RISET WAWANCARA BONDOWOSO DESA KALIANYAR



RISET WAWANCARA BONDOWOSO DESA KALIANYAR, KECAMATAN SEMPOL
PRODI DISAIN KOMUNIKASI VISUAL (DKV)
FTSP UPN VETERAN JATIM2015/2016

Wawancara pengusaha
Nama : Pak tutik
1.       Apakah bapak bisa ceritakan sedikit sejarah desa kalianyar ?

Jawaban :  Dari asal ususlnya ya ,desa ini namannya dusun masmurjomulyo disini khusus terus asal mulanya sini ,itu saya nepati sama warga  juga ditanah perhutani dipetak 104C di blawan sana , kalau sampean udah sampek dikandang kambing itu jadi saya didaerah sana
Daerah ptpn itu , jadi kendalanya disana itu setiap tahun ketika musim hujan kebanjiran disana , jadi banyak rumah – rumah situ kena banjir kalau musim hujan , kalau musim kemarau itu gunung meru gunung kapur jadi erat kalau musim kemarau sehingga sering terjadi longsor sering kenak rumah sehingga dan kami usaha baik cetak status pabrik pindah ke cetak 103A sama – sama dengan milik perhutani sini gitu awalnya gitu. Dulu tahun 2000 tahun 1997 kami mulai usaha berjuang alhamdulilah sampek tahun 2003 itu disini baru apa namanya baru tercapai krisismen  sampai 2004 disini waktu zamannya bu mega . Jadi perkampungan ini untuk sekarang ini sudah umur 12 tahun sekarang tapi alhamdulilah. Kalau di daerah yang dilewati sampean itu yang mulai dari sempol, termasuk blawan , termasuk desa kalianyar itu yang diatas ini dusun kalianyar plalangan namanya semua itu karna PTP semuah itu tanah milik PTP tanah HGU jadi numpang karna ini kami usahakan itu akhirnya tukar guling dengan perhutani akan jadi hak milik sendiri setelah selesai untuk sementara ini masih yaitu hap punyak pakek  . Jadi sejarahnya disini memang sangat rumit ya karna resiko ya menyangkut resiko karna sampek berperangan dengan menjadi pro dan kotra begitu , tapi alhamdulilah allah mendaki allah memberi rezeki jadi sampek sekarang ini keadaan nyaman jadi tidak persulit kebutalan disini memang bawak warga kurang lebih dari 13 KK  tapi alhamdulilah sampek sekarang selama 12 tahun sudah mencapai 354 KK udah sangat pesat , kenapa sangat pesat itu jadi orang dulu – dulu kami bukan tidak mau artinya kerja di PTP dengan TPT , karna tpt dulu dengan sekarang itu beda, kalau dulu ptp itu ya seperti aturan belanda yang dipakek jadi satu contoh datang kesini pada zaman dulu itu jam 1, jam 2 malam itu tidak masalah dateng kesini tapi setelah keluar jam 6 sudah tutup dipintu 1 itu jadi aturan - aturan itu intimidasi tapi alhamdulliah sekarang berkat bantuan bapak – bapak dan banyak koordinasi dari PTP dan Perhutani masyarakat dengan tingkat kabupaten sudah menjadi satu arah satu jalur jadi tidak rumit jadi masyarakat lebih tenang dibanding tahun – tahun yang dulu cuman namanya kekurangan disini sepeti masanya jalan sarana pendidikan itu , ya bukan tidak enak jalan – jalannya itu cuman layak bukan tidak layak yang dilang kurang ya kurang dibanging dengan daerah – daerah lain .




2.       Apa yang membuat bapak tertarik mendirikan kebun kopi di desa kalianyar  ?
( setelah desanya berdiri atau sebelumnya  )

Jawaban :  Jadi sesudahnya , jadi waktu dulu pindah sini ini waktu rebutan itu tidak diizinin tidak diretui pokoknyadi profokatori dengan tidak bertanggung jawab , memang pendapatan dan perekonomian kondisi disini memang sangat lemah karna terbatas . Jadi apalagi untuk sekolahin anak ya sedangan ekonomi sendiri itu karna yang diandalan itu cuman ptp ketergantuang pada ptp . Alhamdulilah tahun 2000 saya mendirikan kecamatan bekerjasama dengan bupati bondowoso , tahun 2002 sampek 2005 kami itu memaparkan desa jadi dulu desanya itu bukan desa kalianyar jadi disini cuman ...... kecamatan ikut kelabang sedangan desanya sumbercanting , yang ada 2 kepala desa namanya sempol dengan kalianyar  dan wilayah sempol itu setelah itu kecamatan jadi sempol di mekarkan dengan desan kalisat dan desa jampit . Sedangan desa kalianyar desa kaligedang dan desa sumberrejo menjadi 6 kepala desa .

3.       Sejak kapan beridirinya kebun kopi di desa kalianyar  ?

Jawaban :  kebun kopi di desa kalianyar itu , jadi kalau dulu yang punyak kopi arabika itu yang punyak itu perkebunan kopi ya cuman PTP, tapi alhamdulillah saya tahun 2000 bulan kesini tahun 2003 sampek 2004 di restui jadi alhamdulillah tahun 2007 maret tanggal 29 bahwa tanah perhutani seluas 17.668 hektar artinya dipasrahkan pada LMBH setempat , sehingga LMBH dan desa setempat bekerja sama dengan KASHU WIJAYA BERSAMA saya sebagai ketua koprasinya itu yang bisa artinya yang menerimartinya permodalan bisa mempekerjakan orang –orang sampai mecapai 426 tenaga kerja yang punya KASHU WIJAYA BERSAMA itu . Tahun 2007 maret tanggal 29 bahwa tanah terbut diresmika dikelolah milik LMBH bekerja sama dengan LMBH sehingga masyarakat sekarang itu sudah punyak pertanian semua.

4.       Berarti lahannya itu punya warga ya pak ?
Jawaban :  untuk sementara jadi tetang masyarakat masih punyak negara , punyak perhutani , punyak PTP, tapi jadi pergarapn itu persesanggun jadi itu bukan memiliki tanahnya tapi memiliki tanamannya  jadi pengelolah .
5.       Bagaimana tahap –tahapn dalam pembibitan kopi sampai dengan menjadi biji kopi                       yang baik  ?
Jawaban :  kalau tahapan kopi itu yang menjadi kopi yang baik , untuk penjernian awalnya mememang itu 1.Pilih jenis  arabika ini ada arabika kobra , ada arabika komposit , ada arabika oska , ada arabika katinuh namanya . Tapi yang paling bagus ini adalah arabika komposit atau arabika kobra itu disini . Jadi apa namanya sangat menguntungkan karna kalau arabika osgah itu jadi agak merah sedikit aja atau masa putih katanya orang - orang itu sudah rontok , tapi kalau arabika kobra itu karna terlindung dari daun itu sehingga didalam sehingga itu tahan itu lah yang sekarang dijadikan pembibitan . Cara memprosesnya jadi yang mulai diambil dari merah tuanya merah yang segar itu langsung di kupas kulitnya kalau untuk pembibitan itu nanti di proses dengan kebutuhan dicuci sampek licinya habis yang sudah pegangan agak cekat sehingga langsung disemi ketanah kurang lebih 3 bulan itu nyukul menjadi kopak namanya itu setelah jadi kopak kurang lebih 3 bulan itu langsung dipindah dipolybag , dari polybag ini tergantung paling lama itu 7 bulan sampai 8 bulan itu harus sudah cepat dipindah ke lokasi setempat , jadi mulai dari pembenihan awal sampai butuh pemindahan kurang lebihnya 1 tahun

6.       Selain dari tanamanya pak , kelebihan dari arabika komposit dan arabika kobra mungkin ada  kelebihan dari rasa gitu pak  ?
Jawaban :  Kalau rasa itu berbeda , jadi kalau seandainya di simpan komposit itu jadi punyak kemampuan jadi memang beda dari cita rasanya itu habis memnag kalah dengan komposit itu .
7.       Kalau harga jualnya sendiri itu yang paling mahal diantara kopi – kopi  jenis itu yang mana ya pak ya  ?
Jawaban :  kalau hargnya itu kadang – kadang sama antara semua arabika itu karna satu jenis tidak tau bahwa mirip jadi mana yang lebih kecut mana yang anu cuman ada 2 pilihan antara kopi arabika dan kopi arabusta kalau jenis arabika sama harganya .
8.       Kalau bentukanya gitu kan banyak jenisnya itu pak , apa kobra ?
Jawaban :  sama ,cuman ada kelainnya itu kalau kopi yang dinamai kopi arabika katimur itu lebih kecil cuman tapi kalau kobra itu lebih besar, kalau komposit itu sedang  kalau bentuknya , cuman beda pusat.
9.       Apakah bapak ingin menambahkan tanaman kopi jenis lain pak ?

Jawaban :  Tidak , jadi disini ini tugas saya membuat sekarang penanaman yang sekarang ini saya kurang lebih 60 hektar kali 2500 yang tertanam semua alhamdulillah insyallah itu dalam pertengahan maret ini sudah selesai semua penanaman yang akan datang ini kami sudah ada 2 jenis jadi kopi arabika kobra dengan kopi arabika komposit jadi saya siap tahun 2017 rencana saya itu membuat bibit 1050 ribu polybag.

10.   Untuk yang paling banyak di eksport itu jenis kopi apa ya pak ?
Jawaban :  Ya yang ketiga itu , untuk sementara kobra tidak  seberapa untuk sekarang komposit dengan oska ,Insyallah kobra tahun depan .
11.   Berapa banyak yang sudah bekerja sama ?
Jawaban :  mau yang bekerja sama sementara ini belanda dengan korea selatan sampek kesini , untuk arabika itu yang paling MBK pada orang luar tentang masanya ketinggian 1000 punyak PTP tapi kalau punyak masyarakat itu sampai mencapai ketinggi 1200 sampai 1500 itu memang ada citarasa yang beda.

12.   Kelebihannya punyak bapak cita rasa dan dari ketinggian  ?
Jawaban :  iya karna citarasa , ketinggian dan jenis

13.   Kalau boleh tau tanyak harga  dari kopi yang bapak jual  ?
Jawaban :  pernah kami alami itu tahun 2015 sampek tahun 2016 berkisar 42 ribu perkilo, tapi untuk merah segar glogong metik di pecah kulit menjadi hs , hs dikeringkan ada kulit arinya nanti diselip menjadi hoce namanya , jadi hoce itu siap pakai siap goreng namanya itu harganya 42 ribu.
14.   Kalau untuk perawatan tanaman kopinya mungkin ada perawatan sendiri dari pada kopi didaerah lain   ?

Jawaban :  lain ,kalau arabika dengan arabusta itu ,Arabusta itu kalau sudah tua jadi panennya itu sekaligus jadi hijau , merang ,kuning itu satu kali tarik selesai, tapi kalau Arabika itu jadi diambil yang merah – merah kalau belum merah belum diambil, kuning aja belum diambil setalah nanti terkahir sudah menanggapu musim kemarau karna kalau telat metik itu nanti akan telat dan akhirnya waktu – waktu tertentu.

15.   Kalau boleh tau si pak kendala untuk tanaman biji kopi ?

Jawaban :  jadi kalau ada trem kentang musim kemarau itu kendalanya ada disitu, tapi tergantung sekarang sudah dari semua segi – segi apa yang menjadi penyebab ternyata penyebabnya itu kalau menanam kopi itu jadi pelindungannya harus kuat kalau pelindung itu  kurang maksimal jadi kopi itu mengalami stres, sebagian nanti itu umur 1 tahun , dan ciri- cirinya kopi arabika ini ,3 tahun itu baru belajar waktu belajar buah itu  kalau orang itu merasa eman jadi itu tidak dikurangi buahnya karna beban terlalu pada akar jadi nanti itu bisa terjadi namanya over gerak. Jadi 1 kali panen setelah panen pohonya mati karna tidak mampu . jadi disini saya yang sudah saya alami setelah itu buah pertama mulai 3 tahun mulai belajar buah itu dikurang mulai 50 persen bahkan sampek 60 persen itu , jadi sehingga itu masih mempertahankan akar dan pohon  bisa panen lagi , jadi itu sudah maksimal . kadang - kadang itu merasa eman dan itung- itungan banyak awal kadang – kadang menjadikan korban untuk akhir. Dan kami sering untuk artinya wawancarai karna sudah sangat mengalami.




               
16.   Berapa kali panen kopi dalam setahun ?

Jawaban :  kalau kopi bisa sampek berumur 25 tahun bisa juga sampek 35 tahun . satu kali tanem itu tergantung dari perawatan , sekali tanem sampai berumur 20 tahun sampek 25 tahun namanya hs nanti dipelihara lagi menjadi golongan produksi.

17.   Kalau boleh tau luasnya perkebunan kopi seberapa luas ya ?

Jawaban :  punyak saya sendiri sampai sekarang di tambah insyallah mencapai sampai sekarang ini kurang lebih 3200 hektar, yang sudah tertanam insyallah belajar memetik .

18.   Kalau alat – alatnya sendiri untuk membuat biji kopi itu apa saja ya pak ?

Jawaban :  memakai  gilingan  pemecah

19.   Tapi kalau pengambilan biji kopi sendiri pakai manual apa tidak pak ?

Jawaban :  kalau pengambilan biji kopi pasti manual dipetik giliangan pecah kulit ada pecah ari ada namanya itu pakek manual

20.   Kalau di kopi itu cuman biji siap goreng ya pak ?

Jawaban :  siap goreng itu

21.   Apakah bapak tidak melayani yang belum gorengan pak ?

Jawaban :  jadi sebagian itu ada yang minta hose masih menta tapi siap goreng ,ada yang sudah di goreng sebagian juga ada yang minta  proses bubuk .

22.   Apakah sudah ada logo ?

Jawaban :  untuk sementara ini kami belum tapi insyallah tahun sekarang ini udah mulai di upayakan. Ingin belajar cara pastinya hingga disana sampek bawak foto kamu foto petani masyarakat sini jadinya balasan balasan dari sana itu sering sering terbalas.sumbernya dari sana , salah satu contoh itu yang punyak bondowoso yang punyak wisata baru diresmikan tahun 2016 april 25 sebetulnya yang punyak minat saya mulai tahun 2012,2013 sampai 2014 bahwa kami punyak pertanian didaerah tadi itu dari kawah wurung jadi banyak teman – teman itu datang kesana banyak tamu – tamu banyak kesana sehingga tamu kami kenapa kok tidak dibuat wisata ini ada gunung seperti teletabis itu yang ada di jawa timur itu tidak ada selain sini coba itu dikembangkan , ya alhamdulillah kami berbisik – bisik dengan bupati dengan desa . alhamdulilah tercapai sampai tahun 2015 april sudah ada kesepakatan dari bksda ,garuda , dari PTPN. Dan dari perhutani sepakat menjadi satu.


23.   Apakah konsumen lokal luar jawa sudah tau ?

Jawaban : sudah di luar itu sudah tau , yang belum wisata dari lokal , seperti kalimantan , dll.

24.   Belum ada  tertarik apa tidak dalam mendirikan oleh – oleh kopi untuk wisata  ?

Jawaban : tertarik , sedangakn dari ptpn sangat tertutup , jika tidak berizin bisa  di panggil kepala pencuri itu bukan kepala suku nanti .
       25. Bapak tertarik tidak dengan  website online ,kan bisa mempromosikan produk dan                                    
              Wisata untu penjualan ?
               Jawaban : sangat tertarik ,karna tanpa adanya informasi seperti itu tudak cukup
Ketuk tular , dengan di bantu lewat internet bisa di ekspor kemana - mana tentang massanya perkenalan jadi untuk bondowoso betul- betul kopi arabika kadang - kadangkan dipinjam sama orang lain itu, sebetulnya utu yang murni utu arabika kualitas nya itu di kecamatan sempol termasuk semua 6 kepala desa tapi kadang - kadang itu masih di pakai tapi bahan bakunya itu dari sini ya sama dengan mobil itu banyak diproduksi dari indonesia tapi atas namanya itu malaysia,jepang itu lah kalah cepat dengan negara - negara lain kalahnya indonesia menjadi sasaran pasar.
26. Untuk langka kedepannya sendiri itu dari perkebunan kopi ini ,gimana langkah bapak untuk perkembangan ini ?
Jawaban : jadi ini kami sudah bekerja sama dengan perhutani ,kepala desa ,LMBH jadi sangat mengurangi nanti itu tanaman palawija disini karna mungurangi penghijauan hutan memang ada dari masyarakat kita sendiri ,kalau tetap penanaman sayur mayur butuh sinar yang kuat jadi menjadi gundul ,tapi kalau penanaman kopi jadi insyallah menjadi hutan yang lebat yang hijau jadi sehingga kami sarankan untuk bisa menanam kopi didesa kami seluas luasnya
27. Berapa pengahasilan rata-rata perbulan k untu perkebunan kopi di desa kalianyar ?
Jawaban : omset itu tergantung dari luas tergantung pada panen jadi sekarang cuman jadi pedoman itu 30 ribu perhari dari jam 6sampen jam 12 , tapi kalau pto itu diberi harga 25ribu  dari jam 6 sampek jam 12 untuk penghasilan itu kembali lagi dari luas ,dari perawatanya itu seperti itu ,jadi kopi kalau masih 3 tahun kan masih belajar buah jadi perhektar utu kalau tidak basah itu ya kurang lebih 70 kwintal itu,tapi kalau 3tahun keatas sampek 10tahun bisa menyampai 10 ton itu jadi tinggal diitung dari situ tentang massa nya keuntungan itu . Jadi umur 5 tahun sampek umur 10 tahun jadi kurang dari 10 ton perhutan jadi tinggal dikali. Dalam pememprosesan dikatan 10 ton itu jadi masih merah segar masih basah ,setelah nanti di proses jadi sisa 25% jadi itu dari 1 kwintal menjadi 25 kiko bahkan itu kurang maksimal 2,5kwintal  bersih kali 42ribu itulah nanti ketemu hasilnya itu .
28. Berapa banyak yang sudah di eksport keluar negri dari hasil perkebunan kopinya pak ?
Jawaban : jadi sekitar 2000 ton untuk sampai tahun sekarang ini dari tahun 2004 .
29. Kalau wisatawan yang berkunjung kesini dalam 1bulan ini sapa aja ya pak ?
Jawaban : kalau itu tanyak ke dinas pariwisata bondowoso karna yang mendata dari sana  bisa di cek pos" penjagaan dari gerbang masuk ke desa kalianyar . Jadi kalau ke jawah wurung bisa cek pembukuan disana ke petugas saya di kawah wurung berapa banyak wisatawan yang datang ke kawah wurung .
30. Apakah disini sudah mempunyai argo wisata tentang perkebunan kopi didesa kalianyar ?
Jawaban :  jadi perkebunan kopi ini cuman itu blawan ya ada agro wisata tapi itu masih belum jelas ,artinya bahwa data itu belum jelas punyak perhutani apa punyak ptpn atau punya pemda itu masih belum jelas ,jadi kejelasnya mungkin insyaallah itu akhir maret ini sudah selesai jadi pembukuan dari pksnya itu namanya pks itu perjanjian kesepakatan  ini belum tertib sudah yang sekarang ini yang diminta itu wisata yang masuk ,tapi parkir sepeda dan parkir mobil . Jadi insyaallah tahun 2016 ini bisa terlaksankan ,tapi alhamdulillah perkembangannya sampek sekarang sudah pesat pertahun baru sudah mencapai wisata 3600 orang di kawah wurung itu .
31. Apakah sudah ada wisata tentang perkebunan sendiri ya pak ?
Jawaban : belum ,disini cuman lewatnya perkebunanwilayah itu masih  perhutani dengan cakalangan dksba itu .













RISET WAWANCARA BONDOWOSO DESA KALIANYAR, KECAMATAN SEMPOL
PRODI DISAIN KOMUNIKASI VISUAL (DKV)
FTSP UPN VETERAN JATIM2015/2016

Wawancara MantanKades Edi
Nama : Pak Edi
1.       Apakah hasil perkebunan utama di Desa Kalianyar ?

 Jawaban : Untuk perkebunan utamanya sendiri kopi

2.         Kalauuntuk yang memulai usaha perkebunan kopi itu siapa pak ya ?

Jawaban :  Belandaduluitu PTPN dulusebelum PTPN XII awalnya PTP 26 Sebelumdigabungsudah                peleburanjadisatujadi PTPN XII
3.       Pekerjaan utama masyarakat di daerah itu apa Pak ya ?

Jawaban : Diperkebunan sampingannya ya banyak dari utama emang dari perkebunan karena sebagi besar masyarakat penduduknya dikebun

4.       Apakah hasil dari perkebunan sudah mampu memenuhi kebutuhan masyarakat ya pak ?

Jawaban : Kalau masalah gitu mungkin nggak penuh karena disini itu diatur dari anggaran kerja jadi banyak orang cari sampingan lain kalo gak gitu gak mencukupi mas

5.       Kalau wisatawannya sendiri sering gak pak ya ?

Jawaban : Banyak

6.       Tujuannya kemana ya pak ?


Jawaban : Tujuan utamannya keKawah Ijen abis gitu ke air terjun ke air Panas

7.       kalauuntukwisatakawahwurungnyasendiripak ?
Jawaban : KeKawahwurungnya juga

8.       Kalauuntukperkebunannyasendiripak ?
Jawaban : Ada tapijarangCumauntukobservasiaja

9.        
10.  



Penulis :kalauuntukaksesmenujulokasiperkebunanandantempatwisatasudahmudahbelumyapak?
Pak Edi  :Sudahsampiatujuanpokoknya
Penulis :Sayangnyabelumadaangkutanumumya Pak ?
Pak Edi  :belumtapidisiniJalannyasudahbagus
Penulis :Seberapapentingpotensibiji kopi bagimasyarakatdesa ?
Pak Edi  :kalaudisini mas nomersatukebutuhanutamakalausayakanndakngopindakngerokokjadikurangtahu, kalauuntuk orang yang ngerokok di nomersatukanitu dah
Penulis :SebelumnyaBapakkenaldengan Pak Tutik ?
Pak Edi  :Kenal
Penulis :Bagaimanaperan Pak Tutikkan juga memilikiperkebunan kopi dansudahberusahakerasuntuk                mensejahterahkandesa
Pak Edi  : Kalauuntukitusayakurangtahu, soalnya Pak Tutikituluashubungannyajadisayakurangtahu                kalaumasalah Pak Tutik
Penulis : Tadidikatakan Pak Tinggi itubanyakwargaDesa yang juga ikutkerjadengan Pak Tutikyapak ?
Pak Edi  : Kemungkinanbesarbanyak
Penulis :Kerjanyaapaya Pak ?
Pak Edi  : Di ladang, soalnyadiperkebunansendiriitudiaturbeberapaharisatumingguituberapa kali aja                Kalaundakgitu orang sinikelaparan mas
Penulis :Katanyatidakbolehmenjual kopi tapiyapak
Pak Edi  : ndakbolehdilarangsama PTPN mas
Penulis : Selain Kopi di DesaKalianyarsendiriinipotensinyaapayapak ?
Pak Edi  : adakebun Strawberry juga punya PTPN
Penulis :Selain PTPN apaada yang punyakebun Strawberry
Pak Edi  : adamasyarakat juga punyatapiCumasedikitbuatdimakansendiriitudidepanpekarangan juga adayang membudidayakanitumemangperkebunan
Penulis : Jadijasa PTPN disinimemangbesaryapak ?
Pak Edi  :Iya, sayangnyayaitu mas kalaumusimpanenkerjanya full jadikalaumusimlepaspanensudah          satudua dah
Penulis :Kalaupanenituberapa kali pak
Pak Edi  : 1 tahun 1kali panen
Penulis :untuk masa panennyaberapa lama yapak ?
Pak Edi  :untuk masa panennya 2-3 bulan
Penulis :Kalaubolehtahu ? mungkinadapotensiselaindariperkebunan
Pak Edi  :Kalauuntukwisatayaseperti air terjunterusKawahUrungKawahIjen yang paling menonjol                KawahIjendanKawahUrung
Penulis :Tetapiuntuk yang paling dekat Air terjunDamarwulansendiribagaimanapak
Pak Edi  : Sudahterkenal mas sampaikemancanegarabarangseringkokturis-turiskalaudarijogjake                kawahijenduluteruskeDamarWulanmakannyadisini
Penulis :untukjalurnyasendirilewat mana pak
Pak Edi  :itudariRumah Pak Tutikluruslangsung dah kebawahsatujaluritudekatpermandian air panas                tinggallurussedikitlagi
Penulis :Berapajauhlagidari air panasitupak
Pak Edi  :kira- kira 400 meter kalaujalan kaki ndakcapekkokudahnyampek
Penulis : Sementaraini yang mengeloladari mana Pak ?
Pak Edi  : Dari Pemerintah
Penulis :Masuknyabagaimana
Pak Edi  : Ada Karcisnya juga
Penulis :Kalau PTPN sendiriitumiliksiapayapak ?
Pak Edi  :Itu PTPN kan BUMN mas dikelolapemerintah
Penulis : Untuktokooleh-oleh di daerahDesaKalianyarsendirisudahadabelumya Pak ?
Pak Edi  :Belumada mas
Penulis :Tadisebelumnyasetelahwawancaradengan Pak Tinggi memanggakbolehyapakjualProduk            lokalseperti kopi
Pak Edi  :ndakbolehmemangdisiniadapos 1 pos 2 kalaubawa yang aslikhassini kayak panen kopi itu                ditangkapdimasukkanpenjara
Penulis :Kalauselain kopi gimanapak ?
Pak Edi  :kalauselain kopi boleh kayak palawijaitundakapa, kalau kopi ndakbolehemangdaridulu                ndakbolehsebabnyaitumiliknegara, produkexpor
Penulis :Katanyasayadengaradawarga yang punyatanaman kopi di halaman
Pak Edi  : ada paling Cuma 1 / 2 aja mas sekedardipakaisendiriaja kayak inididepan juga ada 1 pohon
Penulis : Kalauuntukdijualseperti di cafe atauwarung kopi gitugimanayapak ?
Pak Edi  :kalaubilanggakbolehsih mas, yajanganbilang- bilang
Penulis :Kalauwisatawanpergikesiniituoleh-olehnyaapabiasanyayapak ?
Pak Edi  : Strawberry bisalangsungkekalisatkekoperasi, banyak yang dijualpokoknyabukan kopi
Penulis :Kalauuntuksekedarmelakukanpromosiditempatinigak papa kanpak ?
Pak Edi  :yandakapakalauCumasekedarpromosi
Penulis :Tadisebelumnyasayatanya Pak Tinggi katanyaadabatu yang agakkeramatyapak ?
Pak Edi  :Watulesungitu mas dibelakangsini, dulupernahdiambil orang ada orang bawa Panther tau-tau baliklagi, dikembalikansama orang soalnyameninggal
Penulis :Batunyabesaritupak ?
Pak Edi  :lesung kayak seginimungkinpeninggalanjamandahulu
Penulis :inijalannyalurus
Pak Edi  :pindah mas soalnyakatanya yang bawaitumeninggalditaruhketempat lain soalnya yang bawa                meninggaljadi yang balikin orang lain nggaktahu, 2 kali itudibawasoalnyaemanggaknanya              orang sinibawabatukecilajagakberani
Penulis :Berartiudahgakadayadibelakang
Pak Edi  :adatapikesanaandikit
Penulis :kalauuntukdifotoitubolehpak ?
Pak Edi  :boleh, kalaudisuruhkembalikansusahnanti
Penulis : oh iyauntukwarungmakandisinijarangyapak
Pak Edi  :adajarangtapi mas 1 / 2 aja di Sempol juga ada
Penulis : oh iyapakuntukrumahdisinisamasemuakanpak kayak bangunandisinikantembok-temboknyasamasemua
Pak Edi  :milikperkebunan
Penulis :Kalau kayak yang dibelakanginipak ?
Pak Edi  :kalaudibelakang kayak inidibangunsendiri dah tanpasubsididengankebunitu
Penulis :Jadipegawainyakebunataugimanayapak ?
Pak Edi  :Yadulunyagituuntukpegawaiperkebunanaja PTPN
Penulis :JadiCumauntukdesainiajaya Pak ?
Pak Edi  :Kalau di rejomulyoitubukanitumagersarenitubukan  PTPN tumbak tau magersarenitu                perhutanijadinggakdibangun PTPN sana
Penulis :Dikelolasendiri
Pak Edi  :Iya
Penulis : KalauBlawanmilik PTPN
Pak Edi  : iya
Penulis : KalauRejomulyobeda
Pak Edi  : bukanbedasendiridanituada di pesanggrahan di kantorkecamatanperhutaniitukalau     kantorpolisi yang arahselatan PTPN itusudah
Penulis :  Rumahnya Pak KadesSempolpunyaperhutaniya Pak belum PTPN soalnyabangunannya                rumahBelanda
Pak Edi  : KalaurumahBelandapunya PTPN mas, iyarumahBelandaitumilik PTPN masihdirawat kayak                 aslinyabahkandisiniituada hotel bawahtanahlohmbak di kalisatJampit
Penulis : Kalau di Blawanitu juga lama ya Pak ?
Pak Edi  : Lama juga itu di katimorkalau yang peninggalanBelanda yang asli di Jampititubukan yang di kalisatJampititukalaukalisatJampitkan yang disinimasihdisanadekatKawahWurung, penginapan                bawahtanahitunilaninya dollar itumbak 14$ disana mas nginapnya
Penulis : Kalaudisiniadapenginapannggakyapak ?
Pak Edi  : Ada di Katimorsana mas Homestay di Blawan
Penulis :Kalau di daerahsinindakadayapak ?
Pak Edi  : ndakada, kalau hotel ndakmuatbuatbisadibermalamkandirumahpenduduk, Pak Tutik                mungkinbikinbelumselesai