Penampilan musik akan mencapai kesuksesan jika



Penampilan musik akan mencapai kesuksesan jika berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan. Kegiatan penampilan bagi siswa yang merupakan suatu kegiatan dalam rangka membentuk pengalaman dari kreativitas, kemampuan musikal, tanggung jawab, pengenalan diri terutama dalam hal karya seni. Penampilan dapat berhasil dengan baik apabila mendapat persiapan yang matang. Untuk dapat mencapai keberhasilan yang optimal maka diperlukan adanya suatu persiapan yang meliputi berikut

a. Pembentukan Panitia
Panitia adalah suatu kelompok dalam pengelolaan dan pelaksanaan terhadap bentuk kegiatan. Tujuan pembentukan panitia adalah agar dalam kegiatan dalam organisasi dapat terkoordinasikan agar penampilan dengan efektif dan efisien. Kepanitiaan dibagi menjadi dua:
(1) Steering Comitee (panitia pengarah) yang berfungsi sebagai pengarahan penasihat, dan pemberi petunjuk kepada kelompok dibawahnya dalam menjalankan tugas. Dalam hal ini dapat dari kepala sekolah, kesiswaan/ pembina osis, maupun guru seni musik.
(2) Organizing Comitee (panitia pelaksana) mempunyai tugas melaksanakan segala sesuatu yang berhubungan dengan pelaksanaan secara langsung di lapangan.
Susunan dalam panitia penampilan meliputi siswa-siswi yang memiliki tugas dan fungsi masing-masing sesuai dengan sstruktur kepanitiaan yang akan dibentuk. Struktur kepanitian penampilan secara sederhana adalah sebagai berikut:
Ketua Panitia: Tugasnya adalah mengurus segala sesuatu yang berhubungandengan acara penampilan karya musik.
Wakil Ketua: Tugasnya adalah membantu mengurus segala sesuatu yang berhubungan dengan acara penampilan karya musik.
Bendahara: Tugasnya adalah mengelola keuangan dalam kepanitiaan.
Sekretaris: Sekretaris bertugas mengurusi surat-surat baik formal maupun nonformal yang dibutuhkan dalam penampilan, mencatat hasil dari setiap rapat dalam rangka persiapan penampilan sampai dengan pembuatan proposal.
Seksi-seksi:
Seksi Publikasi, bertugas menyebarkan pemberitaan penampilan yang akan berlangsung. Pemberitaan dapat berupa brosur, spanduk, pengumuman secara lisan, dan lain sebagainya. Seksi ini juga membuat surat izin untuk mengadakan acara penampilan.
Seksi Usaha (dana), bertugas mencari sumber dana maupun sponsor yang diperlukan untuk kegiatan penampilan dan dengan menyebarkan proposal.
Seksi Perlengkapan dan dekorasi, bertugas dalam persiapan panggung dengan penyusunan baik dari segi tata panggung, menghias panggung, sampai dari alat musik maupun kebutuhan materil dari penampilan.
Seksi Acara, bertugas menyusun acara yang akan berlangsung dalam penampilan dengan penjadwalan yang jelas (rundown), dan dapat juga merangkap sebagai (Master of Ceremony).
Seksi Dokumentasi, bertugas mengabadikan acara penampilan baik dengan menggunakan media foto maupun video di setiap penampilan dalam penampilan.
Seksi Konsumsi, bertugas untuk menyusun daftar menu dengan menghitung jumlah yang akan mendapatkan konsumsi, baik untuk tamu undangan, peserta penampilan maupun panitia penampilan.

b. Menentukan Tema
Sebelum menyusun kegiatan penampilan, terlebih dahulu adalah menentukan tema. Penentuan tema biasanya didasarkan pada jenis peristiwa monumental seperti, ulang tahun sekolah, perpisahan sekolah, dan lain sebagainya. Penentuan tema adalah ide dasar pokok penampilan.
Tema yang dipilih didasarkan pada aspek-aspek tertentu yang berkaitan dengan pelaksanaan penampilan karya musik, antara lain menarik perhatian pemirsa, aktual, disesuaikan dengan penyajian. Setelah tema terbentuk, kemudian menyusun proposal yang memiliki banyak fungsi seperti, sumber pencarian dana/sponsor, pemahaman program dan rencana pelaksanaan.
Proposal itu sendiri memiliki arti sebagai rencana yang dituliskan dalam bentuk rancangan kerja. Bentuk isi proposal terdiri dari berikut
(1) Nama kegiatan.
(2) Latar belakang, berisi dasar yang digunakan sehingga ide penampilan muncul.
(3) Dasar pemikiran, yaitu memuat hal-hal, surat-surat keputusan.
(4) Pelaksanaan, memuat waktu pelaksanaan kegiatan meliputi hari, tanggal, waktu dan tempat.
(5) Pelaksana, yaitu susunan kepanitiaan.
(6) Anggaran, berisi rencana anggaran yang akan digunakan selama penampilan berlangsung.
(7) Acara, memuat susunan acara yang akan ditampilkan.
(8) Lain-lain, surat-surat yang mendukung pelaksanaan.
(9) Penutup, berisi kata penutupan. Diakhir proposal tertulis tanda tanganmketua panitia, sekretaris dan disetujui oleh steering comitee.

c. Menentukan Waktu dan Tempat Penampilan Dilaksanakan
Dalam menggelar sebuah karya musik diperlukan persiapan yang baik, maka dibutuhkan adanya suatu penjadwalan. Susunan penjadwalan kegiatan penampilan, meliputi:
a. Menyiapkan pemain yang tampil baik individu maupun kelompok.
b. Mempersiapkan jenis musik dan lagu yang akan ditampilkan.
c. Mengadakan general repletion atau gladi bersih.
d. Melakukan checking akhir terhadap kesiapan penampilan.
e. Membuat draft penampilan atau susunan acara.

d. Pergelaran Musik di Kelas
1) Menyusun Acara
Apabila penjadwalan penampilan telah selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah menyusun acara penampilan. Untuk membuat susunan acara penampilan, harus diketahui dengan jelas tentang:
(1). Waktu pelaksanaan
(2). Para pemain beserta jenis lagu yang akan dibawakan
(3). Urutan acara dengan penampilan waktu (menit) yang digunakan
b) Tata Ruang
Setelah acara telah selesai disusun, kemudian yang diperlukan sebelum waktu penampilan adalah menata tempat yang akan digunakan. Penataan ruang melibatkan seksi perlengkapan dan dekorasi bekerja sama dengan anggota-anggota yang lain. Penataan ruang harus memiliki kaidah-kaidah, antara lain sebagai berikut.
(1) Keindahan dan kerapian tempat Keindahan dalam hal ini meliputi kerapian, teratur, dan bersih.
(2) Kenyamanan dan keamanan, baik untuk peserta, panitia, maupun penonton. Hal ini agar semua pihak yang ada dalam penampilan merasa nyaman salah sastunya adalah perlu adanya ruang ventilasi yang cukup, AC sehingga semua pihak yang ada di dalamnya mampu menikmati musik yang disajikan dengan senang hati tanpa ada kendala.
(3) Nilai Artistik yang tinggi.
Ruang yang ditata tersebut selain rapi, bersih dan cukup ventilasi udara juga perlu adanya nilai estetika. Oleh karena itu ruangan perlu didekorasi sedemikian rupa sehingga mampu menimbulkan kesan yang estetik. Tempat penampilan dapat dilakukan di dalam ruangan (indoor) maupun di luar ruangan (out door). Kebutuhan tempat dapat disesuaikan dengan bentuk penampilan.
Jika memang tempat penampilan direncanakan untuk menampung penonton yang secara massal (bentuk konser), dapat dilakukan di luar ruangan.
Jika memang penonton dibatasi dengan tiket maupun dengan undangan (musik chamber/musik kamar), penampilan dapat dilakukan di dalam ruangan.
Untuk melakukan pergelaran karya imusik dibutuhkan faktor-faktor penunjang, antara lain: teknik bermain imusik yang benar dan tepat, gaya penampilan yang harmonis dan khas, dan prosedur yang sistematis dan sesuai, sarana media dan fasilitas yang memadai, efektif, dan efisien.
Penampilan musik yang menyuguhkan permainan musik baik vocal atau instrumental membutuhkan teknik atau cara berolah vokal dan memainkan alat musik yang baik (sesuai teori). Bernyanyi dan bermain musik harus dapat menjiwai isi musi (lagu) seperti yang dikehendaki oleh penciptanya. Unsurunsur dasar untuk penjiwaan suatu karya musik, seperti berikut:
(1) Ketetapan interpretasi terhadap tanda tempo dalam pembawaan lagu.
(2) Memperhatikan rhytem (rime), yaitu ada gerak yang mengalir dengan mengetahui bentuk-bentuk notasi dan bentuk tanda diam serta tanda birama.
(3) Bentuk melodi yang harmoni.
(4) Bentuk dan pola lagu yang dinyanyikan harus sesuai atau selaras dengan karakter lagunya.
(5) Para penyanyi dalam pemenggalan kalimat lagu (phresering) harus pas
dan sesuai.
(6) Dalam bernyanyi dan memainkan musik agar ada dinamiknya.
(7) Setiap membawakan lagu, musik harus ada bagian tertentu yang merupakan tempat klimaks lagu.
(8) Bernyanyi vokal harus jelas dengan aksentuasi (tekanan suku kata) yang kuat.
(9) Ketepatan dalam menembak suatu nada dan pitch (tinggi suara) agar benar.
(10) Dapat membuat modifikasi (perubahan) tempo.