produk kesehatan dipahami

Materi dan proses pembelajaran pada tingkatan-tingkatan sebelumnya telah memberikan kesempatan siswa mengenal bahan-bahan dan produk yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Pada Prakarya dan Kewirausahaan kelas XII semester kedua, siswa akan lebih jauh melihat peluang pengembangan wirausaha produk kesehatan yang berbasis pada potensi khas daerah. Potensi daerah dapat berupa bahan nabati dan hewani, maupun proses pengolahan yang berkembang di daerah setempat.
Pembelajaran pada semester dua adalah pengolahan produk kesehatan khas daerah. Pembelajaran akan diakhiri dengan proyek pembuatan proposal usaha produk kesehatan khas daerah. Produk kesehatan khas daerah terdiri dari produk kesehatan siap pakai seperti minuman kesehatan, jamu kemasan dan minyak untuk obat luar maupun produk bahan baku obat.

Pada umumnya produk kesehatan dipahami hanya sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit. Produk kesehatan cakupannya lebih luas daripada obat penyembuh penyakit. Produk kesehatan yang dipelajari pada semester 2 ini meliputi produk-produk yang berperan dalam upaya menjaga kesehatan, menyembuhkan dari penyakit dan menjaga stamina serta produk bahan baku industri obat.
Obat juga dapat dibagi menjadi obat tradisional dan obat modern. Pemahaman tentang obat tradisional dan modern harus dipahami sejak awal, untuk memudahkan pemahaman terhadap materi pembelajaran yang akan diberikan. Pembeda prinsip terhadap obat tradisional dan modern adalah pada ketetapan dan keterukuran dari kualitas dan komposisi bahan, proses produksi, produk serta khasiatnya. Obat tradisional dan obat modern keduanya secara empirik terbukti berkhasiat. Obat modern dibuat dari kualitas bahan baku dan proses yang standar, dengan telah melalui tes laboratorium. Tes labortorium dilakukan untuk mengetahui secara tepat kandungan zat yang ada di dalamnya, sehingga dapat diketahui khasiat maupun efek samping yang dapat disebabkan oleh obat tersebut.
Pada pembuatan obat tradisional kualitasnya tergantung kepada keahlian peramunya. Obat tradisional juga tidak secara khusus menguji kualitas produk. Obat tradisional dapat menjadi inspirasi dan dikembangkan menjadi obat modern.

Produk kesehatan bukan berarti berupa obat yang dijual di apotik dan toko obat, melainkan juga produk bahan baku obat. Pasar dari produk kesehatan terdiri dari pasar perorangan atau industri. Pasar sasaran dari produk kesehatan bukan hanya orang sakit. Produk kesehatan dapat dikonsumsi secara rutin untuk menjaga kesehatan atau meningkatkan stamina. Pasar sasaran yang beragam dengan tujuan konsumsi yang berbedabeda merupakan peluang untuk pengembangan usaha produk kesehatan.