Khulu’.

    Al Qur’an Surat Al Baqarah ayat 229 :

فإن خفتم ألاّ يقيما حدود الله فلا جناح عليهما فيما افتدت به تلك حدود الله فلا تعتدوها ومن يتعدّ حدود الله فأولئك هم الظالمون
Jika kamu khawatir bahwa keduanya (suami isteri) tidak akan menjalankan hukum-hukum Allah, maka tidak ada dosa atas keduanya tentang bayaran yang diberikan untuk menebus dirinya. Itulah hukum-hukum Allah, maka janganlah kamu melanggarnya. Barangsiapa yang melanggar hukum-hukum Allah mereka itulah orang-orang yang zhalim.

    Hadits Rasulullah saw. , dalam Kitab Nailul Authar juz VII halaman 34 :

عن ابن عباس جائت إمرأة ثابت بن قيس بن شماس إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم فقالت يا رسول الله إني ما أعتب عليه في خلق ولا دين ولكني أكره الكفر في الإسلام فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم أتريدين عليه حديقته قالت نعمفقال رسول الله صلى الله عليه وسلم أقبل الحديقة وطلقها تطليقة (رواه البخارى والنسائ )
Dari Ibnu Abbas berkata : Bahwa isteri Tsabit bin Qois bin Syimas menghadap kepada Rasulullah saw seraya berkata : “Ya Rasulullah sesungguhnya saya tidak mencela suami saya tentang akhlaq dan agamanya, tetapi saya takut melanggar hukum Allah dalam bidang rumah tangga. Maka Rasulullahi bersabda : “Apakah kamu bersedia mengembalikan kebunnya kepadanya ?” Maka isteri Tsabit menjawab : “Ya”. Maka Rasulullah memerintahkan kepada Tsabit untuk menerima kebun tadi dan memerintahkan pula untuk mentalak isterinya dengan talak satu khul’i. (Riwayat Bukhari dan An Nasa’i).

    Hadits Rasulullah saw. Diriwayatkan oleh Abu Daud dari At Tirmidzi:

إن امرأة ثابت بن قيس إختلعت منه فجعل النبي صلى الله وسلم عدتها حيضة
Bahwasanya isteri Tsabit bin Qais mengajukan permohonan agar tali perkawinan dengan suaminya itu diputus, maka Nabi saw menetapkan iddahnya satu kali haid.

    Kitab Al Anwar juz II halaman 100 :

وهو لغة النـزع, وشرعا الفرقة بعوض يأخذه الزوج وهو طلاق ينتقص به العدد
Khulu’ menurut bahasa adalah melepaskan. Menurut syara’ ialah perceraian dengan ganti tebusan yang diambil oleh pihak suami. Khulu’ adalah talak yang mengurangi bilangannya.

    Kitab Subulus Salam juz II halaman 252 :

يصح الخلع مع الرضى الزوجين
Sah khulu’ itu dengan kerelaan kedua belah pihak.

    Kitab Subulus Salam juz II halaman 256 :

والخلع تكون بتراضى الزوج والزوجة . فإذا لم يتم التراضى منهما فللقاضى الزام الزوج بالخلع . لأن ثابتا وزوجته رفعا أمرهما النبى ص م وألزمه الرسول بأن يقبل الحديقة ويطلق
Khulu’ itu hendaklah dengan keridlaan suami dan isteri. Maka apabila tidak penuh keridlaan keduanya, maka hakim berwenang menetapkan khulu’ atas suami. Karena Tsabit dan isterinya telah mengadukan perkaranya kepada Nabi saw, dan Rasul menetapkan agar Tsabit menerima kebun dan menceraikan isterinya.