Transmisi sinyal suara ke Otak

Struktur apakah yang mentransmisi sinyal suara ke otak adalah saraf yang di terima oleh reseptor sensorik berupa organ korti yang ada pada rumah siput.
Gelombang suara yang ditimbulkan dari pukulan panci akan menggetarkan plastik. Jadi getaran ini akan dirambatkan dengan medium udara dalam bentuk gelombang. Seperti halnya pada telinga kita, pada saat ada suara, suara ini muncul karena bergetarnya pita suara. Getaran tersebut selanjutnya dirambatkan dalam bentuk gelombang yang kemudian diterima oleh gendang telinga kita. Perambatan gelombang tersebut melalui medium udara.Proses ini akan dapat menimbulkan getaran pada gendang telinga.

Bagian dari telinga manusia, telinga bagian luar terdiri dari daun telinga dan saluran telinga, telinga bagian tengah yang terdiri dari bagian gendang telinga, tulang telinga dan saluran eustachius dan bagian dalam terdiri dari rumah siput dan saluran gelang.
Getaran adalah gerakan bolak-balik secara teratur melalui titik keseimbangan, bunyi muncul karena adanya benda yang bergetar. Seperti ketika kita berbicara, bunyi terbentuk karena bergetarnya pita suara kita.

Sumber : buku K13 Ilmu Pengetahuan Alam kelas 8