Tamkin dan Nusyuz.

    Al Qur’an Surat An Nisa’ ayat 128 :

وإن امرأة خافت من بعلها نشوزا أو إعراضا فلا جناح عليهما أن يصلحا بينهما صلحا. والصلح خير وأحضرت الأنفص الشح. وإن تحسنوا وتتقوا فإن الله كان بما تعملون خبيرا
Dan jika seorang wanita khawatir akan nusyuz atau sikap tidak acuh dari suaminya, maka tidak mengapa bagi keduanyamengadakan perdamaian yang sebenar-benarnya. Dan perdamaian itu lebih baik (bagi mereka) walaupun manusia itu menurut tabiatnya kikir. Dan jika kamu menggauli isterimu dengan baik dan memelihara dirimu (dari nusyuz dan sikap tak acuh), maka sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

    Kitab Al Iqna’ juz II halaman 140 :

والنشوز هو الخروج عن الطاعة
Nusyuz itu ialah keluar dari tha’at.

    Kitab Al Iqna’ juz II halaman 144 :

والنشوز يحصل بخروجها من منـزل زوجها بغير إذنه لا إلى القاضى لطلب الحق منه ولا إلى اكتسابها النفقة اذ أعسر بها الزوج ولا إلى استفتاء إذا لم يكن زوجها فقيها ولم يستفت لها ويحصل أيضا بمنعها الزوج من الإستمتاع ولو غير الجماع حيث لا عذر لا منعها له منه تذلّلا ولا الشتم له ولا الإيذاء له باللسان وغيره بل تأثّم به وتستحق التأدب
Nusyuz itu cukup dengan keluarnya si isteri dari tempat suaminya tanpa izin, bukan pergi ke Pengadilan untuk menuntut haknya atau pergi mencari nafkah apabila suaminya miskin, tidak juga minta fatwa, jika suaminya tidak dapat memberi fatwa. Dianggap nusyuz juga (si isteri) karena menolak bermesraan, walaupun selain jima’ tanpa alasan yang sah. Tidak termasuk nusyuz mencegahnya karena menganggap hina dan mengumpatnya, dan tidak pula menyakitinya dengan lisan atau lainnya, namun dia berdosa karena sikap tersebut dan berhak mendapat pengajaran.

    Kitab Fathul Wahab juz II hal 63 :

... فمن خرجت عن طاعة زوجها كأن خرجت من مسكنه بغير إذن أو لم تفتح له الباب ليدخل أو لم تمكنه من نفسها لا تستحق قسما كما لا تستحق نفقة وإذا عادت للطاعة لا تستحق قضاء
Siapa yang keluar dari mentaati suaminya, seperti ia keluar dari rumahnya tanpa izin suaminya atau ia tidak mau membukakan pintu bagi suaminya, atau ia tidak mau menyerahkan dirinya, maka ia tidak berhak mendapat giliran sebagaimana ia tidak berhak mendapat nafkah. Dan kalau ia taat kembali kepada suaminya, tidak berlaku qadla’ untuk hal tersebut.

    Kitab Bughyatul Mustarsyidin halaman 272 :

وترك إجابته إلى المسكن اللائق بها نشوز
Tidak mau diajak pindah oleh suaminya ke tempat yang layak baginya, adalah nusyuz.

    Kitab Al Mughni, Ibnu Qudamah juz VI halaman 295 :

النشوز أي إمتنعت من فراشه أو خرجت من منـزله بغير إذنه
Nusyuz, yaitu jika seorang perempuan menolak seketiduran dengan suami atau keluar dari rumahnya tanpa seizin suami.

    Kitab Subulus Salam juz III halaman 40 :

فإن طلبت الطلاق نشوز
Jika seorang isteri minta cerai, ia termasuk isteri yang nusyuz.

    Kitab I’anatut thalibin juz IV halaman 60 dan 61 :

يصدق هو بيمينه فى عدم التمكين وهي فى عدم النشوز
Fihak suami dibenarkan dengan sumpahnya tentang tidak adanya tamkin, sedang fihak isteri dibenarkan dengan sumpahnya tentang tidak adanya nusyuz.

    Kitab Bughyatul Mustarsyidin halaman 240 :

تصدق المرأة بيمينها في عدم النشوز أي بعد التمكين
Fihak isteri dibenarkan dengan sumpahnya tentang tidak adanya nusyuz (sesudah tamkin).

    Kitab I’anatut thalibin juz IV halaman 82 :

ويحصل النشوز بسفرها بإذنه أيضا ولكن كان سفرها لغرضها أو لغرض أجنبي
ولوسافرت بإذنه لغرضهما معا فمقتضى المرجح عدم السقوط
Dapat dianggap nusyuz, isteri yang pergi atas kehendaknya sendiri atau kehendak orang lain, meskipun mendapat izin suami. Dan jika perginya itu atas kehendak kedua suami isteri, maka kewajiban nafkah tidak gugur.

    Kitab I’anatut thalibin juz IV halaman 85 :

لونشزت بالخروج من المنـزل فغاب وأطاعت فى غيبته بنحوعودها للمنـزل لم تجب مؤنتها مادام غائبا فى الأصح الخ (قوله فى الأصح) مقابله يقول مؤنتها تجب لعودها إلى الطاعة الخ. وقضية قول الشافعى فى القديم أن النفقة تعود عند عودها بطاعة الخ
Jika isteri nusyuz dengan keluar dari rumah, lalu si suami pergi, dan waktu suami masih pergi, isteri kembali taat pulang ke rumah lagi, maka nafkah tidak wajib selama suami masih pergi, menurut pendapat yang ashah (lebih sah). Lawan pendapat yang ashah, nafkah jadi wajib lagi setelah isteri kembali taat, dan pendapat yang terakhir ini sesuai dengan pendapat Imam Syafi’I menurut qaul qadim.