Cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris

Pertama kalinya hidup di luar negeri, mungkin kita merasa asing dengan lingkungan sekitar, terutama bahasa. Anda bisa saja memperoleh nilai tinggi untuk tes IELTS atau TOEFL, tetapi Anda mungkin belum terbiasa untuk terlibat dalam percakapan dalam Bahasa Inggris.
Cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris adalah tinggal di luar negeri. Semakin banyak Anda bergaul dengan warga asing, semakin cepat perkembangan berbahasa Inggris Anda. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda coba:
Rekaman
Mendengar rekaman merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Anda bisa mendengarkan rekaman sambil memasak, semasa dalam perjalanan di mobil, di kereta dan lain-lain. Semakin banyak mendengar, Anda akan semakin terbiasa dengan percakapan bahasa Inggris. Biasanya rekaman tersedia dalam berbagai topik. Mulailah dari topik percakapan yang sederhana.
Makan di luar
Ini adalah cara yang menyenangkan untuk mempelajari bahasa Inggris. Dengan makan di luar, Anda bisa belajar memesan makanan dengan menggunakan bahasa Inggris, meminta rekomendasi dari pelayan mengenai menu makanan dan sebagainya.
Televisi dan Film
Cara ini merupakan cara paling populer dan efektif. Kadang kita bingung dengan cara untuk menyapa orang asing. Dengan nonton film, kita bisa meniru percakapan dari film tersebut. Selain mempelajari bahasanya, kita juga sekaligus mempelajari kebudayaan dari negara asing tersebut. Untuk permulaan, carilah film-film yang menarik untuk Anda (kalau bisa yang membuat Anda tidak bosan untuk nonton berulang-ulang). Pertama-tama, nontonlah dengan teks, kemudian coba nonton lagi tanpa teks. Jika menemukan kalimat yang menarik, Anda juga bisa membuat catatan, atau bahkan merekamnya dengan aplikasi smartphone Anda. Selamat mencoba!
Media Sosial
Kamu dapat bergabung dengan media sosial, atau forum di mana para pelajar Bahasa Inggris berkumpul. Biasanya mereka sering post artikel-artikel atau materi-materi menarik untuk memperlancar Bahasa Inggris, tips untuk meraih skor tinggi di ujian TOEFL dan IELTS dan lain sebagainya.