google classroom

 google classroom adalah suatu aplikasi pembelajaran campuranyang diperuntukkan terhadap setiap ruang lingkup pendidikan yang dimaksudkan untuk menemukan jalan keluar atas kesulitan dalam membuat, membagikan, dan menggolong-golongkan setiap penugasan tanpa kertas. Aplikasi google classroom ini dirilis pada tanggal 12 agustus 2014, sistem operasi ini bisa digunakan di smartphone kalian, kalian bisa unduh di playstore dan sebagainnya.

Nah, google classroom disini juga mempunyai banyak keistmewaan diantaranya adalah pembuatan dan pemberian tugas bisa dilakukan penelesaiannya melewati google drive sambil menggunakan gmail untuk membuat pemberitahuan di ruang kelas google. Para murid dapat diundang se sebuah ruang kelas dengan beberapa cara yaitu melalui basis data lembaga, melalui sebuah kode pribadi yang kemudian dapat ditambahkan di dalam antarmuka murid atau dengan didatangkan secara sendirian dari sistem pengelolaan keterangan sekolah. Google classroom disatupadukan dengan gooflr calender dari para murid dan guru. Tiap-tiap kelas dibuatkan dengan adanya sebuah berkas yang dipisahkan oleh google classroom dalam masing-masing layanan google dimana para murid dapat menyerahkan hasil kerjanya untuk digolong-golongkan oleh seorang guru. Penyampaian kabar melalui gmail membebaskan para guru untuk membuat pengumuman serta menanyakan mengenai soal-soal kepada muridnya dalam kelasnya masing-masing. Dan juga yang mencadi keistimewaan selanjutnya adalah tidak terdapat pariwara atau oiklan apapun dalam bagian antarmuka untuk para murid, dsb.

Nah teman-teman sekalian, bukan hanya keistimewaan saja yang dimiliki oleh google classrom, melainkan juga memiliki kelebihan. Nah apasaja sih kelebihannya? Yuk simak berikut ini.

EPORT THIS AD

Kelebihan dari google classroom

Dari sisi manajemen kelas, google classroom lebih rapi dibanding dengan media social lain, di google classroom ada menu ‘classwork’ yang akan mengelompokkan file unggahan menjadi dua: file materi dan file  tugas. Ketika menu ini diklik, maka kalian akan disajikan daftar materi dan daftar tugas yang ada di kelas. Uniknya daftar ini bisa terdiri beberapa file yang dikelompokkan dalam satu atau beberapa kategori. Misalnya nih kita bikin kategori: Materi pengenalan wordpress. Dalam satu kategori ini kita bisa isi dengan beberapa file materi. Sehingga tidak bercampur dengan file dari kategori yang berbeda. Hal ini memudahkan identifikasi peserta kelas untuk mengetahui ada berapa materi yang harus dikuasai pada kategori kelas yang diikuti. Sehingga ketika ada siswa susulan atau yang baru masuk dalam google classroom, siswa tersebut dengan mudah menyesuaikan dan tidak harus kehilangan materi yang sudah disampaikan oleh guru.

Nah, ketika ada kelebihan pada fitur-fitur yang disediakan pastinya ada secuil kelemahan yang ada, apasih kelemahan dari google classroom?

Kelemahannya adalah

  1. hanya bisa diakses dengan akun google, sebenarnya sama dengan media social yang lain, mereka harus log in menggunakan akun yang dibuat di media social tersebut. Namun, di media social lain biasanya untuk sign in bisa memakai akun email dari platform manapun. Sehingga memungkinkan untuk menerima akses pengguna dari kalangan tak terbatas. Sedangkan google classroom hanya bisa diakses oleh pemilik akun google. Hal ini sebagai syarat mutlak untuk bisa menikmati fitur-fitur yang ada didalamnya. Sebenarnya sih wajar aja, karena memang google classroom ini milik google, tapi resikonya memang hanya bisa diakses oleh kalangan terbatas. Yaitu yang memiliki akun google.
  2. Tidak ada tombol share untuk berbagi kegiatan kelas dengan orang lain, jika kita sedang menggunakan google classroom jangan harap bisa seenaknya share kegiatan kelas yang sedang berlangsung. Karena google classroom tidak disediakan tombol share sebagaimana yang biasa kita temukan di media social. Jika tidak bisa merekomendasikan orang lain untuk join kelas melalui klik link referral yang di share.
  3. Tidak ada tombol like atau indicator yang menunjukkan jumlah audiens yang sudah mmembaca atau menyukai materi yang dibagikan kelas.

Kalian pasti bingung bagaimana cara membuatnya, berikut ini saya akan akan tampilkan untuk kalian semua.

Cara memulai google classroom

Untuk memulai Google Classroom kita bisa mengakses browser yang ada di computer desktop maupun dengan aplikasi Google Classroom yang sudah kita install di handphone. Tentu saja harus dipastikan terlebih dulu ada koneksi internet yang cukup. Karena Google Classroom adalah aplikasi yang hanya bisa dijalankan secara online.

Jika kita adalah pengguna android, aplikasi Google Classroom dapat langsung diunduh di Google Play Store. Silakan unduh dan install terlebih dulu sebelum mengaksesnya.

Di sini kami akan menyajikan langkah-langkah memulai Google Classroom yang diakses di computer desktop. Nanti untuk langkah-langkah di aplikasi handphone bisa menyesuaikan dengan panduan yang kami sampaikan di sini.

Pertama, buka browser internet lalu ketikkan ‘classroom.google.com’ di kolom alamat url lalu tekan ‘Enter’ atau klik saja link: Google Classroom

Kedua, pilih akun google yang akan dipakai, klik “CONTINUE” maka akan masuk ke laman utama Google Classroom.

g1

Ketiga, untuk join kelas, silahkan klik tanda “+” pilih “join class”

g3

Keempat, isikan kode (yang sebelumnya sudah kita dapatkan dari teman atau pengajar) lalu klik “JOIN”

g2