istilah dalam seni rupa, teater, musik dan tari



reproduksi dalam dunia seni rupa istilah “reproduksi” digunakan untuk merujuk pada gambar karya seni rupa yang dimuat pada media cetak atau elektronik atau tiruan karya seni rupa dengan keterangan bahwa karya tersebut bukan karya yang asli. berbeda dengan “pemalsuan” dimana karya tiruan yang dibuat tetapi diakui sebagai karya yang asli.
sembah salah satu istilah pada gerak tari sunda yang difokuskan pada kekuatan gerakan tangan yang memiliki makna gerak menyembah atau mengormati sesuatu.
simbol sesuatu yang biasanya merupakan tanda yang terlihat yang menggantikan gagasan atau objek. tanda, atau isyarat, yang digunakan untuk mewakili sesuatu yang lain seperti arti, kualitas, abstraksi, gagasan, dan objek.
sketsa lukisan cepat (hanya garis-garis besarnya) dapat digunakan juga sebagai gambar rancangan sebelum melukis.
soder alat/proferti tari dari kain yang dipergunakan dalam menari dengan ukurang panjang 2 sampai 2,5 meter.
stilisasi proses penghalusan gerak.
tanda kromatis tanda yang dipakai untuk mengubah tinggi dan rendahnya nada.
teknik cara operasional yang digunakan dalam menggubah atau bermain musik.
tiga dimensi atau biasa disingkat 3d atau disebut ruang, adalah bentuk dari benda yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi. istilah ini biasanya digunakan dalam bidang seni, animasi, komputer dan matematika.
timbre warna bunyi atau suara, warna nada.
tradisi kebiasaan yang dilakukan secara turun temurun dalam proses perjalanan waktu yang cukup lama.
transposisi mengalihkan posisi dan kedudukan tangga nada. Pemindahan tangganada dalam memainkan, menyanyikan, menuliskan sebuah lagu dari tangganada aslinya tetapi lagu pokoknya sama.
ukel salah satu istilah pada gerak tari sunda yang difokuskan pada kekuatan gerakan tangan.