BENTUK LAYANAN BK
1)
Layanan orientasi, layanan yang di tujukan untuk peserta didik atau
siswa baru guna memberikan pemahaman dan penyesuaian diri terhadap lingkungan
sekolah yang baru dimasuki. Hasil yang diharapkan dari layanan ini adalah
peserta didik dapat menyesuaikan diri terhadap pola kehidupan sosial, kegiatan
belajar, dan kegiatan lain yang mendukung keberhasilannya.
2)
Layanan informasi. Layanan yang bertujuan untuk membekali peserta
didik dengan berbagai pengetahuan dan pemahaman tentang berbagai hal yang
berguna untuk mengenal diri, merencanakan, dan mengembangkan pola kehidupan
sebagai pelajar, anggota keluarga, dan anggota masyarakat. Layanan informasi
berupaya memenuhi kekurangan seseorang akan informasi yang dibutuhkan.
3)
Layanan penempatan dan
penyaluran, yaitu serangkaian kegiatan bimbingan dan konseling yang membantu
peserta didik agar dapat menyalurkan/menempatkan dirinya dalam berbagai program
sekolah, kegiatan belajar, penjurusan, kelompok, belajar,pilihan pekerjaan,
dll. Sesuai dengan bakat, minat, kemampuan, serta kondisi fisik dan psikisnya.
4)
Layanan pembelajaran, yaitu layanan bimbingan dan konseling yang
memungkinkan peserta didik mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar yang baik,
materi belajar yang cocok dengan kecepatan dan kesulitan belajarnya,serta berbagai
aspek tujuan daan kegiatan lainnya yang berguna untuk kehidupannya.
5)
Layanan konseling perorangan, yaitu layanan yang memungkinkan
peserta didik memperoleh pelayanan secara pribadi melalui tatap muka dengan
konselor atau guru pembimbingdalam rangka pembahasan dan pengentasan masalah
yang di hadapi peserta didik.
6)
Layana bimbingan kelompok, yaitu layanan bimbingan dan konseling
yang memungkinkan sejumlah peserta didik secara bersama-sama melalui dinamika
kelompok memperoleh berbagai bahan dari narasumber tertentu.
7)
Layanan konseling kelompok,
yaitu layanan bimbingan dan konseling yang memungkinkan peserta didik
mempero;eh kesempatan untuk membicarakan dan menyelesaikan permasalahan yang
dialami melaui dinamika kelompok, terfokus pada masalah pribadi.
8)
Layanan konsultasi, yaitu
layanan bimbingan dan konseling yang di berikan kepada seseorang untuk
memperoleh wawasan, pemahaman, dan cara-cara yang perlu dilaksanakan dalam
menangani atau membantu pihak lain.
9)
Layanan mediasi, yaitu layanan bimbingan dan konseling yang
dilaksanakan konselor terhadap dua pihak yang sedang dalam keadaan tidak
menemukan kecocokan sehingga membuat mereka saling bertentangan dan bermusuhan.