Kelebihan dan Kekurangan Google Classroom

 Wayah-e_Belajar saat ini menjadi lebih mudah. Karena didukung oleh berbagai teknologi yang semakin maju. Baik dalam bidang pendidikan, sosial, ekonomi, dan pertahanan. Dengan begitu maka kita menjadi lebih mudah dalam memanfaatkanya dengan baik dan bijak. Terutama pada ranah pendidikan yang harus kita perhatikan.


Maka Google dengan serius menggunakan dan membuat teknologi baru di dunia education. Dengan membuat layanan belajar online atau daring yang darinya diberinama Google Classroom.

Hal apa yang jadi kelebihan dan kekurangan Google Classroom. Kita tahu selama ini Google Classroom adalah layanan yang menyediakan fasilitas untuk belajar secara online.

Dulu Google Classroom tak banyak dikenal orang sebab masih sedikit orang yang memanfaatkannya untuk belajar secara online. Sekarang Google Classroom sudah menjadi aplikasi yang populer untuk melayani pembelajaran daring, karena banyaknya kebutuhan masyarakat akan kegiatan belajar online tersebut.

Dengan majunya perkembangan teknologi, maka Google membuat Aplikasi bernama Google Classroom untuk menjadi sarana belajar yang mudah. Google Classroom sendiri memiliki kelebihan dan banyak menyediakan fasilitas belajarnya.

Namun tak jarang orang mengira bahwa Google Classroom hanya bisa dibuat untuk belajar mengajar saja. Masih banyak hal yang dapat kita manfaatkan didalam aplikasi tersebut. Misal berkirim file, foto, berkas, dll. Selayaknya kita harus mengetahui kelebihanya.

Sebelum kita membahas lebih dalam lagi mengenai Google Classroom. Sebaiknya kita mengetahui dulu apa itu Google Classroom yang banyak dibicarakan orang itu.

Apa itu Google Classroom?

Google Classroom adalah sebuah layanan yang dibuat oleh Google untuk sekolah, atau untuk berkegiatan bersama dan setiap orang yang mempunyai akun Google atau gmail. Dan memudahkan kita dalam efisien waktu dan menghemat penggunaan kertas. Semua mudah saat menggunakan Google Classroom.


Kelebihan Google Classroom

Kita tak banyak tahu akan kelebihan yang dimiliki oleh Google Classroom, maka mari kita simak pembahasan berikut:

1. Sangat mobile Friendly untuk pemula

Kelebihan yang pertama adalah sangat mobile friendly untuk pemula, maksudnya orang yang baru pertama menggunakan Google Classroom pasti tidak akan mengalami kesulitan saat mengoprasikanya. Google sendiri sangat memperhatikan akan kenyamanan penggunanya. Maka Google Classroom didesain dengan sederhana akan tetapi banyak fitur. Maka wajar jika orang yang baru mengenal aplikasi ini langsung bisa menggunakannya.

Dengan kelebihan Google Classroom yang sedimikian mudah digunakan itu. Layak jika Google terus mengembangkan aplikasi ini supaya kedepanya bisa menjadi aplikasi yang bisa menunjang pendidikan di era daring/digital ini.

2. Mudah mengelola tugas yang diberikan

Selain mudah digunakan ada fitur lain di Google Classroom dimana kita saat diberikan tugas oleh guru atau admin kelas kita, maka dengan mudah kita bisa melihatnya pada satu halaman yang menyediakan laman tugas. Dengan begitu kita tidak usah repot-repot lagi mencari apa tugas yang telah diberikan oleh admin atau guru. Maka layak jika Google Classroom menjadi aplikasi alternatif belajar secara online atau daring. Google Classroom telah membuat mudah baik itu untuk siswa atau guru.

Materi yang diberikan juga otomatis tersampaikan ke laman siswa dan bisa kita terima juga liwat email. Google Classroom memberikan bentuk tugas atau materi dalam berbagai bentuk mulai dari dokumen, tulisan, foto, gambar, dan masih banyak lagi file yang dapat dikelola.

3. Semua file masuk ke Google Drive kita

Kelebihan Google Classroom ketiga adalah semua bentuk file baik itu mp4,mp3, docpdf,zip dan masih banyak lagi. Semua itu otomatis masuk ke akun Google Drive kita sehingga kita tidak usah mencari penyimpanan yang lain untuk menyimpan file yang telah kita upload. Google Classroom juga otomatis mensinkronkan antara akun gmail dengan akun Google class yang telah kita gunakan. Maka tidak usah khawatir akan kehilangan file ataupun dokumen yang lainya. Itu semua sudah tersimpan di Google Drive.

Untuk Google Classroom sendiri tidak mempunyai penyimpanan yang tetap. Teman-teman kalau belum mempunyai Google Drive maka download terlebih dahulu sebelum menggunakan Google class.

4. Mudah meninjau tugas sebelum dikirim

Meninjau tugas sangat diperlukan, karena kita bisa melihat kesalahan atau kekurangan apa yang masih ada di tugas yang akan kita kirim. Maka Google Classroom menyediakan fitur melihat tugas sebelum dikirim. Seharusnya setiap aplikasi belajar harus memberikan fitur seperti milik Google Classroom tersebut untuk memudahkan dalam peninjauan tugas kita.


Tak hanya fitur meninjau saja, Google Classroom juga memberikan fitur bagai pengajar yaitu pembuatan tugas yang sangat mudah dan menarik. Sehingga para siswa tidak bosan saat mengerjakan tugas di Google Classroom. Dan semua itu tersedia di 1 laman saja.

5. Sangat mudah melihat pengumuman dari pengajar

Pengumuman dalam Google Classroom dimaksudkan agar para pengajar bisa memberikan informasi baik itu absensi, tugas, foto siswa atau pengumuman yang bersifat penting lainya. Sehingga mempermudah guru dalam mengirimkan tugas di dalam laman Google Classroom tersebut. Tidak usah repot lagi mengirim pengumuman lewat sms atau pesan daring lagi.

Kelebihan dalam hal pengumuman juga didukung oleh kemudahan dalam hal diskusi. Karena Google Classroom menyediakan ruang diskusi di kolom komentar sehingga kita bisa berdiskusi dan bebas mengirim file untuk didiskusikan.

6. Bebas dari iklan dan aman


Kelebihan yang bisa kita rasakan saat menggunakan GC (Google Classroom) ini adalah semua kegiatan yang kita lakukan tidak akan diganggu dengan penayangan iklan. Sehingga kita lebih fokus dalam belajar dan berdiskusi di Google Classroom. Tanpa harus resah dengan banyaknya iklan yang tampil. Semua iklan baik itu iklan berbayar ataupun tidak, semua tidak ada di Google Classroom.

Sama halnya dengan aplikasi Gsuite lainya yang tidak ada iklannya. Maka Google Classroom juga memberikan fasilitas yang aman dari iklan yang dapat mengganggu para penggunanya.

7. Tersedia secara gratis 100%

Dari kebanyakan aplikasi yang dapat kita unduh secara gratis, maka kamu akan menemukan aplikasi Google Classroom yang tersedia secara gratis baik itu di playstore ataupun app store. Kita bisa bebas mendownloadnya kapanpun serta lebih efisien. Google Classroom sendiri menekankan bahwa aplikasi ini 100% gratis tanpa harus membayar dulu baru bisa menggunakanya.


Kelebihan yang sudah pasti diberikan kepada penggunanya, karena dengan memberikan secara gratis semua orang bisa leluasa menggunakan Google Classroom. Memanfaatkannya baik untuk belajar ataupun mengajar.

10 kelebihan dan kekurangan Google Classroom yang wajib diketahui

Kekurangan Google Classroom

Dipembahasan diatas kita sudah mengetahui kelebihan dari Google Classroom. Sekarang gantian membahas apa yang menjadi kelemahan dan kekurangan yang dimiliki oleh Google Classroom. Simak berikut:

8. Tampilan yang kurang menarik bagi siswa

Kekurangan yang pertama adalah tampilan yang dimiliki oleh Google Classroom kurang menarik. Hanya menampilkan beberapa pilihan gambar dan itu hanya berupa gambar cartoon. Classroom sebaiknya memberikan sebuah gambar bagi kelas untuk lebih menarik lagi supaya siswa yang belajar di Google Classroom tidak merasa bosan. Dengan tampilan yang apa adanya, mungkin bagi sebagian orang tidak masalah akan tetapi bagi mereka yang menyukai sebuah keindahan maka itu diperlukan.


Masalah tampilan ini memang membuat orang bingung. ada yang suka dan ada yang tidak suka dengan tampilan Google Classroom saat ini dan itu memang wajar. Memang tergantung selera orang yang menggunakanya. Karena selera orang itu berbeda-beda mengenai sebuah tampilan di aplikasi.

9. Saat Google Drive Penuh file tidak bisa dikirim

Yang sangat menjadi kekurangan serta kelemahan Google Classroom ini adalah dimana kalau Google Drive yang kita miliki penuh maka file atau dokumen yang kita kirim ke pengajar menjadi eror dan tidak terkirim. Ini sangat menggangu sekali bagi seorang siswa dan mengakibatkan dia harus membeli drive baru atau menginstall penyimpanan awan atau cloud storage yang baru. Kemudian dihubungkan ke Google Classroom terlebih dahulu sebelum menggunakan Google Classrom tersebut supaya bisa digunakan.

Saat Google Drive mencapai batas penyimpananya, maka setiap file yang dikirim tidak akan masuk ke Google Classroom. Mengapa? Karena itu tadi Google Classroom belum mempunyai sistem penyimpanan sendiri jadinya masih numpang Google Drive.

10. Waktu pengiriman masih bisa diatur

Kekurangan yang ketiga adalah apabila kita ingin mengirim file ke Google Classroom kita bisa mengatur waktu pengirimanya. Maksudnya, apabila kita terlambat mengirim file kita bisa mengundurkan waktu di smartphone kita sehari supaya kita bisa menyerahkan file kita. Yang semula tidak bisa diserahkan karena terlambat. Mungkin Google Classroom belum menyadarinya ataukah pengajar yang masih bisa mengetahuinya.

Kelemahan tadi masih menjadi tanda tanya yang besar. Sebab kita bisa mengirim file yang sudah melewati batas di Google Classroom, tetapi akankah diserahkan dalam tepat waktu ataukah terlambat. Itu masih menjadi bahan untuk diuji. Google Classroom sendiri juga belum mengumumkan akan hal itu.


Kesimpulan

Google Classroom adalah layanan yang disediakan oleh Google untuk memudahkan kita dalam belajar lewat daring. Baik membuat kelas ataupun berdiskusi secara online. Serta membuat kita menjadi efisien. Ada bebrapa keunggulan dan kelemahan yang sudah Wayah-e berikan.

Itu tadi pengertian dan banyak fitur serta beberapa kelebihan dan kekurangan Google Classroom yang wajib kita ketahui. Semoga bermanfaat dan semoga harimu menyenangkan Wilujeng