Notasi sebagai simbol musik



Notasi sebagai simbol musik digunakan untuk menuliskan bunyi dan diam, dengan bermacam-macam lama waktu atau panjang pendeknya bunyi dan diam itu.
Hampir setiap komposisi karya musik di dalamnya mengandung unsurunsur musik sebagai satu kesatuan yang utuh. Pemaknaan dari semua unsur tersebut dijelaskan sesuai urutan pengelompokan unsur-unsur musik, walau pun dapat berbeda-beda sesuai dengan pandangan orang yang menyusunnya.
Pada dasarnya unsur-unsur musik itu dikelompokkan pada dua kelompok besar, yaitu unsur-unsur pokok yang terdiri atas irama, melodi, harmoni, bentuk/struktur lagu, dan unsur-unsur ekspresi yang terdiri atas tempo, dinamik, dan warna nada.
Sistematika penjabaran unsur-unsur musik yang dibahas pada bagian ini terdiri atas lima unsur musik yang esensial, yaitu irama, melodi, harmoni, bentuk/struktur lagu, dan ekspresi. Sebagai pokok bahasan yang esensial, yang masing-masing unsur musik tersebut mempunyai subpokok bahasan/ uraian atau mempunyai elemen pokok yang dapat disusun dalam sebuah karya musik sebagai bahan bahasan siswa.