakan modus dari era sebelumnya
25. Harmoni merupakan salah satu unsur musik yang diwujudkan dalam bentuk …
A. akord
B. tangga nada
C. melodi
D. irama
E. birama


26. Pengertian komposisi dalam berkarya musik adalah …
A. penciptaan musik yang tidak tertulis danbersifat tidak abadi karena tidak dapat diulang kembali dalam bentuk serta intensitas yang sama
B. kegiatan pengkajian nilai seni seara luas, mendalam dan sitematis
C. penyusunan karya musik baik dalam bentuk lagu maupun instrumental yang diciptakan secara tertulis , bersifat abadi untuk diperdengarkan, dinilai dan diapresiasi masyarakat
D. hasil karya dari teknik menyusun, mengatur, merangkai dan menata kembali suatu karya musik yang sudah ada sehingga menjadi lebih indah dan representative dibanding lagu aslinya
E. kemampuan musisi mengelolah musik untuk memajukan dan mengembangkan musik yang bermanfaat bagi masyarakat
27. Di bawah merupakan lagu yang ditulis sesuai jenis tangga nadanya, yaitu …
A. Suwe Ora jamu menggunakan tangga nada diatonic
B. Hari Merdeka menggunakan tangga nada diatonic
C. Lingsir Wengi menggunakan tangga nada diatonic
D. Akad menggunakan tangga nada blue note
E. Bagimu Negeri menggunakan tangga nada hexatonis
28. Di bawah ini merupakan fungsi kritik musik yaitu untuk …
A. mengungkapkan hasil olahan perasaan dan pikiran seorang komponis
B. menyampaikan gagasan musisi dengan tujuan memperoleh keuntungan
C. mengembangkan kemampuan musisi dalam berkarya musik
D. membantu musisi dalam mengolah dan menata kembali musiknya agar lebih indah
E. mengenalkan karya musik dan memperluas wawasan masyarakat tentang musik
29. Di bawah ini merupakan kritik musik sesuai jenisnya, yaitu …
A. kritik jurnalistik : kritik yang menganggap seni sebagai sarana atau instrumen untuk mengembangkan tujuan tertentu seperti moral, politik dan psikologis
B. kritik ilmiah: kritik yang menandung aspek pemberitaan yang bersifat ilmiah
C. kritik populer: kritik ini menganggap karya seni sebagai rekaman perasaan yangdiekspresikan penciptanya
D. kritik pedagogic: kritik yang diterapkan pengajar seni dalam lembaga pendidikan
E. kritik instrumentalistik: kritik ini berasumsi bahwa instrument musik merupakan sarana seni untuk mengungkapkan perasaan
30. Tari Merak merupakan jenis tarian
A. Tari Klasik
B. Tari Tradisional
C. Tari Rakyat
D. Tari Kreasi
E. Tari Pertunjukan
31. Sebuah tarian sebenarnya perpaduan dari beberapa unsur yang mencakup ...
A. Wiraga, wirama, dan wirasa
B. Wiraga, sakmadya, dan wirasa
C. Wiraga, wirupa, dan wirasa
D. Sakmadya, wirama, dan wirasa
E. Sakmadya, sempurna, dan wirasa
32. Riasan penari yang mengubah seorang muda menjadi orang tua usia tujuh puluhan (kakek/ nenek) disebut ….
A. Aksen
B. Jenis
C. Usia
D. Watak
E. Temporal
33. Yang tidak termasuk fungsi kostum dalam pertunjukan tari ….
A. Memperjelas tema tari
B. Membantu menghidupkan karakter dan peran penari
C. Membantu ekspresi penari dalam melakukan gerak tari
D. Memberikan nilai tambah pada segi estetika dan etika
E. Menyusahkan gerak penari
34. Sesuatu yang menyangkut tata rias dan busana penari dan dekorasi dalam rancangan tari disebut ...
A. Wiraga
B. Wisarasa
C. Wirupa
D. Wirama
E. Wirausaha
35. Berikut yang tidak merupakan fungsi penataan musik iringan tari dalam pergelaran tari ….
A. Memberikan latar belakang
B. Memberikan warna psikologis
C. Memberikan selingan tari
D. Menyemarakkan suasana tari
E. Membuat para penontonnya gaduh
36. Yang tidak termasuk unsur-unsur yang mendukung pementasan teater adalah…
A. Tata busana
B. Tata lampu
C. Sutradara
D. Kondisi cuaca
E. Penonton
37. Teater tradisional dari Jakarta adalah…
A. Ketoprak
B. Ludruk
C. Wayang
D. Lenong
E. Randai
38. Orang yang bertanggung jawab mengoordinasikan semua peran dalam teater adalah…
A. Sutradara
B. Pemain
C. Produser
D. Pelatih
E. Stage manager
39. Teater secara etimologis berarti…
A. Lintasan waktu
B. Gedung pertunjukan
C. Gedung latihan
D. Gedung serbaguna
E. Cerita pementasan
40. Posisi pemeran diatas panggung, sehingga acting dapat dinikmati oleh penonton dengan baik disebut…
A. Akting
B. Bloking
C. Mimik
D. Gestur
E. Vokal