Tulang di tubuh adalah materi hidup

Coba pikirkan apakah tulang manusia tersusun dari materi kering seperti batu? Bagaimana dengan tulang-tulang di tubuhmu?

Ternyata, tulang-tulang di dalam tubuh adalah materi hidup. Masing-masing tulang dalam tubuhmu adalah organ hidup yang tersusun dari berbagai jaringan. Sel-sel di dalam tulang-tulang ini membutuhkan makanan dan energi seperti sel-sel lain dalam tubuhmu.

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, sebaiknya diingat dulu tentang ciri-ciri makhluk hidup. Terdapat ciri-ciri makhluk hidup sebagai berikut.
a. Bernapas
b. Peka terhadap rangsangan/ iritabilitas
c. Bergerak
d. Makan/ nutrisi
e. Mengeluarkan zat sisa
f. Tumbuh dan berkembang
g. Reproduksi (berkembang biak)
h. Adaptasi (menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan)

Berdasarkan atas ciri-ciri makhluk hidup yang telah dipaparkan di atas, dapat disimpulkan bahwa tulang pada tubuh manusia merupakan komponen hidup. Tulang pada tubuh manusia memiliki ciri-ciri kehidupan yaitu membutuhkan nutrisi serta dapat melakukan pertumbuhan. Sebagai buktinya adalah tulang membutuhkan nutrisi berupa mineral serta fosfor agar tulang tetap sehat serta tidak menderita kelainan tulang seperti osteoporosis ataupun riketsia. Bukti bahwa tulang manusia mengalami pertumbuhan adalah terjadinya perombakan serta penggantian beberapa tulang rawan dengan tulang keras serta terjadinya pemanjangan pada tulang.

Informasi Tambahan
Tulang manusia tersusun atas komponen anorganik (70%), organik (10%) serta air. Komponen anorganik penyusun tulang adalah mineral yang strukturnya mirip dengan hidroksiapatit [Ca10(PO4)CO3]3. Hidroksiapatit merupakan mineral yang paling stabil di dalam tulang.
Komponen organik penyusun tulang antara lain glikosoaminoglikan, glikoprotein, lipid, peptida dan enzim. Komponen penyusun tulang terakhir adalah air.
Pada tulang, air terdiri dari tiga tipe, yaitu struktural, terikat dan air bebas. Air struktural terdapat pada struktur kolagen dengan jumlah sekitar 0 – 0,07 g/g. Air terikat adalah molekul air yang terikat pada rantai kolagen dan terdapat pada ruang antar molekul. Sedangkan air bebas adalah komponen air dengan jumlah lebih tinggi dari 0,45 g/g.

Sumber : buku k13 IPA kelas VIII