Hak dan kewajiban suami isteri.

    Al Qur’an surat An Nisa’ ayat 34 :

الرجال قوامون على النساء بما فضل الله بعضهم على بعض وبما أنفقوا من أموالهم
Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki)telah menafkahkan dari sebagian harta mereka.

    Al Qur’an surat Al Baqarah ayat 228 :

ولهن مثل الذي عليهن بالمعروف
Dan para wanita mempunyai hak yang seimbang dengan kewajibannya menurut cara yang makruf.

    Al Qur’an surat An Nisa’ ayat 19 :

وعاشروهن بالمعروف فإن كرهتموهن فعسى أن تكرهوا شيئا ويجعل الله فيه
خيرا كثيرا
Dan pergaulilah mereka (isteri-isterimu) secara patut. Kemudian bila kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak.

    Al Qur’an surat Asy Syuraa ayat 38 :

وأمرهم شورى بينهم
Urusan mereka diputuskan dengan musyawarah diantara mereka

    Hadits Rasulullah saw :

فاتقوا الله فى النساء فإنكم أخذتـموهن بأمانة الله …… إلى قوله … ولهن عليكم رزقهن وكسوتـهن بالمعروف
Takutlah kamu kepada Allah tentang isterimu, karena engkau mengambil dia dengan amanat Allah …… s/d …… kamu wajib memberi nafkah dan pakaian kepadanya secara baik.

    Hadits Rasulullah saw :

أكمل المؤمنين إيـمانا أحسنهم خلقا, وخياركم خياركم لنسائهم
Sempurnanya iman seorang mukmin itu terletak pada bagusnya akhlak mereka. Dan orang yang terpilih diantaramu tergantung pada pilihan isterinya.

    Kitab Bughyatul mustarsyidin halaman 215 :

الحقوق الواجبة للزوج على زوجته أربعة طاعته و معاشرته بالمعروف و تسليم نفسها إليه وملازمة المسكن . والوجبة لها عليه أربعة أيضا ومعاشرتها بالمعروف ومؤنـها والمهر والقسم
Hak-hak bagi suami yang merupakan kewajiban atas isteri itu ada empat yaitu taatnya isteri, sikap yang baik dari isteri, penyerahan diri si isteri dan menempati tempat yang disediakan suami. Demikian pula kewajiban atas suami yang menjadi hak isteri ada empat yaitu sikap yang baik dari suami, nafkah kepada isteri, mahar dan giliran ( jika poligami).