Harta Bersama/Gono-gini.

    Al Qur’an Surat An Nisa’ ayat 32 :

ولا تتمنّوا ما فضل الله به بعضكم على بعض للرجال نصيب مما اكتسبوا وللنساء نصيب مما اكتسبن واسئلوا الله من فضله إنّ الله كان بكلّ شيئ عليما
Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebahagian kamu lebih banyak dari pada sebahagian yang lain. (Karena) bagi orang laki-laki ada bahagian dari pada apa yang mereka usahakan, dan bagi apara wanita (pun) ada bahagian dari apa yang mereka usahakan, dan mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia Nya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

    Kitab Nailul Authar juz VIII halaman 313 :

وأما إذا كان في يد أحدهما فالقول قوله
Apabila harta itu berada pada salah satu pihak, maka yang diterima adalah pengakuan pihak yang memegang harta itu.

    Kitab Bughyatul Mustarsyidin halaman 100 :

إختلط مال الزوجين ولم يعلم أيهما أكثر …… فإن كان في يدهما فلكل تحليف الأخر فم يقسم قسمين
Apabila harta suami isteri bercampur dan tidak diketahui mana diantara keduanya yang lebih banyak ………….. kalau harta itu ada di tangan kedua suami isteri, maka masing-masing dari mereka bersumpah satu sama lain, kemudian harta tersebut dibagi dua.

    Kitab Fiqh Islami wa adillatuhu jilid 7 halaman 792 :

إذا عملت الزوجة نهارا أو ليلا خارج المنـزل كالطبيبة والمعلمة والمحامية والممرضة والصناعة ……… إذا رضي الوزج بخروجها ولم يمنعها من العمل , وجبت لها النفقة لأن إحتباس الزوجة حق للزوج فله أن يتنازل عنه
Apabila isteri bekerja siang dan malam di luar rumah seperti menjadi dokter, guru/ dosen, advokat, perawat dan pekerja/buruh, jika suami ridha dengan keluarnya isteri dan tidak menghalangi untuk bekerja, maka wajib bagi si isteri untuk memperoleh nafkah (dari suami), karena mencegah isteri (untuk bekerja) itu adalah hak suami, dan bagi suami boleh melepaskan haknya itu.